Wisata Mural Gratis di Singapore

Banyak sekali wisata baru di Singapore, tapi kalau semuanya didatangin satu-satu bisa jebol isi kantong. Wisata Singapore itu memang banyak, mulai yang bayarnya ratusan ribu hingga gratis pun ada. Kalau memang budget kita terbatas maka tinggal susun itinerary wisata yang berbayar dan gratis sesuai budget yang dimiliki. Nah, salah satu wisata gratis yang lagi kekinian di Singapore adalah mural yang bisa mempercantik penampilan feed OOTD di Instagram.

Wisata mural di Singapore itu ternyata banyak banget, saya sih hanya bisa mengunjungi tiga lokasi saja. Saya pilih lokasi mural yang mudah dijangkau dari MRT dengan jalan kaki, jadi nggak "ngoyo" jalannya. Inilah tiga lokasi wisata mural gratis di Singapore :

Residence Of Tan Teng Niah 
Waktu saya melihat postingan instagram tentang Residence Of Tan Teng Niah langsung tertarik dengan warna-warnanya yang cantik. Mural di lokasi ini perpaduan antara arsitektur Chinese dan juga India. Konon tempat tersebut lokasi pengusaha sukses Singapore Tan Teng Niah yang membuatkan vila untuk istrinya.

Saya suka ke Residence Of Tan Teng Niah karena lokasinya yang mudah dijangku dari MRT Little India Exit E, lalu belok ke kanan sudah terlihat mural. Nggak banyak sih wisatawan yang tahu tempat ini karena hebohnya baru saja sejak demam mural. Mungkin kiblat mural ada di Penang jadi sekarang banyak banget dinding-dinding kosong disulap dengan mural ala 3D.

resisence of tan teng niah 4residence tan teng niah
mural tan teng niah

Residence Of Tan Teng Niah ini ada di sepanjang Kerbau Rd. Dari nama jalannya yang berbau kerbau maka mural pertama nggak jauh-jauh dari bentuk kerbau. Jalan lagi akan ada rumah Tan Teng Niah dengan warna-warni yang mencolok. Cukup berfoto dari luar gedung karena kita tidak diperbolehkan masuk ke dalam.

residence of tan teng niah 1


Kalo kita berkeliling akan ada semacam hawker tempat nongkrong untuk makan dengan harga yang sangat terjangkau. Nggak jauh dari lokasi tersebut ada juga pasar tradisional yang juga ada spot mural-nya. Oia, warga lokal sudah maklum kok kalo kita foto-foto di lokasi Residence Of Tan Teng Niah, mereka akan sabar nungguin kita foto lalu mereka akan melanjutkan jalan kaki.

residence of tan teng niah singapore

Getting There:
MRT Little India Exit E
Belok ke kanan sekitar 50 meter



China Town Mural
Saya sering wara-wiri di kawasan Chinatown Singapore, kalo nggak nganterin teman beli oleh-oleh ya cari makan di kawasan People Park Complex Food Center. Lalu saya dikasih tahu sama teman kalo ada spot mural di Chinatown yang lokasinya di depan Budha Tooth Relic Temple dan Chinatown Visitor Centre.

fika 20mural chinatown
mural chinatown

Lokasi mural di Chinatown ini agak bersembunyi dibalik deretan dinding-dinding restoran yang ada di beberapa blok. Saya sih hanya menemukan dua spot foto mural di Chinatown ini. Tapi kalo mau eksplore lebih jauh banyak banget yang bisa ditemukan, seperti yang saya lihat di feed instagram. Mungkin ini "PR" saya harus ke sana lagi.

Getting There:
Chinatown Exit A. Jalan lurus hingga menemukan pertigaan lalu belok ke kanan. Lalu jalan lurus lagi hingga menemukan Budha Tooth Relic Temple.




Haji Lane 
Ke Singapore tanpa ke Haji Lane itu rasanya kurang lengkap. Rasanya booming wisata Haji Lane sekitar 3 tahun yang lalu. Spot foto dengan lokasi deretan butik-butik dari desainer lokal ini langsung ngehits dengan tambahan mural yang cantik di setiap dinding butik. Meskipun lokasinya berada di gang sempit, tapi wisatawan berbondong-bondong ke tempat ini karena gratis, kecuali kalo shopping. 

haji lane singapore 4

Haji Lane berlokasi di kawasan Bugis, jadi kalo kalian lagi belanja di Bugis Street atau berkuliner nasi padang di Bugis maka wajib mampir ke sana. Mural di Haji Lane ini yang paling sering digunakan untuk berfoto adalah mural bergambarkan seperti suasana Mesir dengan warna orange, merah dan hijau. Namun, kalo nggak ingin anti mainstream banyak kok mural cantik lainnya di Haji Lane.

haji lane singapore 6haji lane Singapore 1haji lane singaporehaji lane singapore 5

Sekarang malah banyak sekali mural di Haji Lane yang baru bermunculan. Lokasi mural ini berada di dinding kafe maupun butik. Asalkan kita nggak merusak mural tersebut kita bisa foto-fosto syantik buat menuhin feed instagram.


A post shared by Diarysivika (@diarysivika) on


Getting There
MRT Bugis Exit B. Jalan ke arah kanan sampai menemukan Raffles Hospital. Lalu seberangi jalan dan setelah itu beloklah ke kanan. Jalan hingga bertemu perempatan lalu beloklah ke kiri. Lokasi Haji Lane maka akan segera terlihat yang lokasinya berada di gang sebelum Masjid Sultan.




...

Masih banyak mural cantik di Singapore yang wajib dikunjungi. Kalo saya ke Singapore lagi akan saya share lagi jadi artikel Wisata Mural Gratis di Singapore edisi kedua. Mural memang lagi ngehits banget akhir-akhir ini untuk foto gratisan OOTD menuhin instagram.

Oia, pulang dari Singapore saya nggak langsung pulang ke Surabaya karena mampir ke rumah kakak ipar saya yang baru pindahan rumah di Jakarta. Mereka baru aja sewa rumah, nggak nyangka aja baru cari semingguan sudah dapat rumah dengan harga yang terjangkau sesuai budget dan lokasinya juga dekat kantor mereka.

Situs www.sewa-rumah.net ini melayani pemasangan iklan rumah dan kontrakan di seluruh wilayah Indonesia. Selain itu bagi yang lagi mencari rumah juga bisa langsung memilih rumah dan kontrakan sesuai kebutuhan. Gambar dan keterangannya juga lengkap sehingga bisa membayangkan tentang rumah dan kontrakan yang diinginkan. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Bagus banget itu apalagi yang di Haji Lane, belum pernah ke Singapore sih tapi kayaknya Januari mau kesana bisa dijadikan destinasi ini kalo sempat mampir..

    ReplyDelete
  2. Aku pas ke singapura gak sempat ke haji lane. Syedih

    ReplyDelete