Depot Soto Banjar Achmad Jais, Surabaya

Ternyata masih banyak kuliner lokal Surabaya yang belum saya ulas di blog ini, salah satunya adalah Soto Banjar Achmad Jais. Warga Surabaya yang gemar jajan atau kulineran pasti pernah mencicipi Soto Banjar yang lokasinya juga berdekatan dengan kuliner ngehits Coto Makassar Daeng Kulle. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya saya ke restoran ini, namun saya selalu tidak ada kesempatan untuk membidikkan kamera karena kondisi restoran yang selalu rame. 

Pun ketika saya ke sana, kondisi juga seperti biasanya dengan antrian pengunjung yang sibuk mencari meja dan kursi kosong. Namun yang saya sukai di Soto Banjar Achmad Jais adalah pelayanan yang cekatan membersihkan meja dan memberikan daftar menu. Pramusaji juga menyajikan makanan dengan cepat tak perlu menunggu lama untuk menikmati pesanan saya.

Soto Banjar 
Menu favorit di Soto Banjar Achmad Jais tentu saja Soto Banjar. Saya sendiri belum pernah mencicipi kuliner Soto Banjar langsung dari Banjarmasin, Kalimantan, jadi belum bisa membandingkan versi aslinya. Katanya sih ada dua versi Soto Banjar dengan kuah susu dan kuah bening. Versi yang di Soto Banjar Achmad Jais ini menggunakan kuah bening dengan rempah yang kuat, kuahnya sih tidak sekeruh Soto Jawa Timuran Lamongan. Menurut saya lebih segar dan kuah kaldunya tidak sekental soto Jawa Timuran.

Isi dari Soto Banjar terdiri dari lontong, perkedel, irisan ayam, dan telur yang dicampur jadi satu, bukan diletakkan di atas lontong. Perkedel yang dimasukkan ke kuah langsung ini menurut saya unik dan enak, apalagi saya penggemar perkedel. Kalo nggak suka sama lontong bisa pilih nasi putih. Harganya Rp. 22.000,- dengan pilihan campur atau pisah sangat masuk akal dengan porsinya yang jumbo.

Untitled

Lontong Sayur
Ini bukan menu favorit di Soto Banjar Achmad Jais tapi tetap saja rasanya enak dan porsinya gede. Kuah sayur lontong ini mirip dengan kare ayam namun bukan menggunakan ayam yang direbus melainkan menggunakan ayam bumbu merah. Seporsinya berisi dengan labu siam, lontong, ayam dan taburan bawang melimpah. Harganya Rp. 18.000,- bisa juga pilih nasi atau lontong.

Untitled

Patin Bakar
Penasaran dengan meja sebelah saya yang asik melahap patin bakar, akhirnya saya memesan menu ini. Kalo andalan saya biasanya ikan bakar gurame-nya restoran Bamara, kali ini saya juga jatuh cinta sama Patin Bakarnya Soto Banjar Achmad Jais. Bumbunya merasuk hingga kebagian terdalam ikan, nggak ada bau amis dan rasa hambar.

Teman dari patin bakar ini adalah sambal pencit yang segar sekali. Pedas sih tapi susah berhenti dicocolin sambalnya hingga habis. Awalnya saya merasa nggak nyambung pesan Soto Banjar sambil makan ikan patin bakar, tapi akhirnya nyambung juga malah ketagihan.  Satu porsi patin bakar Rp. 22.000,-

Untitled

Untitled

Jadi kalo lagi mampir ke Surabaya atau bingung cari makan siang maka Soto Banjar Achmad Jais ini sangat recommended untuk dikunjungi. Selain Soto Banjar dan Patin Bakar, ada juga menu lainnya yang juga difavoritkan pengunjung seperti sop mutiara atau nasi kuning Banjar. Saya tampilkan menu-menunya biar tidak kebingungan untuk memesan makanan. 

UntitledUntitled

IMG_1130Untitled



Untitled


Depot Soto Banjar Achmad Jais
Jl. Achmad Jais No; 6, Peneleh
Surabaya
Jam Buka
Setiap Hari
06.30 - 17.00


You Might Also Like

21 komentar

  1. Soto banjarnya kelihatan seger. Coba mbak soto banjar di dekat yummy bakery ke arah masjid agung. Enak juga di situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah harus kucoba :D harganya sama kah mba?

      Delete
  2. Pertama kali incip soto banjar waktu kerja di malang,waktu itu sotonya yang susu. Enak,segar,pendampingnya ada perkedel kentang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pernah nyobain soto pake susu tapi versi betawi. Enak juga meski awalnya ragu kok warnanya putih hehehe maklum kebiasaan soto Jawa Timuran itu kuning

      Delete
  3. Ngiler sm Lontong Sayur nya.. Nyammmm..

    ReplyDelete
  4. aku ngiler sama ikan patin bakarnyah...

    ReplyDelete
  5. Keliatannya Seger yaa..aku lebih suka Soto berkuah bening seperti di jawa tengah, lebih seger rasanya.

    ReplyDelete
  6. Kok soto banjarnya beda ama yg pernah aku coba ya mba..pernah makan soto banjar pas di rumah temen mama yg asalnya dari sana, nah itu sotonya dikasih kentang dan ati yg dipotong dadu dan disambelin. Dicampir deh ke kuah soto. Masing2 beda kali yaaa :D.. Pernah jg makan soto banjar di tempat lain, balado kentang dan atinya ttp ada.

    Tp kalo lontongnya sama tuh, pake ayam merah :)

    Patin bakar aku blm prnh coba. Slama ini makan patin selalunya di pindang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banget ya? kayaknya lebih enak ditambahin pake ati huhuhu Makanya aku pengen banget nyobain langsung dari asalnya

      Delete
  7. Hi mbak Vika salam kenal sebelumnya. Aku salah timing nih mampir ke sini malem-malem alhasil perut kriuk2 lihat foto-foto wisata kulinernya. Thanks for sharing. Kalau main ke surabaya mesti banget nih lihat blog ini dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ini blog racun penambah kolesterol

      Delete
  8. Aduhaaaii,, saya sering lewat Achmad Jaiz tapi belum pernah mampir sini, keliatannya menggoda sekali iniii.. Salam kenal mbak Fika, trims uda sharing ^^

    ReplyDelete
  9. sedapnya mbak, aku belum pernah icip soto banjar ini.. biasa soto betawi aja :D

    ReplyDelete
  10. Kalo ke sini maemnya soto banjarnya doang, blm prnh nyobain menu lainnya. Lontong sayur'e keknya enaaaak huhuhu laperrrr

    ReplyDelete
  11. Pernah lihat ini di gofood tapi blm beli wkwk

    ReplyDelete