Ayam Goreng Depot Murni dan Soto Gondrong, Pandaan

Biasanya kalo lagi di Pandaan, atau sehabis pulang dari Taman Safari, saya selalu kebingungan mencari kuliner. Bukan karena nggak ada tempat kuliner, tapi saya bingung memilih diantara beberapa pilihan kuliner di sekitaran Prigen dan Pandaan yang banyak. Sudah pernah ke Makoya, Mang Engking atau Kepiting Cak Gundul, saya pengennya cari yang lain. Setelah browsing di internet akhirnya saya memutuskan ke depot murni dan soto gondrong.
 
Depot Murni
Katanya kalo ke Pandaan saya harus mampir ke Ayam Goreng Sri. Banyak yang bilang Ini ayam goreng legendaris yang sudah terkenal dan jadi “jujugan” kuliner. Dulu saya sering banget mampir, tapi kok lama-lama harganya sudah nggak masuk di kantong saya. Meskipun rasanya enak, saya harus skip dulu dan mampir ke Depot Murni.

depot murni 2

Depot murni ini lokasinya sekitar 5 km-an dari Ayam Goreng Sri. Tempatnya sangat sederhana ala depot pada umumnya. Kapasitasnya banyak dengan meja kursi ala kadarnya. Menu spesialnya adalah ayam goreng yang menggunakan ayam kampung. Saya memesan satu ekor ayam kampung dan tempe satu porsi. Penyajian ayam goreng tersebut termasuk dengan sambalnya satu cobek. 


Penampilan ayam goreng terlihat biasa saja, cenderung berminyak dengan warna coklat pucat dan tidak garing. Ketika saya pegang ayam tersebut mudah sekali terkoyak, menandakan ayam ini super empuk. Ketika saya cicipi rasanya manis dan gurih, sangat enak tidak seperti penampilannya yang biasa saja. Untuk sambalnya pun pedas dan bau khas sambal mentah yang menggoda. Perpaduannya pas banget, ayam dan sambal yang dicolek dengan nasi panas yang mengepul. 

depot murni 1


Seporsi ayam kampung goreng di Depot Murni ini seharga Rp. 70.000,- (Juli 2017). Menurut saya harganya murah dibandingkan dengan ayam goreng di Surabaya. Benar deh kata orang kalo ke Pandaan lagi bokek melipir aja ke Depot Murni.

Jl. Raya Candi Wates, Candi Wates,
Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka:
06.00 - 21.00



Soto Gondrong
Soro Gondrong ini berada di dalam Pujasera Pandurata. Selain Soto Gondrong juga ada beberapa kuliner lainnya, namun yang terkenal yaitu soto gondrong ini. Nama yang unik dan beberapa ulasan internet membuat saya penasaran pengen mencicipi. Setiap pengunjung yang datang kita akan segera disodori aneka gorengan, sate telur puyuh dan juga tahu sumedang. Waktu itu saya tergiur dengan pempilan tahu sumedang yang saos makan dengan teman sambal petis. 

soto gondrong 3  
Pesanan saya dua soto ayam tak lama dihidangkan di meja. Seporsi soto ayam ini porsinya sangat banyak dengan kuah berwarna hitam. Saya pikir warna hitam di Soto akan membuat rasa kuahnya manis karena terlalu banyak kecap. Namun warna hitam tersebut dari kaldu, jadi kalo ingat Coto Makassar yang butek dan hitam maka seperti itulah warna kuah Soto Gondrong.


soto gondrong pandaan 1soto gondrong pandaan 2


Rasa soto gondrong ini unik berbeda dengan soto ayam yang ada di Surabaya yang kebanyakan berwarna kekuningan. Cuma harganya yang benar-benar menguras kantong. Waktu itu saya memesan dua soto ayam, dua es teh dan juga 5 tahu sumedang habisnya Rp 99.000,- padahal kalo di Surabaya berdua sekitar Rp. 60.000,-an. Ya, kalo nggak masalah sama harganya, maka wajib ke Soto Gondrong karena rasanya unik dan enak. 

Jalan Raya Tanjung Arum,
Prigen, Pasuruan, Jawa Timur
Jam Buka:
09.00 - 21.00

You Might Also Like

4 komentar

  1. Dari fotonya udah kelihatan enak semua hehehe

    ReplyDelete
  2. wah mbak..ayam goreng itu memang makanan merakyat..dari dulu sampai sekarang tetep favorit orang indonesia..
    liat fotonya saja udah bikin mupeng..apalagi klo makan langsung :)

    ReplyDelete