Bangkok tidak akan pernah membosankan karena selalu ada wisata baru. Pun saya tahu di sana udaranya panas, tetapi tetap saja bikin ketagihan untuk kembali traveling. Beberapa wisata wajib di Bangkok seperti Grand Palace, Wat Arun, Wat Pho, Chocolate Ville, Asiatique, dan Jim Thomson House sudah pernah saya kunjungi. Jadi traveling kali ini selama 3 hari 2 malam saya inginnya mengunjungi destinasi yang belum saya kunjungi sebelumnya.

Grand Palace Bangkok

Persiapan Ke Bangkok

• Tiket Pesawat + Hotel

Jika penerbangan dari Surabaya ke Bangkok saya harus transit di Kuala Lumpur. Namun jika saya mengambil tiket fly thru tersebut maka akan sampai di Bangkok sekitar jam 17.00. Saya inginnya sampai di Bangkok itu pagi hari agar puas jalan-jalannya, alternatif penerbangan saya harus berangkat dari Jakarta. Tiketnya akan saya beli dengan Surabaya ke Jakarta pulang pergi, lalu besoknya saya akan mengambil rute Jakarta ke Bangkok pulang pergi.

Untuk pembelian tiket pesawat + hotel saya memilih di AirAsiaGo karena lebih murah dan praktis. Saya tidak perlu repot mencari pilihan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Di AirAsiaGo kita dapat melihat paket tiket pesawat dan hotel yang harganya sudah terakumulasi. Kalo saya booking dengan aplikasi AirAsiaGo dan menggunakan kode kupon GoMobile10 akan ada tambahan diskon. #AAGOMakeItReal

bangkok 2

Hotel yang saya pilih selama di Bangkok yaitu Retro 39. Alasan saya memilih hotel Retro 39 karena harganya sangat bersahabat dan aksesnya cukup mudah. Hanya 5 menit jalan kaki saya sudah sampai di BTS Phrom Phong.

• Sewa Mobil di Bangkok

Hari pertama di Bangkok, saya akan menyewa mobil melalui AirAsiaGo. Cara memesannya yaitu masuk di car rental, lalu masukkan tanggal, lokasi, jam penjemputan dan jam pengembalian mobil.

AirAsiaGo Sewa Mobil

Saya memilih sedan dengan harga sewa Rp. 333.000,- termasuk gratis driver dan biaya jemput ke bandara. Harga tersebut belum termasuk bahan bakar dan tip driver. Sewa mobil ini saya hanya menggunakan di hari ke satu, hari selanjutnya saya ingin menggunakan transportasi umum agar bisa merasakan berbaur dengan masyarakat lokal.
  • Booking Paket Tur

Tiga hari dua malam adalah waktu yang sangat terbatas mengunjungi Bangkok. Agar waktu tidak terbuang untuk menuju lokasi wisata, maka saya lebih memilih menggunakan paket tur. Saya memilih paket tur ke Damnoen Saduak Floating Market di AirAsiaGo dengan harga Rp. 530.611,- untuk tur selama 6 jam.

damnoen saduak bangkok

Saya juga memesan paket tur ke Siam Niramit Show. Di AirAsiaGo saya memilih paket yang lengkap termasuk antar jemput di hotel, makan malam dan tiket pertunjukan seharga Rp. 743.284,- dengan lokasi di Grand Theater.

• siam niramit
  • Antar Jemput ke Bandara

• Untuk hari kepulangan ke Don Mueang Airport saya memesan van di AirAsiaGo. Saya memesan van karena lebih cepat dan praktis, cocok untuk koper besar dengan belanjaan yang banyak. Biaya untuk sewa van antar jemput di AirAsiaGo adalah Rp. 214.285,-/orang. Van ini akan menjemput di hotel dan mengantarkan ke bandara sesuai dengan pemesanan.
van bandara

Itinerary

Hari 1

07.05 - 10.45: Jakarta - Bangkok

Mengambil flight paling pagi, saya akan sampai Bangkok pukul 10.45. Setelah itu menuju imigrasi dan pengambilan bagasi dengan perkiraan waktu selesai sekitar pukul 11.30. Di bandara saya akan membeli sim card seharga 200 bath untuk memudahkan komunikasi selama di Bangkok.

11.30 - 14.00: Baan Bangkhen Coffee Garden (บ้านบางเขน)

Destinasi pertama, saya akan makan siang sambil jalan-jalan ke Baan Bang Khen. Baan Bang Khen merupakan wisata baru dibuka pada Januari 2017. Konsep Ban Bang Khen vintage dan mural. Ada juga coffe garden, makanan, museum dan perpustakaan yang buka 24 jam dengan tiket masuk seharga 20 bath.

sumber foto: www.facebook.com/pg/baanbangkhen/photos

14.00 - 16.00: LINE Village

Tahun ini Line Village sudah buka di Bangkok dan Desember 2017 nanti akan buka indoor theme park. Saya tidak mau ketinggalan untuk mampir ke tokoh karakter messenger ini. Pastinya seru banget di Line, saya akan menghabiskan waktu selama dua jam.

Saya di Line Korea
line bangkok

17.00 - 18.00: Check Inn Hotel

Saya menuju hotel Retro 39 untuk check inn, istirahat, mandi dan ganti baju. Lalu akan ke Chatuchak Night Market.

18.30 - 21.00: Chatuchak Night Market On Friday

Kalo hari jumat Chatuchak akan buka malam hari dari pukul 18.00 - 00.00. Asiknya kalo malam hari itu nggak akan kepanasan, bisa lupa diri belanjanya sampai tengah malam. Chatuchak ini sangat luas, saya menggunakan sepatu keds dan membawa air minum agar tidak dehidrasi. Selain belanja, saya juga sekaligus mencari makanan halal. Puas di Chatuchak saya kembali ke hotel dan sekaligus berpamitan dengan driver.

Hari 2

07.00 - 13.00: Damnoen Saduak Floating Market

Saya dijemput oleh tur yang saya pesan di AirAsiaGo pada jam 07.00 pagi. Untuk mengikuti tur ke Damnoen Saduak Floating Market harus berangkat pagi karena jam 12.00 siang penjual di pasar sudah banyak yang tutup. Damnoen Saduak merupakan pasar terapung yang lokasinya di luar kota Bangkok. Di sana saya akan naik kapal yang sudah termasuk dengan tur dan juga membeli aneka kuliner khas Thailand. Untuk pulangnya saya minta diantarkan kembali ke hotel

14.00 - 16.00: Chang Chui

Salah satu wisata baru di Bangkok yang baru buka di bulan Agustus 2017 yang lalu adalah Chang Chui. Chang Chui merupakan creative space yang dilengkapi dengan Art Gallery, Theatre, Cinema, Cafe, Exotic Garden, Museum, Live Music dan Street Food. Konsep dari Chang Chui ini berupa creativity yang terlihat dari bangunannya yang unik. Ada juga pesawat terbang yang dijadikan museum.

A post shared by ChangChuiBKK (@changchuibkk) on

Foto-foto sambil kulineran dan keluar masuk semua tempat di Chang Chui sepertinya akan asik. Saya sengaja mengambil sore hari agar foto-foto saya lebih bagus. Untuk menuju Chang Chui, dari hotel saya naik BTS turun di Victory Monument Station lalu dilanjutkan naik taksi ke Chang Chui.

17.00 - 22.00: Siam Niramit Show

Dari dulu saya ingin ke Siam Niramit Show tapi belum pernah kesampaian. Semoga tahun ini bisa terwujud untuk melihat Siam Niramit Show yang merupakan pertunjukan megah yang menampilkan sejarah dan budaya Thailand. Total perjalanan saya dengan tur ke Siam Niramit Show adalah 5 jam yang termasuk antar jemput hotel, tiket pertunjukan dan dinner.

sumber foto: siamniramit.com

Hari 3

Saya check out pagi karena batas check out pukul 12.00. Koper akan saya titipkan di receptionist , sore hari akan saya ambil sebelum ke bandara.

10.00 - 12.00: Bangkok Art and Culture Centre

Bangkok Art and Culture Centre adalah museum yang berisi karya-karya seniman Bangkok. Bangunannya terdiri dari 4 lantai, ada ruang seni, lukisan, patung, dan juga kafe. Dua jam di Bangkok Art and Culture Centre sepertinya cukup puas untuk berfoto. Untuk transportasi dari hotel, saya naik BTS turun di National Stadium Station.

Sumber foto: www.bangkok101.com

13.00 14.00: Siam Square

Dari Bangkok Art and Culture Centre saya jalan kaki sekitar 500 meter ke Siam Square yang merupakan kawasan kuliner dengan kafe-kafe lucu. Saya mampir di kafe baru yang lagi ramai di instagram yaitu Pink Planter. Konsep Pink Planter adalah kafe yang dekorasinya serba pink dengan menu dessert. Menunya memang tidak akan mengenyangkan, namun akan cantik jika saya upload di instaram.

sumber foto: https: www.facebook.com/pinkplanterxbonca

14.00 - 16.00: MBK Center

Dari Pink Planter di Siam Sqaure saya menuju ke MBK untuk cari oleh-oleh. Saya akan melewati skywalk dari Pink Planter. Agustus yang lalu, skywalk di kawasan Siam dan MBK ini memiliki desain yang baru, saya akan berfoto sebentar di lokasi tersebut.

sumber foto: www.nationmultimedia.com
Puas berfoto di skywalk, saya menuju MBK yang merupakan pusat grosir oleh-oleh mulai dari kaos, gantungan kunci, tas dan sebagainya. Saya juga makan siang di food court MBK karena banyak pilihan untuk makanan halal.

Di Siam Discovery yang lokasinya tidak jauh dari MBK

Selanjutnya saya kembali ke Hotel Retro 39 dari BTS Siam ke BTS Phrom Phong untuk mengambil koper di receptionist hotel dan segera berangkat menuju Don Mueang Airport. Van akan menjemput saya pada pukul 17.00, dengan perkiraan sampai di bandara jam 18.00.

20.55 - 0025:  Bangkok - Jakarta

Akhirnya saya kembali ke Jakarta, dan besoknya kembali ke Surabaya dengan penerbangan AirAsia.

...

Semoga #AAGOMakeItReal bisa mewujudkan itinerary saya selama 3 hari 2 malam di Bangkok. Pengalaman saya booking tiket pesawat + hotel, tur, sewa mobil, dan antar jemput bandara menggunakan AirAsiaGo tidak pernah mengecewakan. Jadi tidak sabar untuk traveling ke Bangkok...