Wisata Gratis Super Tree Grove di Gardens by The Bay

Hari terakhir kami di Singapore, kami mencari destinasi gratisan karena uang saku mulai menipis. Kami memutuskan untuk ke Gardens By The Bay sore hari dengan rencana nongkrong sampai malam. Berlagak sok hemat dengan naik bus, tiba-tiba ketika oper bus kedua eh Singapore Tourist Pass kami expired. Saya lupa kalo beli STP jam 4 sore di hari ke-1 maka di hari ke-3 akan habis juga di jam 4 sore. Jadilah kami naik uber, untung habisnya cuma 7 dolar.

Tapi naik uber atau grab ke Gardens by The Bay itu kenikmatan tiada tara, karena dari MRT Bayfront ke Gardens by the bay itu jalannya sekitar 1 km lebih. Nah, kalo naik uber atau grab turun ke area drop off langsung terlihatlah customer service, tempat souvenir dan jalan ke attraction-nya nggak bikin baju basah kena keringat.

Saya yakin siapapun yang akan atau sudah ke Singapore, pasti mengetahui kalo Gardens By The Bay ini adalah taman kota buatan sejak tahun 2012. Lokasinya berada di Marina Bay atau tengah kota Singapore. Isinya selain taman yang lengkap pepohonannya ada restaurant dan attraction.

2018-02-28_10-25-11
Pemandangan di siang hari

Attraction di Gardens by the Bay ini ada tiga yaitu Flower Dome, Cloud Forest dan OCBC Skyway. Sebelumnya saya sudah pernah masuk ke flower dome dan cloud forest. Flower Dome ini bentuknya seperti kerang lalu ketika masuk kedalam terdapat taman bunga yang besar dan tiap periode pasti ganti tema, pernah Eifel, chinese dan kartun. Lalu Cloud Forest ini konsepnya air terjun, jadi ketika masuk ke dalam langsung terlihat air terjun dengan tujuh lantainya.

2018-03-01_03-42-10

OCBC Skyway itu seperti jembatan setinggi 22 meter dan panjang 128 meter yang dihubungkan oleh supertree grove. Kita bisa naik jembatan tersebut dengan membayar 7 dolar dengan view yang didapat dari ketinggian tersebut adalah panorama kota Singapore.

Ke Gardens By The Bay ini karena saya cari wisata gratisan jadi saya nongkrong dibawah Supertree Grove yang merupakan canopy sekilas menyerupai pohon. Awalnya saya tidak mengetahui ketika orang-orang mencari spot duduk dan tiduran dibawah supertree grove ketika pukul 18.00. Saya pun latah duduk-duduk dibawah Supertree Grove sambil leyeh-leyeh di atas aspal sambil memandang langit #halah.

image


Asik leyeh-leyeh tiba-tiba Supertree Grove yang awalnya terang menjadi redup, setelah itu ada pertunjukan laser dari atas Supertree Grove sambil diiringi lagu-lagu hits dari berbagai Negara. Kayak Negara India diiringi lagu “chaiya-chaiya” dan ada lagu Indonesia dengan “Bengawan Solo”. Lagu tersebut selain India dan Indonesia, ada juga Singapore, Hong Kong, China, Korea dan banyak lagi.

image

Entah kenapa sewaktu melihat pertunjukan laser dan lagu-lagu tersebut saya terbawa suasana hati jadi adem banget. Ternyata nggak saya aja loh, sekitaran saya malah ada yang tidur sambil menghadap langit sambil mangap-mangap karena saking nyenyaknya.

Asiknya di Supertree Grove ini gratis..tis. Gardens By the Bay itu lebih asik dinikmati mulai pukul 15.00 karena udaranya lebih adem, biasanya saya ke sana seringnya siang-siang ketika matahari sedang panas-panasnya. Nah, kalo sorean lebih adem dan banyak turis maupun penduduk Singapore yang asik jalan-jalan sambil bawa hewan peliharaan.



Tips:
  1. Transportasi ke Gardens By The Bay menggunakan MRT Bayfront exit B. Ikuti saja petunjuk untuk menuju Gardens By The Bay ke area Dragonfly & Kingfisher Lake. Untuk menuju ke Flower Dome, Cloud Forest dan OCBC Skyway masih harus jalan kaki lagi. Namun jika tidak ingin capek ada shuttle service.
  2. Area Gardens By the Bay ini sangat luas kalo kalian capek bisa menggunakan fasilitas shuttle service yang bentuknya seperti mobil golf dengan biaya tiga dolar. Shuttle service ini biayanya unlimited day.
  3. Tidak ada prayer room atau musholla. Jadi sewaktu di Gardens By the Bay ini saya sudah menanyakan ke Customer Service untuk tempat prayer room dan berdasarkan informasinya tidak ada fasilitas prayer room. Sempat saya baca di internet lokasinya setelah Texas Chicken tapi ternyata tidak ada. Kalau mau sholat sebaiknya mampir dulu ke Sands Expo & Convention Center yang lokasinya didalam Marina Bay Sands.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Bener banget! Ke Supertree Groove paling enak sore. Pemandangan siang dapat, malamnya malah lebih cantik dengan lampu-lampunya. Terakhir ke sana pas lagi gak ada pertunjukkan laser, jadi cuma foto-foto doank di bawah Supertree sama nyelonjorin kaki :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh jadi ga tiap hari ya lasernya...waktu itu aku pas malam minggu sih jadi rame banget :)

      Delete
  2. Mba kalo poto pake kamera apa? Soalnya saya liat hasil poto mba di instagram bagus"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo foto pake fujifilm XT0 18-55mm. Video pake yg canon g7x mark II

      Delete
  3. Duduk-duduk di bawah situ juga udah enak ya menikmati Singapore waktu sore :D

    ReplyDelete