Hari ke-6 Dubai ini saya menuju ke Riverland, The walk dan makan di Ravi Restaurant.

Riverland
Seperti biasa kalo kaki dan tenaga sudah mulai loyo saya selalu mengandalkan naik uber kalo di luar negeri. Sebut saja iman saya goyah nggak jadi hemat ketika badan sudah mulai lelah, apalagi kalo ingat ke Dubai Mall dengan metro itu harus jalan dulu dari metro ke mall sekitar 2 km. Ya, ujung-ujungnya dari apartement ke Dubai Mall naik uber 20 dirham.

Pasti bingung yak ke Riverland kok ke Dubai Mall dulu? Untuk transportasi ke Riverland memang direkomendasikan untuk naik taksi, uber, dan careem (semacam gocar-nya Dubai) dari jebel Ali Metro sekitar 56 dirham dan ditambah biaya metro 7 dirham kalo dikurskan sekitar Rp. 240.000,- dengan catatan itu berangkatnya aja loh, kalo sama pulang bisa-bisa untuk transportasi hampir setengah juta. Ogah mahal, saya mau gratisan ke Riverland yaitu dengan free shuttle bus yang berangkatnya dari Dubai Mall.

Mencari tempat pemberhentian bus Riverland ini tidak mudah karena banyak orang yang saya tanya tidak tahu. Ketika saya sudah berada di tempat pemberhentian bus di depan Dubai Mall sesuai dengan spot point-nya saya malah tidak menemukan tempat parkir bus khusus Riverland. Setelah tanya ke beberapa driver bus dan petugas yang mengatur bus juga nggak ada yang tahu, jadi saya pasrah nungguin bus sampai jam 10.30 sesuai dengan jadwal kedatangan.

Riverland bus

Tepat pukul 10.30 bus berwarna hitam bertuliskan Riverland sampai di lokasi, saya kayak mau naik metromini “da-da..da.da” ke drivernya untuk berhenti karena kegirangan. Free shuttle bus ini juga berhenti dibeberapa mall yaitu City Walk, Dubai Mall, Mall Of Emirates, Souk Madinat dan The Beach JBR. Ada contact driver-nya juga jika kita mau mastiin kedatangan bus.

parkiran bus yang ada di depan Dubai Mall

Jadwal keberangkatan bus

Perhatikan pick up point di setiap mall

Total perjalanan kurang lebih satu jam-an dari pusat kota Dubai dengan bus Riverland. Lokasi Riverland perbatasan antara Dubai dan Abu Dhabi dengan melewati jalan tol. Sepanjang perjalanan keluar dari area Jebel Ali Dubai, suasananya semakin tandus, gersang dan panas tapi kalo di dalam bus sih adem. Di Bus saya sampai ketiduran saking nikmatnya duduk di kursi empuk, maklum biasanya harus jalan kaki ke metro atau bus umum.

Sampai di Riverland, semua penumpang diturunkan di pintu masuk Riverland. Saya yang tadi bayangin cuacanya panas ternyata hawanya adem, meskipun berada di tengah-tengah area padang pasir khas Dubai.

Riverland

Riverland berada di area Dubai Parks and Resort dengan biaya masuk gratis. Dubai Park and Resort merupakan kompleks resort mewah dengan beberapa theme parks diantaranya Bollywood Parks, Motiongate, dan Legoland. Lalu ada area hotel dan resort Lapita, Jumeirah dan Preferred.

Bolloywood Park

2018-03-04 08.07.37 1

Nah, untuk masuk ke theme parks tentu saja berbayar mulai dari Rp. 650.000,- s.d Rp. 1.800.000,- Biasanya orang-orang dalam sehari mengambil paket yang dua theme parks sekaligus. Tapi karena saya lebih suka yang gratisan maka tidak masuk semua wahananya, hanya jalan-jalan di depan theme parks dan Riverland.

The French Village

Riverland merupakan area penghubung antara satu themepark ke themepark lainnya, atau disebut juga pintu masuknya theme park. Meskipun gratisan Riverland ini bagus banget bangunannya karena berkonsep seperti French Village yang tengahnya ada sungai-nya. Mungkin Riverland sengaja dibangun untuk backpacker yang pengen eksis foto semacam saya tapi duit pas-pasan.

Di Riverland ini ada beberapa bagian yaitu The French Village yang merupakan pintu masuk utama ke beberapa theme parks, Boardwalk dengan setting Amerika yang lokasinya berdekatan antara Motiongate dan Bollywood, India Gates di depan Bollywood Theme Parks, dan The Peninsula berdekatan dengan resort.

Saya berkeliling ke semua sudut-sudut Riverland sambil asik foto-foto. Setelah capek saya nongkrong di Mc D sambil ngeliatin wisatawan yang masuk ke Dubai Parks and Resort. Lokasi Mc D ini berada di depan Riverland. Sebenarnya ada beberapa restoran di area Riverland, mulai dari pizza, masakan arab, italia, tapi ya begitulah harga di theme parks tahu sendiri mahalnya kayak gimana…

Kalo mau belanja oleh-oleh pun lengkap. Pokoknya di Riverland meskipun tidak masuk ke theme parks hidup kita nggak akan terlihat menderita hehehe… mau nongkrong, shopping, tempat sholat (di area broadwalks) dan makan lengkap, bahkan tiap malam ada pertunjukan kembang api seperti di Disneyland.

camilan di area Riverland

Saya menyudahi keliling theme parks sekitar jam 16.00, tidak menunggu kembang api dulu karena mau lanjut jalan ke The Beach. Untuk pulang free shuttle bus ini hanya ada mulai pukul 20.00 dan 23.00, dijadwal memang ada yang pukul 15.30 tapi setelah saya tanya-tanya jam tersebut sepi wisatwan yang naik bus jadi free shuttle hanya ada di jam 20.00 dan 23.00.

Kalo mau irit naik free shuttle bus memang harus nunggu jam 20.00, tapi nunggu 4 jam lagi kok males banget akhirnya saya naik taksi ke Jebel Ali Metro (atau disebut juga UAE Exchange) dengan biaya 32 dirham. Padahal kalo naik uber 56 dirham, jadi lebih murah taksi nih.

Di Jebel Ali Metro ini saya agak bingung tentang pintu masuk menuju station-nya karena ada renovasi, jadi saya melewati pintu kecil yang langsung terlihat metro tanpa ada gate untuk nge-touch kartu. Saya langsung naik metro dan tidak nge-touch nol card. Nah, sampai di station Damac Properties Metro ketika mau keluar station saya tidak bisa keluar dari gate metro. Lalu saya lapor ke petugas station untuk memperbaiki nol card saya.

Customer service memarahi saya habis-habisan kayak maling, katanya saya melakukan tindakan criminal karena naik metro tapi tidak nge-touch nol card. Agak keder sih saya dimarahi..baru kali ini juga saya dimarahi sewaktu traveling. Lalu alternatifnya sama orangnya saya disuruh balik ke UAE Exchange untuk ngetouch nol card, kalo tidak saya harus bayar denda.

Saya kembali ke UAE Exchange Metro dengan jarak sekitar 20 menitan dari Damac Properties station tadi. Di Jebel Ali Metro ini saya masih celingukan di mana saya harus ngetap kartu. Sambil memperhatikan orang-orang akhirnya saya tahu kalo ngetouch kartunya harus dari gate dalam, kan biasanya dari gate luar terus bisa masuk ke dalam, dikarenakan ada renovasi station sistemnya jadi membingungkan.

Riverland (Dubai Parks and Resort)

Transportasi:

Naik free shuttle bus dari Dubai Mall atau Mall Of Emirates. Parkir bus Riverland di sebelah big bus tour. Jangan lupa selalu cek jadwal bus dan pastikan amannya 20 menit sebelumnya stand by di lokasi. Bus cuma berhenti sebentar saja di titik point pemberhentian.

The Walk At JBR
Gara-gara kejadian tadi, saya sampai di The Walk at JBR ini langit sudah mulai gelap. Niatnya sih saya pengen foto-foto karena area ini banyak mural cantik. Ya, namanya apes mau gimana lagi…

The Walk At JBR ini berada diwilayah Jumeirah. Untuk ke sana saya harus naik metro lalu lanjut naik Tram setelah itu masih harus jalan kaki 750 meteran.

Jalan-jalan ke The Walk at JBR di malam hari itu benar-benar hidup, horang-horang kayah di Dubai bermunculan mengeluarkan mobil mewahnya mulai dari porche, range rover dan beberapa mobil mewah yang asing buat saya, bagian kap atasnya dibuka dan yang nyetir kebanyakan cakepnya bikin melongo. Iya, wajah-wajah arab Asli yang putih, berhidung mancung dan brewok tipis tebar pesona. Apalah saya yang lagi jalan kaki “dromos” dengan rambut dan baju basaha keringat hahaha…

Dubai

The Walk ini dipenuhi dengan pedagang-pedagang yang membuka lapak kecil disepanjang trotoar. Ada juga restoran dan mall di kiri kanan jalan. Kalo mau naik sepeda juga bisa dengan menyewa perjam.  Selain itu The Walk merupakan tempat nongkrong anak mudanya Dubai. Saya sarankan kalo mau cuci mata lihat yang bening-bening wajib mampir ke The Walk. .

Suasana di The Walk

Salah satu mural di The Walk
Persewaan sepeda

Saya menghabiskan waktu duduk-duduk ditrotoar sambil melihat mobil mewah berseliweran. Sekitar jam 21.00 saya memutuskan kembali untuk makan di Ravi Restaurant yang lokasinya bukan di The Walks. Untuk cerita Ravi Restaurant menyusul di postingan terpisah ya…
The Walk

Jam Buka:
11.00 - 23.00

Transportasi:
Naik Metro turun di Damac Properties. Keluar dari metro station lalu pindah ke tram station. Naik tram Dubai Marina 1 station ke Jumeirah Beach 1 station. Lalu jalan sekitar 750 meter ke The Walk.