Gokana, Fast Food Jepang Murah

Ingin kulineran fastfood ala Jepang pasti kita ingatnya sama hokben dan yoshinoya, bener nggak? atau mahalan lagi ada marugame dan gyujin teppan. Nah, kalo Gokana ada yang sudah pernah coba? Pasti sudah donk, karena Gokana sudah masuk di Surabaya sekitar tahun 2017.

Saya sudah pernah mencoba Gokana di tahun 2017 yang lalu waktu awal buka Transmart Surabaya yang dikawasan Rungkut. Selang satu tahun berlalu saya mencoba kembali Gokana di bulan puasa tahun 2018 di Pakuwon Mall. Kebetulan Gokana favorit adek saya yang cewek, tapi saya kurang suka dengan rasa Gokana karena lebih suka sama hokben dan yoshinaya.

Gokana surabaya
Suasana sebelum buka puasa sekitar jam 4 an

Saya baru sadar kalo penilaian selera makanan itu memang subyektif banget berdasarkan lidah masing-masing. Ketika saya akan kembali ke Gokana, saya sempat melihat youtube dari Ken & Grat yang mereview Gokana, di kolom komentarnya ada pro dan kontra tentang Gokana. Ada yang bilang enak dan ada yang bilag nggak enak, malah ada yang bertengkar terhadap opini masing-masing. Begitu juga saya dan adek saya pro kontra terhadap selera Gokana.

Gokana terkenal banget sebagai fast food dengan harga terjangkau yang lokasinya di mall. Biasanya kalo anak kost pengen ngemall lalu ngajakin pacarnya di tanggal tua, larinya ke Gokana. Selain murah porsinya memang banyak banget. Kalo dibandingkan dengan harga hokben dan yoshinoya memang jauh, hampir separonya.

Dalam rangka buka puasa bersama keluarga yang jumlahnya sekitar 8 orang, kami memesan banyak banget menu yang ada di Gokana. Pilihan di buku menu banyak banget terutama ramen, beef yakiniku/teriyaki dan camilan nugget.

Paket Gokana 2 (32k)
Menu gokana 2 ini banyak banget porsinya, selain nasi juga ada beef teriyaki, oseng-oseng sawi, 3 nuget, salad kubis wortel mayonnaise dan ada saus sambal. Nasinya punel putih ala fast food pada umumnya. Untuk beef menurut saya kalo dibandingkan dengan Yoshinoya memang jauh rasanya, tapi kalo sama hokben hampir mirip. Perbedaan hanya pada nuggetnya yang kurang terasa ikannya dan terlalu keras. Lalu untuk mayonnaise berbeda rasa dengan hokben dan yoshinoya karena cenderung manis.

Gokana surabaya
Gokana surabaya

Beef Original Bento (36k)
Satu kotak bento pesanan saya terdiri dari beef teriyaki, chicken katsu, nasi, salad dan kabucha. Beef teriyakinya bumbunya enak dan bawang bombaynya juga meresap. Minus hanya di chicken katsu yang hambar dan keras. Namun saya paling suka sama kabucha yang merupakan labu emas diiris tipis lalu dikasih tepung.

Gokana surabaya

Beef Hot Ramen (32k)
Salah satu keistimewaan di Gokana adalah ramen yang bisa request tingkat kepedasannya hingga level 4. Kalo saya sih cara amannya aja karena baru buka puasa, jadi pesan yang level 1. Beef hot ramen terdiri dari ramen, moyashi (tauge), tamago (telur rebus setengah matang, kamaboko (irisan tepung yang bentuknya seperti bunga) dan tentunya beef.


Gokana surabaya

Beef hot ramen ini kuah pedas, gurih dan ada manisnya, saya suka sekali dengan rasa kuahnya. Untuk rasa ramen beserta taugenya rasanya kurang gurih atau tidak ada rasa, namun sangat tertolong dengan rasa kuahnya yang enak dan beefnya pun terasa bumbunya.

Nah waktu saya lihat di youtube Ken ann grat, beef ramen ini yang paling pro kontra. Ada yang bilang rasa mienya lebih enak indomie, tapi lalu dibully habis-habisan yang berkomentar. Kalo menurut saya pribadi, mienya memang kurang enak karena hambar. Untuk bilang rasa ramen ini nggak enak juga salah sih karena beef dan kuahnya enak. Komentar aja deh di kolom komentar untuk menilai beef ramen di Gokana.

Tempura hot ramen
Tempura hot ramen ini rasa kuah dan mienya sama dengan beef ramen. Namun di tempura hot ramen tidak ada beef, tidak ada toping lauk apapun di dalam ramen. Sebagai gantinya ada 3 side dish nugget yang berisi 2 tempura, kabucha dan salad. Sebagai penggemar ebi tempura hokben rasa tempura di Gokana ini memang jauh sekali rasanya, hambar dan tepungnya memang keras.

Gokana surabaya

Gokana surabaya

Saya juga pesan side dish ini:

Gokana surabaya
Gokana surabaya


Kalo di Gokana jangan lupa ambil krupuk khasnya yang bisa diambil sepuasnya. Biasanya setiap meja akan diberikan piring kecil plastic yang fungsinya untuk ambil krupuk di toples yang disediakan. Sambil nungguin masakan matang kita bisa nyemil krupuk dulu.

Gokana surabaya
krupuk bisa ambil sepuasnya

Kesimpulan dari makan di Gokana tuh jadi bukan nggak enak yang nggak bisa dimakan tapi lebih enak dibandingkan hokben dan yoshinoya. Beda lagi ceritanya kalo adek saya yang ngereview pasti bilangnya enak semua. Memang kembali lagi ke masalah harga, karena harganya selisihnya hampir setengah harga pasti akan mengurangi rasa.

Tetap donk saya merekomendasikan Gokana untuk dijadikan referensi kuliner karena murah meriah untuk harga di mall. Peminatnya pun banyak karena waktu jam buka puasa full banget, bahkan saya harus rela antri dari jam 4 dulu yang semula sepi dan ramai banget mulai jam 5 sore ke atas. Jangan lupa kirim di komentar tentang rasa Gokana menurut kalian!

Menu Gokana: (klik untuk memperbesar) 





Gokana
Pakuwon Mall B1
TRansmart Rungkut
Tunjungan Plaza

Open:
10.00 - 21.30

You Might Also Like

5 komentar

  1. Sebelum nikah dulu, zaman msh anak kos, aku srg makan di gokana :p. Pastilah krn hrg murah. Kalo rasa, ya kalah jauh.. Tapi yg bikin aku seneng, jelas kerupuknya yang bisa diambil semaunya hahahahah. Enaj itu Kerupukny.. Dulu sih kalo makan di sana aku cm pesen nasi bento mba. Blm prnh coba ramen dan mie2 nya. Jd ga bisa komen kalo ttg ramen

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener harganya murah untuk makanan di mall dan dapatnya banyak banget. Kenyang :)

      Delete
  2. duh, Gokana emng makanannya enak-enak ya Mbak Fika.
    harganya juga bersahabat. banyak pilihan yang penting jadi gak bingung mau makan apa hihi

    aku suka sekali makan menu paketan di sana, selain lebih hemat juga lebih bervariasi isinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buku menunya tebel banget wkwkwkwk

      Delete
    2. iya wkwk semoga dompet juga selalu tebel buat bisa jajan di sana ya :D

      Delete