5 Fitur Kartu Kredit untuk Memaksimalkan Manfaatnya

Kartu kredit saat ini bukan lagi jadi sebuah barang yang langka di masyarakat. Kebanyakan orang terlebih yang tinggal di perkotaan sudah memilikinya. Namun, agar Anda bisa untung dan hemat saat menggunakan kartu kredit, ada baiknya Anda menggunakannya secara bijak. Salah satunya dengan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan Kartu Kredit tersebut.



Ada banyak fitur kartu kredit yang bisa Anda nikmati. Tujuan dari adanya fitur itu adalah agar Anda bisa memaksimalkan manfaat dari kartu kredit itu sendiri. Nah, apa saja fitur kartu kredit yang harus Anda tahu agar bisa menggunakannya sesuai peruntukan sehingga jadi lebih hemat dan untung? Cek di sini!


  • Balance Transfer 
Salah satu fitur kartu kredit yang bisa Anda nikmati adalah balance Transfer. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk bisa beralih ke kartu kredit yang baru dengan tawaran yang lebih menarik dan bermanfaat bagi Anda. Namun, untuk melakukannya, Anda harus mengikuti mekanisme yang tepat. Salah satunya pelunasan tagihan dari kartu kredit yang lama.

Tak harus lunas, sih! Paling tidak 80% dari total tagihan yang ada sudah harus terbayarkan bila Anda ingin memanfaatkan fitur yang satu ini. Namun sebelum Anda memutuskan untuk memindah kartu kredit Anda ke yang baru, pastikan kartu kredit itu memiliki lebih banyak keuntungan dibanding kartu kredit Anda yang lama. Misalnya tawaran reward lebih besar.


  • Tarik Tunai
Fitur lain yang bisa Anda nikmati dari kartu kredit yang Anda miliki adalah tarik tunai. Fitur ini disebut juga dengan cash advance. Dengan fitur ini, Anda bisa seolah menjadikannya sebagai kartu debit dan menarik sejumlah uang melalui mesin ATM. Hanya saja, untuk menggunakan ini, ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Misalnya saja Anda akan dikenakan biaya tambahan yang besarnya berbeda tiap kartu kredit. Namun, secara rata-rata besaran bunga tarik tunai yang dikenakan adalah 2,95% per bulannya. Ini juga akan dikenakan biaya administrasi yang sesuai ketentuan. Oleh sebab itu, penggunaan fitur ini sebenarnya tak begitu disarankan kecuali dalam keadaan kepepet.


  • Cicilan 0%
Ada lagi fitur cicilan 0%. Cicilan ini kadang dikenal juga dengan nama 0% installment plant yang biasanya sangat diandalkan oleh orang yang gemar belanja menggunakan kartu kredit. Dengan memanfaatkan fitur ini, mereka tak akan dikenakan biaya atau bunga untuk masa periode cicilan tertentu. Hanya saja, Anda akan dikenakan biaya administrasi yang sesuai dengan ketentuan. Selain itu, harga barang yang Anda beli juga akan dimasukkan ke limit kartu kredit Anda. Misalnya limit kartu kredit Anda 10 juta dan harga barang 5 juta, maka di bulan tersebut Anda hanya boleh gunakan maksimal 5 juta lagi agar tak overlimit.


  • Reward
Fitur lain dari kartu kredit yang bisa Anda manfaatkan adalah Reward. Ini terdiri atas poin dan casback yang bisa Anda tukarkan dengan barang atau lainnya di merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit Anda. Jumlah poin dan cashback yang bisa Ana terima berbeda-beda. Misalnya saja, ada poin 10 untuk pembelian tiket pesawat dan lainnya.

  • Transaksi Mata Uang Asing
Fitur yang satu ini juga bisa Anda manfaatkan. Terlebih, untuk Anda yang doyan jalan-jalan ke luar negeri. fitur yang disebut juga dengan foreign currency transaction ini merupakan harga barang yang dibeli dengan kurs asing akan dirupiahkan dalam tagihan kartu Anda. Misalnya saja, Anda beli barang seharga US$ 100.



Bila kurs rupiah 1 dolarnya adalah Rp14.000,-, maka jumlah kurs ke mata uang rupiah yang akan dipotong dari limit kartu Anda sebesar 1,4 juta rupiah. Jadi, Anda tak perlu pusing lagi mencari tempat pertukaran uang bila di luar negeri. Nah, bagaimana? Anda sudah bisa gunakan banyak fitur dari kartu kredit di atas untuk memaksimalkan penggunaanya? Namun ingat, selalu gunakan kartu kredit Anda sesuai peruntukan. Jangan terlalu boros. Bila Anda butuh info mengenai kartu kredit, bisa cek di CekAja.com . Ada banyak info menarik dan bermanfaat seputar kartu kredit di sana.

You Might Also Like

0 komentar