PASPORKU HILANG “KriK”

Mumpung masih cuti hamil ngurus ahhh...padahal lom ada rencana mau kemana...

Iseng telp travel agent nanyain biaya pengurusan paspor hilang...ternyata 3 juta (OMG). Sedih nyesel ngilangin tuh paspor hiks...

Okelah ngurus sendiri ajah..biayanya Cuma 455rb daripada travel agent biayanya 3 juta

Syarat paspor hilang:
1. Surat keterangan hilang dari POLRES
2. F.Copy Akta kelahiran/Ijazah
3. F.Copy KTP
4. F.Copy KK
5. F.Copy surat Nikah
6. Surat Referensi Kerja

Setelah syarat-syarat sudah saya penuhi akhirnya dengan semangat 45 ngurus paspor ke kantor Imigrasi Klas I di surabaya

HARI KE : 1 (KAMIS)
Jam 8: Nyampe imigrasi, langsung ambil antrian di LOKET 5 dapet no: 52. Trus beli map n formulir di koperasi Rp. 10.000. Setelah ngisi semua data n masukin syaratnya kedalam map, saya duduk manis dikursi tunggu menunggu no antrian dipanggil.

Jam 10.00: akhirnya no antrian saya di panggil ke Loket 3.
Nyampe ke Loket 3 (tempat pendaftaran), naruh berkas n berkas asli dicek. Sempat ditanyain juga kenapa hilang...

Dikasih kertas ama petugas besok disuruh menghadap ke ruang WASDAKIM lantai 2.

Note: Dokumen asli semua harus dibawa (KTP,KK,akta nikah,Ijazah)

HARI KE: 2 (JUMAT)
Jam 10 nyampe imigrasi langsung ke lantai 2 ruang WASDAKIM. Deg..degan karena mau diinterogasi bayangin yang nanya berwajah serem n berkumis tebal hehe
Kira-kira nunggu 30 menit akhirnya saya dipanggil, n ga seseram yang saya bayangkan orangnya ramah n nanyanya juga ga pake dibentak-bentak.

Pertanyaan interview kurang lebih seperti ini:
1. Punya Paspor berapa?
2. Sudah dipake kamana aja?
3. Kenapa bisa hilang?
4. Kejadiannya kayak gimana
Dan bla...bla...1 jam selesai n Senin disuruh kembali untuk ambil surat buat dikirim ke kantor HAM.

HARI KE: 3 (Senin)
Jam 9 : Saya datang ambil surat ke ruang WASDAKIM ternyata suratnya belum jadi HIKS... Kata pihak imigrasi sistem komputer lagi ngadat jadi ga bisa nyetak no registrasinya.

Jam 11: Surat jadi, sempat disuruh baca rangkuman interview jumat kemarin, benar atau ga kronolis kejadiannya. Setelah saya baca sudah benar, akhirnya diprint tuh surat. Lalu kata pihak imigrasi disuruh nunggu tanda tangan dari kepala WASDAKIM karna lagi rapat (Arrrrrghhh...resiko paspor hilang ngurusnya rada ribet)

Jam 2.30: Akhirnya setelah penantian yang panjang, Barulah surat jadi hiks... Karna sudah sore takut kantor HAM tutup, saya ke kantor HAM esok harinya.


HARI ke: 4, (Selasa)
Jam 8 : Saya ke kantor HAM di JL. Kayon. Langsung ke bagian pelayanan.Disuruh nunggu, kira2 kurang lebih 15 menit surat sudah ditanda tangani.

Jam 9, saya langsung kembali ke imigrasi. Ke ruang Wasdakim, nyerahin surat dari HAM. Setelah semua data-data udah lengkap. Saya disuruh ke loket 4 untuk pembayaran, karena paspor hilang saya kena denda Rp. 200rb n biaya paspor Rp. 255rb jd totalnya Rp. 455rb.

Jam 11. Saya sudah foto, sidik jari n interview. Fiuh Lega akhirnya...bisa punya paspor lagi n paspor selesai hari senin (4 hari)

NOTE:
Miris banget saya baca artikel yang jelek-jelekin imigrasi, padahal kenyataaanya imigrasi pelayanannya sangat bagus sekali. Apalagi ada yang bilang kalo di WASDAKIM atau kantor HAM disuruh ngasih uang, kalo engga gitu paspor kita ga disetujui. SAMA SEKALI ga bener tuh. Saya ngurus sendiri Cuma kena biaya 455rb, tanpa uang pelicin apapun.