Kali ini saya posting pengalaman ke Singapore melalui Johor Bahru ( JB ). Pasti anda semua sudah mengetahui Airasia baru saja membuka penerbangan dari Surabaya ke JB. Memang rute penerbangan AirAsia ini lebih murah daripada penerbangan dari SUB-SIN dengan maskapai lion air atau jetstar (kalo dari sub hanya maskapai ini yang melayani penerbangan ke Sin).

Resiko dapat murah tapi ribet banget mungkin itu yang bisa saya gambarkan dari pengalaman saya.

Cerita perjalanan saya dimulai disini...

Penerbangan dari Surabaya berangkat jam 10.40 dan tiba di JB jam 13.30. Sampai bandara JB Senai airport kemudian melewati imigrasi kedatangan, petugas imigrasi Malaysia disini ramah - ramah saya disapa meski agak bingung ngomong apa hehe

Kemudian setelah melalui imigrasi kedatangan dan ambil bagasi, turun ke lantai 1 menuju pemberhentian bus. Untuk ke Singapore, dapat free shuttle bus dengan causeway link Air Asia. Jam operasional bus jam 15.00, saya menunggu sekitar satu jam demi mendapatkan fasilitas gratisan.


free shutle bus AirAsia


Setelah bus datang, bus menunggu penumpang selama 15 menit kebetulan hanya kami bertiga menjadi penumpang bus ini, serasa naik taxi

Dari Bandara Senai ke imigrasi keluar JB center checkpoint Malaysia perjalanan sekitar 1 jam. Setelah turun bus kita naik lantai atas menuju imigrasi. ( Jangan lupa bawa semua tas kita, karna bis yg akan dinaiki nanti berbeda meski satu perusahaan Causewaylink)

Setelah proses imigrasi selesai turun kembali menuju pemberhentian bus di bay 22 / bay 23 ( bay itu seperti nomor pemberhentian parkir bus ), kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Woodland (imigrasi Singapore) sekitar 15 menit perjalanan.

Masuk Woodland, jangan lupa isi kartu imigrasi kedatangan terlebih dahulu. Sempat paranoid, katanya imigrasi Singapura lewat JB ketat n pegawainya pada jahat-jahat. Ternyata biasa saja, saya tidak menemukan kesulitan apapun.

Dari Woodland, kemudian saya turun lagi ke LT dasar menuju bus naik causewaylink CW2 tujuan ke MRT Kranji. ( Dan ini juga bus gratis dari Air Asia ). Woodland menuju MRT Kranji sekitar 15 menit.

Total perjalanan dari Senai Airport, imigrasi JB center checkpoint, imigrasi Singapore Woodland dan ke MRT kranji dan ke hostel daerah little india sekitar 3 jam. Saran saya daripada lewat JB yang ribet, mending langsung dari Changi Airport aja. Sayang waktu terbuang untuk naik dan turun imigrasi. Belum lagi dari MRT Kranji menuju MRT pusat kota jauh banget kurang lebih 40 menit.

................
Update :
Per Juli 2015 free shuttle bus airasia dari Senai Aiport ke JB Sentral sudah berhenti beroperasi. Sedangkan untuk transportasi dari Senai Airport ke JB Sentral bisa menggunakan bus CWA seharga RM 8. Untuk Tiket bisa membelinya di dekat exit bandara.

Jika ingin melanjutkan perjalanan dari JB Sentral ke Singapore, dari CWA di JB Sentral turun lalu dilanjutkan dengan CW2 nanti turun di MRT Kranji.

Happy Traveling....