Inilah pertama kalinya ketika di Singapore saya mendapatkan penginapan yang begitu mewah. Ya, meski bukan menginap di hotel namun hostel saya ini fasilitasnya sangat lengkap layaknya hotel. Memang dari dulu saya selalu menginginkan menginap di 5FootWay Inn Project. Sayangnya hostel ini lebih mahal daripada hostel lain di Singapore. Nah, mumpung edisi trip kali ini perginya bareng dengan teman rame-rame, saya memutuskan untuk menginap di hostel ini. Enaknya kalo bareng teman, jatuhnya lebih hemat karena satu kamar diisi 4 orang tanpa share dengan orang lain.

5footway.inn Project Singapore adalah botique hostel di Singapore dengan 5 lokasi yaitu di daerah chinatown 1, chinatown 2, bugis dan boat quay. Untuk lokasi yang strategis adalah didaerah chinatown, hostel dekat dengan MRT. Namun, tentu saja hostel yang terletak di Chinatown harganya lebih mahal daripada 5footway project lainnya. Penasaran dengan 5footway project, sayapun keukeh memilih hostel ini, namun memilih yang berada di 5footway project Bugis karena masih baru dan murah.




Melalui website 5footway project bugis tertulis jarak antara MRT dengan hostel dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Awalnya karena mengikuti petunjuk dari hostel, saya turun dari MRT nicoll highway exit A. Naik tangga tanpa eskalator ke overhead bridge yang lumayan panjang. Setelah turun dari tangga sebaiknya tanya orang sekitar agar kita tidak kebingungan karena harus menyeberang jalan dan belok kedalam sebuah gang. Menurut saya, hostel ini jauh dari MRT. Akses terdekat adalah halte bus. Nah, untuk naik bus saya searching melalui gothere.sg.


Sampai hostel 5footway project bugis ini, Customer Service akan menyambut kita dengan ramah dan koper akan dibawakan keatas (jangan lupa pasang tampang memelas biar dibawakan semua). Hostelnya bersih dan kamarnya nyaman banget dengan dominasi warna putih dan berkarpet tanpa debu. Sampai kamar kita berempat langsung tidur-tiduran, sambil melihat suasana kamar yang nyaman jadi betah dikamar dengan fasilitas wifi yang wuuuuuus cepat banget. Model bed-nya atas bawah seperti hostel-hostel lain dan loker untuk menaruh tas dan baju ada di bawah bed.


Sarapan standart hotel dengan roti dan cereal yang bisa ambil sepuasnya sampai perut kenyang, namun yang paling spesial minuman bisa ambil milo, capucino, vanilla latte, teh tarik di coffe machine yang bisa kita minum 24 jam loh!!! Ada juga microwave bisa menghangatkan makanan dan lemari es buat menyimpan makanan (jangan luga kasih label nama di makanan).


Suasana ruang makan juga nyaman sekali untuk nongkrong sambil berkenalan dengan tamu hostel lainnya, tahu donk kalo di hostel kita selalu mendapatkan teman baru sambil cuci mata hehehe...


Oia, selain kamar dan ruang makan yang nyaman toilet juga bersih. Ada 8 kamar mandi yang terletak di lantai 1, jadi ngga perlu antri kalo pengen ke toilet. Fasilitas di toilet tersedia sabun dan shampo. Air hangat serta handukpun tersedia. 


Meski jauh dari MRT, saya ngga kapok menginap disini lagi. Biar ngga capek, saya selalu naik bus untuk menghemat tenaga. Lokasi hotel dekat dengan haji lane, sekitar 2 blok. 5fooway inn project Bugis, juga dekat dengan ABC backpacker hostel.



5footway.inn Project Bugis
10 Aliwal Street 

Singapore 199903