Pada tahukan yang namanya mesin ATM setor Tunai BCA? Yap, mesin ini lumayan menghemat waktu dan tenaga dibandingkan jika antri didepan teller yang antriannya na'udzubillah panjangnya. Beberapa kali saya menggunakan fasilitas mesin ini, pengalaman saya aman terkendali dan tanpa hambatan, hingga kejadian ini menimpa saya...

Awalnya saya setor uang sebanyak Rp.1.000.000,- saya memasukkan 10 lembar uang Rp. 100.000,-an, setelah memasukkan uang, seperti biasanya mesin menghitung uang, namun entah karena ada uang yang melipat atau lecek Rp. 100.000,- sebanyak satu lembar ditolak dan dikembalikan oleh mesin, kemudian saya hanya menyetor Rp. 900.000,- saja dan berhasil.

Selanjutnya karena Rp. 100.000 sejumlah satu lembar belum diterima mesin saya setor kembali, ketika memasukkan uang sebanyak satu lembar mesin kemudian tertutup dan kartu atm keluar begitu saja, setelah itu saya cek saldo dan uang terakhir disetor tidak masuk kedalam rekening.

Saya langsung panik, meski Rp. 100.000,- uang segitu sangat berarti, saya kemudian lapor satpam yang bertugas di pintu masuk mesin atm, satpam menyarankan untuk melaporkan ke Bagian Customer Service. Untungnya mesin atm didepan bank, jadi nggak perlu jauh-jauh lapornya.

Di Customer Service saya menceritakan kejadiannya kemudian si Mbak CS menelponkan ke Call Center Halo BCA (lumayan hemat pulsa daripada menggunakan telepon pribadi), di Halo BCA saya menceritakan kembali kejadiannya. Pertanyaan yang diajukan cukup banyak, sekitar 20 menit saya seperti diinterogasi, kurang lebih pertanyaannya seperti ini...

  • Pertanyaan seputar verifikasi data (Nama, alamat, no atm dan no rekening)
  • Pukul berapa anda menyetor uang di setor atm tunai?
  • Berapa jumlah setoran dan pecahannya?
  • Berapa kali anda menggunakan mesin setor tunai BCA?
  • Apakah sebelumnya anda kesulitan menggunakan setor tunai BCA?

  • Dan masih ada beberapa pertanyaan selanjutnya, CS memberitahukan akan ada penyelidikan laporan sekitar 7 hari kerja, kemudian CS memberikan saya no laporan dan apabila dalam 7 hari kerja belum ditransfer maka diharap menelepon kembali ke Halo BCA, saya kemudian mengajukan keberatan ke pihak Call Centre, jika saya telepon Halo BCA dari Jombang kota saya, bisa-bisa habisnya sama dengan uang yang tertelan Rp. 100.000,- (prinsip ekonomi hehehe), kemudian CS memberikan solusi dengan pihak Bank yang akan menghubungi saya kembali

    Tepat 7 hari kerja, saya print out buku tabungan dan uang saya masuk ke rekenening dengan aman. Syukurlah cuma Rp.100.000 kalau sampai jutaan bisa-bisa saya menangis di depan Customer Service BCA.

    Tips jika mengalami kejadian seperti saya:
  • Jangan panik dan marah-marah di depan mesin ATM ^_^
  • Catat nomor mesin ATM
  • Hubungi HaloBCA (500888 atau 021-500888 via ponsel) atau ke CS Bank BCA terdekat
  • Ceritakan permasalahan anda, kemudian pihak Bank akan membuat laporan, catat nomor laporan yang disebutkan.
  • Jika dalam 7 hari kerja belum ada tanda2 penyelesaian dari BCA, hubungi kembali HaloBCA dengan menyebutkan nomor laporan.

  • Mudah-mudahan kejadian saya tidak terulang kepada orang lain.