Apa sih makanan yang paling ngangenin di Surabaya? Kalo saya sih paling kangen dengan penyetan sambal khas Surabaya. Rasanya sambal Surabaya ini nggak ada yang bisa nandingin di kota manapun. Salah satu penyetan yang menjadi andalan dan langganan saya adalah Penyetan Bang Ali di kawasan Somerset.

Penyetan Bang Ali ada tiga cabang di Surabaya, namun yang paling sering saya datangi memang yang di kawasan Jalan Raya Kupang Indah Pojok sebelum lampu merah. Konsepnya memang kaki lima dengan ditemani beberapa kucing-kucing, tapi cukup nyaman kok dan tentunya selalu ramai pengunjung.






Apa sih keistimewaan dari penyetan ini? tentu saja terletak dari sambalnya yang pedasnya masuk akal. Saya memang kurang suka dengan sambal yang level kepedasannya yang nggak keukur, karena bakal mengurangi cita rasa makanan itu sendiri. Pilihan sambal bisa pilih nggak pedas, sedang dan pedas. Pilihan saya tentu saja yang sedang, cocok banget dilidah.

Saya juga suka dengan sambalnya yang diletakkan di cobeknya yang imut. Ya, sambal dengan cobek rasanya tentu saja berbeda dengan sambal yang diletakkan dipinggir piring. Udah gitu sambalnya unlimited bisa nambah sepuasnya.






Pilihan lauknya ada macam-macam seperti ayam, tempe, terong, ikan pe, telor, usus, rempelo ati, lele dan beberapa lainnya. Favorit saya adalah tempe dan terongnya yang juara banget. Tempenya yang asli kedelai murni dengan kedelainya yang rontok dan crispy selalu ngangenin saya apalagi ditambahin dengan terong makin mantap. Kalo favorit suami adalah ikan pe nya yang dagingnya banyak dan tidak terlalu pahit.

Karena waktu itu saya bersama tiga orang pesannya agak maruk yaitu 6 tempe, 2 terong, 1 ikan pe, dan 1 rempelo ati di total habisnya sekitar Rp. 72.000,- Memang sih untuk ukuran penyetan nggak terlalu murah banget, namun rasanya nggak pernah ngecewain dilidah saya. So, must try!!!






Penyetan Bang Ali (Somerset)
Jl. Raya Kupang Indah, Surabaya
Jam buka : 17.00 - malam
Cabang lain :
Jl Simpang Darmo Permai Utara 22, Surabaya
Perum Gunung Sari Indah, Surabaya

Order :
Tempe @Rp. 2.000,-
Ikan Pe @Rp. 7.000,-
Rempelo Ati @Rp. 6.000,-
Terong Penyet @Rp. 2.000,-
Usus Ayam @Rp.6.000,-
Nasi @Rp. 5.000,-
Es Teh @Rp. 4.000,-