Butuh waktu untuk meyakinkan diri saya membeli domain pribadi tanpa embel-embel blogspot. Bukan karena alexa yang ramping atau google pagerank namun karena ranking search engine yang cukup lumayan dan pengunjungnya yang banyak. Rata-rata artikel saya banyak yang menempati halaman 1 google bahkan nomor satu. Alasan tersebutlah membuat saya ngotot mempertahankan nama blogspot sejak tahun 2010.

Bangga dengan pencapaian yang saya peroleh, rupanya belum memantapkan nama sebagai seorang blogger. Terkadang ada email masuk untuk job review yang mengharuskan memiliki blog Top Level Domain, alexa ramping dibawah 500.000, memiliki google page rank minimal 1 bahkan domain checker diatas 14. Ketika dicecar pertanyaan demikian, sayapun langsung “mengkeret” tak ada apa-apanya. Intinya, jika kita yakin dan mantap menjadi blogger maka buatlah branding diri dengan memiliki domain pribadi untuk menaikkan image kita menjadi blogger yang konsisten.

Singkat cerita, sayapun mulai berburu penyedia domain. Syarat utamanya adalah penyedia jasa domain tersebut memiliki layanan oke dan Customer Service mudah dihubungi, sedangkan murah adalah pilihan terakhir. Pilihnya yang Indonesia saja, ribet ah kalo pake jasa luar negeri. Setelah mempertimbangkan beberapa jasa penyedia domain, saya mantap memilih www.idwebhost.com (bukan iklan loh hehe). Terus terang saya suka dengan CS-nya yang sabar banget melayani chat saya yang rewel dan gaptek ala emak-emak. Prosesnya pun cukup mudah yaitu:

  1. Buka website www.idwebhost.com
  2. Pilih ketersediaan domain, dengan mengklik tombol search. Jika available maka klik tombol domain saja. Untuk hostingnya (kapasitas space website) tetap blogspot atau wordpress, lumayan kan tetap dompleng gratisannya.



  • Oia, domain itu ada banyak pilihannya seperti .com, me, net, org dan sebagainya, kalo saya sih lebih suka dot com karena lebih familiar.
  • Setelah mengisi registrasi, lalu kita akan dikirimkan email cara pembayarannya. Biayanya Cuma Rp. 110.000,-tahun, kebetulan bulan Juni saya ada diskon Rp. 99.000,- hihihi lumayan.
  • Selesai di email, sayapun langsung transfer dan mengkonfirmasi pembayarannya. Setelah konfirmasi pembayarannya diterima, dalam 30 menit saya bisa menggunakan domain pribadi.

  • Selanjutnya, saya setting migrasi dari blogspot ke domain baru. Wah, saya sempat bingung caranya, untung si CS langsung tanggap dengan memberikan link panduannya. Sebelumya kita harus melakukan step-step berikut :
    1. Back up data postingan blog
      Untuk menyelamatkan data-data saya dari kemungkinan terburuk saya membackup semua artikel saya, caranya :
      Buka blog dan login
      Klik Setelan – Alat Blog – Expor Blog – Download
      Back up postingan blog hendaknya secara rutin ya, agar data-data kita selalu aman
    2. Setting dari hosting blospot ke domain baru. Ikuti panduannya disini, panduannya cukup mudah bagi saya yang buta dunia html. Prosesnya sekitar satu jam-an dan setelahnya kita sudah dapat melihat blog kita ke domain pribadi. Duh, terharu rasanya…
    3. Setelah memiliki domain pribadi, setting juga pengaturan nama domain tanpa www. Caranya bisa intip link idwebhost ini.
    Setelah sukses setting domain ke blog, untuk mengembalikan nama blog kita di mata google perlu juga untuk setting Google webmaster tools, Alexa, Bing, Google Analaytic, Rajin update dua hari sekali minimal dan Blogwalking. Nanti saya bagi tipsnya disesion 2 hehe. Oia, tentang artikel lama saya masih aman kok dari www.diarysivika.blogspot.com ke diarysivika.com langsung direct ke domain baru.


    Gimana? Mudah banget kan… Cuma Rp 100 ribu an pertahun udah ngga usah dipikir lagi wekeke.. Jika masih ragu, boleh tanya-tanya saya, mungkin saya bisa membantu :)