Banyak wisatawan yang sudah familiar dengan Ketan Legenda. Memang, kuliner ketan ini, sering wara-wiri di acara kuliner TV. Katanya, jika ke Malang atau ke Kota Batu wajib mencicipi kuliner ketan yang sudah  melegenda ini.

Ketika lagi nongkrong di Alun-alun Batu, saya selalu melihat antrian kedainya yang ramai pengunjung. Antrian pengunjungpun, selalu rapi dengan berbaris seperti ular tangga. Saya selalu mikir, “ih, niat banget antri demi seporsi ketan”. Kualat dengan omongan sendiri, akhirnya saya penasaran juga untuk cicipin ketannya.

Antrian Pos Ketan Legenda

Lokasi Pos Ketan Legenda berada di alun-alun Batu. Cara mencari lokasinya mudah, berdiri saja dibelakang permainan bianglala, dari situ maka tampak kedainya yang berwarna hijau. Bukan kedai yang besar, hanya kedai sangat sederhana dengan luas yang tak seberapa. Tempat duduk pengunjungnyapun seadanya, dengan meja kursi kayu yang diletakkan didepan kedainya.


Pukul 16.00 saya sudah antri didepan kedai. Dibuat “have fun” ajah ketika antri, namanya juga kulineran yang “spectacular” hehehe… Eh, tapi kalo antrinya berduaan gandengan tangan, ngga terasa tiba-tiba udah di meja order.

Menunya sudah pasti ketan. Jangan pesan bubur ayam disini, pasti ngga ada. Meski menu ketan, tapi kita bisa pilih toping yang bervariasi. Ada beberapa toping seperti Ketan Kicir (ketan kelapa dan bubuk coklat), ketan susu keju, ketan susu meisis, ketan susu durian, ketan susu durian pisang, ketan campur, ketan black white, ketan susu kacang, ketan ayam pedas, ketan susu durian keju, ketan putri salju dan ketan susu nangka.

Menu Ketan di Pos Ketan Legenda

Ketika selesai order menu dan bayar langsung, kita akan mendapat papan nomor yang diletakkan di meja. Meski ramai pengunjung, ketan saya terhidang dalam waktu 10 menit. Si mas-mas pramusaji, akan memanggil dengan nomor antrian.

Waktu kemarin, ketika giliran saya “Nomor 80…”, hampir aja ngga kedengeran dan mau dibawa lagi tuh ketannya kedalam. Maklum aja, saya duduknya didepan speaker sound yang gede. Efek musiknya, selain bikin ngga denger telinga, juga bikin lemak tubuh getar-getar karena keras banget hahaha… Cari tempat duduk lain, sudah full.

Ini papan nomornya

Menu yang paling diburu adalah ketan susu durian dan ketan susu meisis. Dua menu tersebut, menjadi pilihan kami.

menu favorit di pos ketan legenda

Ketan susu durian, meski ngga musim durianpun tetap ada. Entahlah, durian itu darimana datangnya. Seporsi ketan susu durian terdiri dari ketan, susu kental dan satu biji durian. Dietnya ditunda dulu yah, karena seporsi full kalori hihihi.

Ketan Susu Durian

Seporsi Ketan susu keju meisis tampil dengan meisis coklat, keju parut dan susu kental. Sebenarnya, pesanan saya tadi ketan meisis. Namun, pesanan saya ditambahkan keju parut, bikin saya makin sumringah.

Ketan Susu Keju Meisis

Ketan di Pos Ketan Legenda ini memang berbeda. Ketannya sangat punel dan legit. Manis ketannya pas, jadi dengan toping apapun tidak berasa terlalu manis. Apapun pilihan topingnya, semuanya pasti enak. Harganyapun cukup terjangkau. Untuk Ketan susu durian Rp. 10.000,- dan ketan susu keju Rp. 8.000,- Semua toping dibanderol dibawah Rp. 10.000,-

Oia, kalo sudah selesai makan, jangan harap bisa selfie yah. Karena ketika makan, beberapa tatapan mata, pasti mengincar tempat duduk kita hihihi. Sadar diri aja, kalo sudah selesai makan, jangan lanjut ngobrol pacaran disini.

Jadi, kalo lagi main di Museum Angkut, Eco Green Park Atau Kusuma Agrowisata, jangan lupa mampir.

Pos Ketan Legenda
Jl Kartini (Alun-alun Batu)
Batu, Jawa timur
Jam Buka : 15.00 - sampai habis