Konon jika sudah mengetahui cara naik MRT dan bus di Singapore, maka berkeliling ke negara lainnya akan terasa mudah. Seperti ketika jalan-jalan ke Kuala Lumpur, Bangkok, Hongkong, Korea Selatan dan Jepang semua transportasinya hampir sama dengan MRT dan Bus di Singapore.

Sebelum naik MRT dan bus di Singapore, maka persiapkanlah alat pembayarannya terlebih dahulu. Pembayaran MRT dan bus di Singapore sebaiknya tidak menggunakan uang tunai, karena di Singapore penduduknya terbiasa menggunakan kartu.

Noted : 
karena waktu di Singapore saya jarang foto alat transportasi dan kebanyakan hanya stock narsis, jadi beberapa foto saya ganti dengan dokumentasi alat transportasi sewaktu saya ke Hongkong. MRT dan bus Singapore dengan Hongkong sama.

Alat Pembayaran MRT dan Bus
  • Ez -Link Card
Ez-link card merupakan kartu pembayaran seperti e-money flash BCa atau Mandiri di Indonesia. Fungsi Ez-Link Card adalah untuk pembayaran alat transportasi umum seperti MRT, LRT, taksi maupun bus di seluruh Singapore. Ez-link juga bisa digunakan untuk berbelanja, tentunya jika ada saldo uang tunai didalamnya.

Pembeliannya bisa dilakukan di ticket office yang ada di station MRT, bisa juga pembeliannya di seven eleven. Jika sudah memiliki ez-link card, jangan membuang kartu tersebut karena masa berlakunya 5 tahun, apabila ke Singapore lagi dalam waktu kurang dari lima tahun maka top up saja Ez-link card di GTM (General Ticket Machine) yang letaknya ada di semua MRT station.

Harga Ez-link card di ticket office MRT Station adalah $12 dengan isi $7 sedangkan $5 harga kartunya, sedangkan di seven eleven harganya $10 dengan isi $5 dan harga kartu $5. Lalu jika Ez-link card isi saldonya habis maka bisa di top up GTM atau bisa juga di top up di seven eleven dengan biaya $ 0.50 per top up.
  • Singapore Tourist Pass
Sama halnya dengan Ez Link Card, Singapore Tourist Past juga digunakan untuk pembayaran MRT, LRT dan bus di Singapore. Namun, Singapore Tourist Past ini lebih spesial karena fasilitasnya khusus untuk turis.

singapore tourist past
Singapore Tourist Pass

Harga yang diterapkan adalah harga paket unlimited yang bebas naik bus, MRT dan LRT. Paket unlimited tersedia dalam 1 Day $10, 2 Day $16 dan 3 Day $20. Sistem unlimited yang berlaku satu hari adalah sampai pukul 12 malam, jadi bukan dihitung 1 hari di keesokan harinya.

Harga kartu Singapore Tourist Past akan ada tambahan biaya deposit sebesar $10 yang akan dikembalikan jika kita mengembalikan kartu di Ticket Office MRT yang sudah ditentukan. Pembelian Singapore Tourist Past hanya di beberapa ticket office di MRT Station, paling praktis belinya di Changi Airport.

Ticket Office yang melayani Singapore Tourist Pass

Jadi enak mana membeli Ez-link card atau Singapore Tourist Past? Kalo saya lebih suka membeli Ez-link card karena kartunya bisa disimpan dan dipakai lagi ketika di Singapore, sedangkan Singapore Tourist Past sedikit ribet karena kita harus mengembalikan kartunya.
  • Bayar Langsung
Menaiki MRT ataupun bus bisa kok tanpa membeli Ez Link Card maupun Singapore Tourist Past. Tiket MRT dapat dibeli langsung di GTM, setelah membayar kita akan mendapatkan single ticket yang dapat dipergunakan untuk sekali naik.

Sedangkan bus bisa membayar dengan uang tunai, biayanya adalah dengan menanyakan langsung ke sopir bus dan kita akan memasukkan uang tersebut di kotak uang dekat sopir. Ingat ya, bus Singapore tidak ada kondektur, jadi uang harus pas dan jika uang lebih maka tidak ada kembaliannya.

Cara Menggunakan GTM :
GTM seperti yang saya jelaskan diatas, merupakan mesin yang mirip dengan ATM di Indonesia, namun khusus untuk membeli single ticket dan top up Ez-link card. Cara menggunakannya mudah yaitu :

singapore 1
  • Membeli Single Ticket di GTM

  1. GTM ini berlayar sentuh, jika ingin membeli tiket MRT sekali jalan, maka pilih standart ticket pada layar 
  2. Di Layar GTM akan muncul jalur MRT, pilih stasiun tujuan yang ingin dituju dan pilih jumlah ticket yang ingin dibeli 
  3. Masukkan uang dengan pecahan yang sesuai dilayar, kemudian masukkan uang kertas dan koin yang disediakan. 
  4. Ticket dan kembalian akan keluar dibagian bawah mesin.
singapore 5
GTM yang ada disetiap station
  • Top Up di GTM

  1. Letakkan kartu di tempat kartu yang disediakan 
  2. Di layar GTM akan muncul add value - cash Kemudian masukkan uang top up sesuai yang diinginkan mulai dari $10, $20 dan seterusnya. 
  3. Tunggu kartu sampai terisi sebelum mengambil kartu 
singapore 6
Ticket Office dan gate MRT
GTM juga bisa digunakan untuk mengecek saldo ez-link card. Selalu pastikan ez-link masih ada saldo ketika menaiki MRT, karena jika tidak ada saldo kita bisa masuk station tapi tidak bisa keluar dari station. Kalo kejadian kayak gini langsung lapor ke ticket office yang biasanya ada di gate station. ....


 Alat Transportasi MRT dan Bus


MRT di Singapore
Mass Rapid Transportation alias MRT merupakan alat transportasi umum di Singapore berbentuk kereta cepat yang menghubungkan beberapa tempat di Singapore. Start dan finish MRT dihubungkan dari station MRT. Kereta ini memiliki beberapa station untuk tempat keberangkatan dan pemberhentiannya.

singapore 2
Seperti ini penampakan MRT


singapore 4
Suasana didalam Station


MRT memiliki beberapa line yang ditandai dengan beberapa warna seperti warna merah, hijau, kuning, biru dan sebagainya. Jika tujuan kita berbeda warna dari start awal, maka kita harus berpindah line di interchange station. Tanda dari Interchange Station ditandai berupa bulatan putih. Lalu jika sudah berada di interchange station maka turunlah dari MRT kemudian berganti MRT dengan jalur line tujuan kita.

Contohnya : 
Saya start dari Changi Airport menuju MRT Farrer Park. Line Changi Airport adalah line hijau sedangkan line Farrek Park adalah berwarna ungu, karena berbeda line maka saya harus berhenti Interchange Station yang menghubungkan antara line hijau dan ungu.

Klik untuk memperbesar


Cara naik mrt : 
  1. Dari Changi Airport saya turun di Tanah Merah Station (2 stop) 
  2. Turun kereta lalu ambil kereta dengan jurusan akhir Joo Koon Station (jangan salah ambil kereta yang tujuan akhir Pasir Ris ya ), kemudian saya berhenti di Bugis Station (8 stop) 
  3. Turun di Bugis Station saya berpindah ke line biru dengan mengambil tujuan akhir Bukit Panjang Station (jangan salah ambil yang tujuan akhir Expo) lalu saya turun di Little India Station (2 stop). 
  4. Di Little India saya berganti jalur line lagi di warna ungu dengan station tujuan akhir Punggol Station, kemudian saya turun di Farrer Park (1 station)
Perlu diketahui : 
  1. Jika didalam station nanti ada dua kereta di samping kiri dan kanannya, perbedaan dua kereta tersebut adalah tujuan akhir station, seperti di Line hijau ada station akhir Joo Koon Station dan Pasir Ris. Maka jangan sampai salah ambil arah tujuan kereta ketika menaikinya. 
  2.  Interchange Station ditandai dengan beberapa warna line. Maka, selalu perhatikan warnanya dan jangan sampai salah interchange station yang dituju. 
  3. Didalam Interchange Station, untuk berpindah jalur line MRT yang sesuai warna ikuti papan petunjuk disetiap station yang sangat jelas. 
  4. Meski satu station antara MRT yang berbeda warna line tersebut jaraknya cukup jauh, jadi siapkan stamina untuk jalan kaki. 

...

Bus di Singapore
Ketika di Singapore, saya lebih suka menaiki bus daripada MRT. Kenapa? Karena menaiki bus tak perlu jalan jauh, lebih murah daripada MRT dan saya suka melihat pemandangan Singapore dari balik kaca jendela bus.

Sedangkan MRT perlu tenaga ekstra untuk berjalan kaki, seperti ketika sudah masuk stationnya, saya masih harus berjalan lagi menuju MRT atau ketika ganti line Interchage meski dalam station yang sama, jalannya sangat jauh ada mungkin 2 km.

singapore 3
Suasana didalam bus


Makanya ketika mencari hotel saya suka yang dekat dengan halte bus dibandingkan dengan station MRT atau lebih baik yang dekat kedua transportation tersebut. Biasanya para traveler yang baru pertama kali ke Singapore suka takut menaiki bus daripada MRT.

Katanya menaiki bus rutenya lebih rumit dibandingkan MRT. Awalnya memang mungkin membingungkan, tapi setelah dijalankan mudah kok naik Bus di Singapore.

Persiapkan hal ini ketika Naik Bus di Singapore : 
  • Memiliki Akses Internet 
Kalo naik bus sebaiknya harus memiliki kuota internet, caranya belilah sim card di Singapore. Jangan mengandalkan wifi gratisan karena di bus tidak ada wifi. Memiliki hp aktif untuk online ini penting untuk mencari rute bus dan jaga-jaga jika terlewatkan dari halte yang dituju jadi kita bisa mempersiapkan plan B.

Kan bisa tanya orang lokal? Bisa sih, tapi kadang saya suka roaming kalo tanya mereka hehehe.. Maklum kadang bahasa mereka Singlish seringnya miss communication. Awal-awal dulu pertama kali ke Singapore pernah nekat naik bus tanpa hp yang aktif untuk online, akhirnya karena kelewatan halte dan saya sampai diusir sopirnya karena bus sudah berada di stop terakhir.
  • Mencari Lokasi halte bus Terdekat di Google Map 
Ketika naik bus di Singapore, perhatikan dulu nama halte dan nomor bus. Jadi misalnya ada halte bus di depan hotel, bukan berarti kita harus naik di halte bus didepan hotel. Kita harus menyesuaikan nomor bus dengan haltenya, dan halte ini bisa ada diseberang jalan maupun jalan beberapa meter lagi. Oia, setiap halte bus ada nama dan nomor halte, serta setiap halte selalu ada nomor bus yang berhenti di halte tersebut. Sebelum naik, selalu perhatikan baik-baik ya...

Untuk mencari rute bus, buka google map. Lalu di map tersebut akan terlihat lokasi kita dan halte yang ada disekitar kita. Atau jika start dari hotel bisa memasukkan langsung nama dan alamat hotel kita di google map.

singapore 9
Posisi hotel dengan halte di sekitarnya, klik gambar bus maka akan terlihat nama halte dan nomor bus yang berhenti di halte

  • Mencari Nomor Bus Sesuai Tujuan 
Saya ambil contoh ketika di Singapore saya pernah menginap di Amaris Bugis Hotel by Santika di 21 Middle Road Bugis. Karena lokasi MRT Bugis masih sekitar 800 meter dari hotel, saya lebih memilih menaiki bus daripada MRT. Untuk mencari nomor dan halte bus sangat mudah, yaitu dengan :







  • Gothere.Sg 
  • Nah, untuk mencari nomor bus bisa dilihat dari gothere.sg website ini akan memberitahukan nomor bus sesuai dengan tujuan yang ingin kita tuju. Selain bus, juga bisa melihat rute MRT maupun melihat estimasi biaya jika menaiki Taksi.

    Saya kemudian memasukkan from : 21 Middle Road to Merlion Park lalu search, lalu terlihat halte yang saya harus saya tuju adalah Shaw Towers (01629), Beach Road ke halte Opposite Cricket Club (02029), dengan 2 stop. Lalu nomor busnya bisa 100 atau 107.
      IMG_0402


    Saya kemudian membuka google map tadi yang memperlihatkan halte bus sekitar saya, saya kemudian mencari hal Shaw Towers yang letaknya di seberang jalan hotel (bukan pas didepan hotel). Di Halte tersebut kemudian saya menunggu bus nomor 100 atau 107, dan jika bus sudah datang langsung naik bus. Ngga pakai isyarat tanda tangan kayak memberhentikan angkot di Indonesia ya, karena bus pasti berhenti di halte yang dituju.

    singapore 8
    Terlihat halte Shaw Twrs di seberang hotel
    Di Google Map klik halte yang dituju nanti bisa terlihat nomor bus, hanya untuk memastikan bahwa bus berhenti dihalte yang saya tuju








  • Your Journey, SBS Transit.sg 
  • Selain menggunakan gothere.sg, nomor dan halte bus bisa dilihat dari Your Journey, SBS Transit.sg. Masukka enter Start Location bisa dari nama jalan ataupun landmark dan masukkan destination location.

    singapore 10

    Bedanya dengan gothere.sg, di sbstransit haruslah mengetahui halte bus keberangkatan dan bus pemberhentian yang dituju. Untuk mencari nama halte, buka google map disekitar hotel dan buka google map tempat tujuan. 

    Misalnya di sekitar hotel, nama halte yang ingin pertama kali saya naiki adalah After Beach Road, lalu di google map Merlion Park halte terdekat adalah Fullerton SQ kemudian saya klik.

    singapore 14
    Hasil google map menunjukkan halte terdekat di Merlion Park

    singapore 11
    Saya klik after beach road dan fullerton SQ

    Journey Planner kemudian akan memberikan nomor bus dan halte, halte yang ditunjukkan berbeda dengan yang saya klik tadi. Mungkin saya diarahkan menuju halte yang sesuai dengan tujuan bus yaitu di Beach Road dengan halte Shaw Twrs dan berhenti di Collyer Quay Oue Bayfront.

singapore 12

Antara gothere.sg dengan your journey dari sbstransit saya lebih suka menggunakan gothere, karena aplikasinya lebih simpel, mudah digunakan dan jarak perjalanan dengan berjalan kaki ditulis dengan detail. Kadang saya masih bingung jika menggunakan Journey Planner, tapi adapula beberapa orang menyukai Journey Planner.

Sudah mendapat infomasi halte dan nomor bus, maka bersiaplah untuk menaiki bus dari halte yang ditentukan.

Cara Naik Bus di Singapore : 
  1. Masuk bus dari bagian depan, lalu tempelkan ez link card di mesin tap didekat sopir, kalo tidak memiliki Ez Link Card bisa membayarnya dengan uang tunai. Biayanya bisa ditanyakan langsung ke sopir, usahakan membayarnya dengan uang pas karena sopir tidak akan memberikan kembalian. Kotak uang bersebalahan degan mesin Ez-Link Card 
  2. Setelah membayar, duduklah atau berdirilah didalam bus, bisa juga langsung naik keatas bus melalui tangga jika ingin duduk diatas. 
  3. Selalu perhatikan minimal 2 nama halte sebelum halte tujuan kita, tujuannya agar kita tidak terlewatkan. Dulu malah jika pemberhentiannya banyak misalnya 16 stop, saya menghitung dengan menulisnya di kertas hehehe.. Atau yang paling mudah selalu online google map kita ke tujuan yang kita tuju. 
  4. Minimal 2 stop sebelum halte tujuan, bersiaplah berdiri didekat pintu keluar. Pintu keluar ada di bagian tengah bus. Jadi antara pintu masuk dan keluar berbeda ya. Jika halte bus yang dituju sudah sampai, pencetlah tombol stop yang ada di bus. Namun, biasanya tombol stop sudah dipencet oleh beberapa orang. Jadi kita tidak perlu memencetnya lagi 
  5. Tempelkan Ez Link Card ketika akan keluar. Saldo Ez-Link akan terpotong sesuai jarak tujuan kita. 
Bus dan MRT sangat aman untuk anak-anak. Ngga perlu takut ribet bawa anak dengan strollernya

Wah lumayan panjang ya ulasan tentang "Cara naik Bus dan MRT di Singapore, semoga membantu teman-teman yang ingin traveling ke Singapore.

Serunya Singapore bareng teman-teman, ada yang mau barengan ngetrip dengan saya? Daftar ya hehehe