Rumus saya ketika traveling diluar negeri adalah membeli sim card. Bukan karena saya anak alay yang harus update social media di path, facebook, twitter maupun instagram. Bagi saya sim card adalah hal yang terpenting ketika keadaan darurat. Contohnya saja ketika tersesat, kita tak perlu kebingungan karena tinggal googling untuk mencari informasi diinternet atau bisa telephone 911 ketika keadaan mendesak. Namanya di negeri orang kita harus selalu waspada ketika traveling.



Kan ada wifi? Iya ada sih wifi, tapi wifi hanya ada di penginapan, sedangkan ketika traveling kita hampir seharian berada diluar penginapan, jadi wifinya cuma bisa malam hari atau ketika pagi hari. Sedangkan ditempat-tempat wisata sulit menemukan wifi gratisan. Kalo mau wifi gratis bisa juga nongkrong di coffe shop, tapi harus beli coffe dulu baru bisa dikasih paswordnya.

Okay, mari lanjutkan untuk mengulas "Membeli Sim Card di Singapore"

Syarat Membeli Sim Card ?
Membeli Sim Card di Singapore itu mudah. Syaratnya hanya menyertakan paspor ketika membeli simcard. Setelah pramuniaga memasukkan dan mengopy paspor kita, lalu dengan bebas kita boleh menggunakan sim card tersebut.

Pilih Sim Card yang Mana?
Di Singapore ada beberapa provider sim card yang cukup populer diantaranya adalah Singtel, Starhub dan M1. Pengalaman saya, saya cukup sering menggunakan Singtel karena dulu paket data Starhub lebih mahal daripada Singtel. Namun, saat ini harga dua provider tersebut hampir sama. Khusus M1 sim card saya belum pernah mencobanya, jadi saya hanya berbagi pengalaman dengan menggunakan Singtel dan Starhub dulu, mungkin lain kali ketika di Singapore saya akan mencoba yang M1.

Beli Sim Card di Singapore Di mana?
Untuk membeli sim card di Singapore, jangan membelinya di Changi Airport karena mahal. Pernah saya berkeliling Changi Airport untuk mendapatkan sim card, namun yang tersedia hanya ada harga $38 dan $50 yang tak sesuai dengan budget saya. Padahal paket sim card Singtel katanya ada yang $15 di RHB Bank Currency atau yang Star Hub yang di UOB, tapi keduanya sama-sama menawarkan paket yang hampir setengah jeti, hmmm sepertinya modus.

Akhirnya saya kemudian membelinya di luar bandara yaitu di Seven Eleven. Untuk membeli sim card di Singapore memang paling aman hanya di Seven Eleven. Jangan pernah membelinya di Lucky Plaza ataupun Mustafa Center karena banyak yang tertipu, saya sih belum pernah dan jangan sampai tertipu, tapi pengalaman ini banyak saya baca diinternet.

Bagaimana Cara Membeli Sim Card di Singapore ?
Ketika membeli di Seven Eleven langsung saja bilang ke pramuniaganya, "Do you have Singtel/Starhub sim card $15"? Kalo ngga ada paket sim card tersebut cari saja Seven Eleven lainnya, jangan mau ditawari paket sim card dengan harga tinggi.

Singtel Sim Card
Harga Singtel sim card adalah $15 harga tersebut berlaku untuk micro sim card, nano simcard dan standart sim card. Sudah dapat sim card Singtel, jangan lupa langsung mengaktifkan paket datanya. Jika lupa mengaktifkan paket data maka pulsa otomatis terkuras dengan cepat.



Cara mengaktifkannya adalah dengan menekan *363 lalu pilih paket datanya :
High Usage Data Plans : 
  • 1-day dengan 2GB Data adalah $6
  • 3-day dengan 6GB Data adalah $15
  • 7-day dengan 14GB data adalah $25
High Value Data Plans : 
  • 7-day dengan 10 MB data $1
  • 7-day Value 1 GB data $7
Biasanya saya mengaktifkan paket data yang 3-day dengan harga $15, lalu di hari ke-4 jika masih di Singapore saya menambah paket yang High Value Data Plans per 7-day nya adalah $1. Isi dari paket sim card $15 adalah $18, jadi ketika mengaktifkan paket data yang 3 day masih sisa $3



Selama di Singapore ketika menggunakan Singtel ini internetnya sangat lancar dan ketika menggunakan video call dari Line ke orang rumah di Indonesia juga cukup lancar tanpa tersendat.

Starhub Sim Card
Bagi pengguna iphone 5 tau 6 dengan model nano sim card, sebaiknya membeli provider starhub. Karena saat ini starhub menyediakan simcard yang 3-in 1 yaitu bisa dipotong-potong untuk sim card standart, micro sim maupun nano sim. Harga sim card starhub yaitu $15, lebih murah dibandingkan jika membeli nano sim card Singtel $38. Dan untuk membelinya ketika di Seven Eleven langsung tanya yang starhub $15 karena paket starhub juga banyak, ada yang sampai $50.



Cara mengaktifkan paket data Starhub adalah *123*300# lalu pilih paket datanya :
  • 3-day dapat 30MB harganya $2
  • 3-day dapat 200MB harganya $4
  • 3-day dapat 1GB harganya $5
  • 7-day dapat 10MB harganya $1
  • 7-day 1GB harganya $7

Harga yang ditawarkan paket data Starhub terlihat lebih murah dibandingkan Singtel, namun kuotanya berbeda. Tapi ketika traveling sebenarnya tak butuh kuota banyak yang penting tetap bisa berinternetan, karena malamnya dipenginapan bisa menggunakan wifi. Biasanya jika mengaktifkan starhub saya pilih paket yang 3-day 1GB $5 kalau habis saya perpanjang lagi.



.....

Update  Februari 2017:

Buat teman-teman yang udah nggak sabar beli sim card ketika di Changi Aiport bisa membeli Singtel yang Hi Tourist Sim Card dengan harga $15 (15 hari) untuk tipe standart dan micro sim. Kalo untuk nano simcard lebih baik yang starhub, karena singtel untuk nano harganya $50.



Lokasi Singtel di "Changi Recommends Counter" yang ada di Terminal 1, 2 dan 3. Kalo beli minta yang $15 karena biasanya seringnya dikasih yang $50, kalo nggak ada mending beli di seven eleven di luar Changi Airport.

pic : changirecommends

pic : changirecommends

pic : changirecommends

pic : changirecommends

Khusus pengguna Nano simcard kalo nggak sabar pengen beli simcard maka bisa beli Starhub di counter UOB Foreign Exchange Counter dengan paket "Happy Travel Sim" dengan harga yang tersedia $32 dan $50. Kalo saya sih mending beli seven eleven biar dapat yang $15.

Masih ada cara lainnya untuk mendapatkan sim card murah hehehe... pesan online di klook.com (bukan iklan ya...), pesan sim card Singapore di situs tersebut harganya 139ribu dengan provider M1 bisa untuk standart, micro dan nano. Setelah order dan membayar via kartu kredit, lalu print out dan tunjukkan print out tersebut di counter M1 Changi Airport. Ini lokasinya :

M1 4G Prepaid SIM Cards Counter - Terminal 1
  • Terminal 1 Arrival Hall #01-K05
  • Operating Hours: 7:00am-12:00am (Daily)
M1 4G Prepaid SIM Cards Counter - Terminal 2
  • Terminal 2 Arrival Hall, Counter 7
  • Operating Hours: 24hrs (Daily)
M1 4G Prepaid SIM Cards Counter - Terminal 3
  • Terminal 3 Arrival Hall, #01-K11
  • Operating Hours: 7:00am-12:00am (Daily)
M1 Shop - Terminal 3
  • Terminal 3 Arrival Hall #01-23
  • Operating Hours: 10:00am-11:00pm (Daily)
Dapatnya 100Gb untuk 5 hari, murah kan? Namun banyak yang berkomentar jaringan M1 kurang bagus, jadi signalnya nggak nyampe Sentosa (pengalaman pembaca di komentar bisa di cek), di kota pun nggak sebaik dengan Singtel dan Starhub.

...

Update April 2017 :
Dari informasi pembaca, saya mendapatkan informasi jika Singtel seharga $15 ada Seven Eleven T2 Changi Airport lokasinya di dekat KFC. Nah kabar bagusnya sekarang Singtel udah bisa buat tiga jenis kartu standart, micro dan nino. Okay, selamat berburu ya...kalo dapat jangan lupa saya dikasih kabarnya hehehe...