Buka di tahun 2014, Historica Cafe yang menempati Jalan Sumatra di Surabaya Pusat masih belum hilang pamornya di tahun ini. Kala itu memang masih belum banyak cafe bermunculan di Surabaya, bisa dibilang Historica menjadi pelopornya beberapa cafe ngehits di Surabaya. Beberapa food blogger Jakarta dan daerah lainnya pun mengamini cafe ini sebagai "must visit" cafe di Surabaya. 


Saya selalu suka dengan interiornya yang modern dengan sentuhan warna dominan  hitam disandingkan warna putih. Tempat duduk yang dominan kursi rotan, meja kayu dan kursi putar tak menghalangi kenyamanan untuk agenda nongkrong pengunjungnya. Kursi sofa? Dulu ada tapi sekarang sepertinya saya tak menemukannya lagi.









Beberapa kali saya nongkrong dicafe ini karena suka dengan kecepatan wifinya, musiknya nggak berisik dan jarak meja antar satu dengan lainnya pas tidak terlalu berdekatan. Jadi saya bebas mau ngeblog ataupun sekedar kongkow dengan beberapa teman tanpa perlu meninggikan volume suara.

Cafe ini buka mulai pagi hingga tengah malam, jadi cocok banget buat kamu yang pengen breakfast, lunch, afternoon tea atau makan malam. Kebetulan saya suka mengunjungi cafe ini ketika jam breakfast. Di Surabaya tak banyak cafe yang buka di pagi hari dan menyediakan breakfast, setahu saya hanya Historica Cafe dan Muttonbird. Saya sendiri belum pernah ke Muttonbird jadi belum bisa membandingkan menu breakfast kedua cafe ini. Tapi menu-menu breakfast di Historica banyak membuat orang penasaran salah satunya Egg Benedict itu... 

Ah satu lagi keistimewaan cafe ini, semua pegawainya ramah banget. Waktu pesan pun mereka sabar banget menjelaskan menu favorit mereka satu persatu. Untuk memesan kita diperlihatkan ipad untuk memilih menunya, lalu order and pay. Pesanan akan diantarkan di meja kita.


Cafe Latte yang saya pesan tak ada yang istimewa, seperti kebanyakan cafe lainnya. Biasanya sih saya lebih suka memesan Taro dan The Velvet Combo. Kalo dessert cobain juga Red Velvet Cake, atau kalo bingung dengan pilihan dessert tinggal tunjuk saja di etalase, semoga nggak khilaf yah...




Nah kali ini saya sengaja memesan menu yang jarang di posting ketika di Historica, yaitu Fish Swekers. Ini merupakan menu utama ikan yang ditusuk seperti sate dan dibalut dengan tepung. Rasanya mirip dengan okonomiyaki makanan khas Jepang berbahan tepung, sayuran dan ikan. Adapula tambahan katsuobushi yang biasanya berbahan ikan cakalang yang bentuknya seperti parutan kayu. Verry recommended jika ke Historica dan pastinya mengenyangkan karena porsinya cukup gemuk dan bikin kenyang.









So far saya sangat merekomendasikan Historica Cafe sebagai tempat nongkrong wajib cafe kekinian di Surabaya. Historica Cafe di Surabaya, Tempat Asik Buat Nongkrong. Oia di cafe ini tersedia menu pork jika ragu akan kehalalannya, skip saja. 






Historica
Jl Sumatra 40, Surabaya
Telp :
(031) 5033003
Open :
07.00 - 00.00

Noted :

  • Wifi Available
  • Tersedia Menu Pork. Cara masak dan pencucian dipisah, namun kalo ragu kehalalannya skip cafe ini.