Hidup di jaman yang begitu canggih seperti sekarang ini membuat Anda memiliki persepsi baru dalam bepergian. Pergi melakukan perjalanan bisnis ataupun perjalanan wisata yang indah bersama keluarga bukan lagi menjadi persoalan yang rumit selagi semua akomodasi sudah bisa didapatkan sekali duduk di tengah-tengah kesibukan bekerja.

Di era kehidupan digital, informasi bukan lagi menjadi barang mewah. Anda tidak lagi menggantungkan diri pada siapapun untuk mendapatkan informasi akomodasi terbaik sekalipun. Tinggal menggerakkan jari Anda, lewatlah sudah acara menelepon teman dan kerabat mengenai hotel terbaik atau tiket pesawat termurah. Apalagi jika membayangkan harus memesan hotel di hari kedatangan yang tak jarang berakhir dengan kekecewaan akan ketiadaan kamar maupun harga yang tak bisa dinegosisasikan. Di internet, para Online Travel Agent sudah menyediakan informasi yang cukup dan jujur.


pict : thenextweb.com
Selain alasan praktis dan kekayaan informasi, Anda memiliki keuntungan lain jika melakukan pemesanan akomodasi pada online travel agencies yang memiliki harga bersaing. Dengan mudah Anda akan menemukan hotel terbaik dengan harga yang cocok. Tidak perlu susah-susah membandingkan satu persatu harga sebuah hotel dengan memencet telepon resmi mereka.

Proses pembayarannya pun sederhana. Saat memasuki website salah satu online travel agent dan menemukan hotel yang cocok, Anda hanya harus mengisi data yang telah disediakan. Pembayaran pun bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melaui ATM, kartu kredit, maupun e-banking. Anda bisa menunjukkan pesanan melalui ponsel yang sudah Anda lakukan saat nanti melakukan chek-in.


pict : tnooz.com
Jika banyaknya pilihan hotel justru membuat Anda bingung, Anda bisa membaca semua review yang ada. Beberapa layanan penasehat perjalanan seperti TripAdvisor bisa Anda jadikan pertimbangan. Ramainya ulasan dari para pelancong cukup banyak memengaruhi perilaku wisatawan lainya. Jika ada begitu banyak kemudahan, mengapa harus menyulitkan diri?

Di Indonesia sendiri banyak terdapat online travel agent yang terpercaya dengan pelayanan bersaing. Sebut saja Traveloka, Agoda, Pegipegi, Nusatrip, dll. Mereka selalu memiliki informasi yang menarik bagi Anda yang sedang mencari penginapan terbaik. Jangan lewatkan promo-promo yang mereka tawarkan dan jangan lupa untuk mengecek apakah harga yang sudah tertulis sudah termasuk pajak.

Selain soal pajak, beberapa hal seperti tujuan perjalanan Anda, jenis kegiatan yang Anda lakukan, suasana penginapan yang Anda inginkan, lokasi, serta persyaratan atau kebutuhan khusus lainnya seperti ketersediaan kamar tidur tambahan harus Anda pertimbangkan. Online Travel Agencies akan membantu Anda mendapatkan akomodasi yang tepat dan sesuai dengan rencana perjalanan.

Jika Anda ragu mengenai sebuah pesanan akomodasi dari online travel agent, Anda bisa menghubungi kontak resmi mereka. Ini juga salah satu hal yang Anda harus perhatikan apakah sebuah online travel agent layak dipercaya atau tidak, ia harus memiliki call center bagi pelanggan. Melalui komunikasi dengan pihak online travel agent, Anda bisa memastikan bahwa harga yang ditawarkan adalah harga yang jujur tanpa tambahan apapun.


Bagi Anda yang belum pernah sama sekali memesan akomodasi melalui online travel agent, khususnya hotel, saat melakukan sebuah perjalanan maka jangan ragu untuk memulainya dari sekarang. Bisnis perjalanan makin inovatif dari tahun ke tahun. Berbagai kemudahan dan solusi akan selalu disediakan untuk memudahkan urusan Anda. Bagi mereka, kegagalan memberikan informasi terbaik dan hilangnya kepercayaan para pelanggan adalah sebuah ancaman besar bagi bisnis itu sendiri. 

Jadi sebenarnya, inovasi para agen perjalanan di dalam dunia virtual ini akan sangat menguntungkan Anda. Terutama, Anda bisa menghemat banyak tenaga dan waktu sesuai dengan apa yang telah dihadiahkan oleh teknologi bagi kehidupan Anda.