Menitipkan koper di Changi Airport - Transit di Singapore merupakan favorit saya. Biasanya untuk menggunakan pesawat low cost, transit seperti di Kuala Lumpur atau Singapore hal yang lazim. Nggak tanggung-tanggung untuk menuju pesawat berikutnya bisa sampai 8 hingga 12 jam lamanya. Ya, maklumlah demi tiket murah, "garing" di bandara pun saya lakukan.



Nah, biasanya sistem pesawat tersebut ada yang menggunakan fly thru (Air Asia) atau connecting flight (Tiger Air) dengan bagasi yang langsung di transfer ke pesawat berikutnya. Adapula yang tidak rela mengambil connecting flight karena biaya tambahannya lebih mahal, jadi harus mengambil bagasi ketika transit dan keluar dari imigrasi.

Kalo tidak mengambil paket connecting flight dan transit minimal 8 jam, saya selalu menitipkan koper di Changi Airport. Left Baggage atau penitipan koper ini ada di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3, semuanya sudah pernah coba. Harganya semuanya sama, dan pilihan saya berdasarkan terminal kedatangan.

left baggage changi airport
Left Baggage, Terminal 2

Yang akan saya share di sini adalah tempat penitipan di Terminal 2. Lokasinya cukup mudah, dari pintu keluar kedatangan, belok kekanan, lalu berjalan lurus hingga menemukan tanda papan penunjuk menuju "left baggage".


left baggage changi airport 6

Berikut lokasinya di beberapa terminal :


Terminal 1 

Level 3, Public Area 
Departure Transit Lounge, Level 2, Transit Area

Terminal 2  
Arrival Hall North, Level 1, Public Area 
Departure Transit Lounge, Level 2, Transit Area 

Terminal 3 
 Level 1, Public Area 
Departure Transit Lounge, Transit Area


Sewaktu menitipkan koper, berat koper akan ditimbang di tempat yang sudah disediakan. Harganya memang mahal, tapi apa sih yang nggak mahal di Singapore, air mineral aja mahal. Untuk berat di bawah 10 kg dikenakan SGD 3.21, di atas 10 kg, SGD 4.28 dan lebih dari 30 kg dikenakan SGD 8.56. Harga tersebut dikenakan per koper, jadi nggak bisa include beberapa koper. Seperti saya kemarin membawa 2 koper jadi yang dikenakan adalah SGD 8.56, dengan berat kedua koper di bawah 30 kg.


left baggage changi airport 5
Ditimbang dulu ya badannya kopernya

Mahal ya? Dari pada mati gaya di Changi Airport, menitipkan koper pun rela deh. Semua penitipan koper di Changi Airport ini buka 24 jam. Mau diambil pagi shubuh atau tengah malam pun bisa. Sewaktu akan membayar, kita akan ditanya mau ambil jam berapa? Biasanya saya menggunakan perkiraan kapan pengambilan kopernya, seringnya nggak on time tapi nggak masalah kok.

left baggage changi airport 1
Price List, ngga pake syok ya lihat harganya



Kalo ambilnya jam nggak wajar seperti subuh dan melihat counternya sepi, kita bisa membunyikan bel yang ada di counternya. Nanti penjaga koper akan muncul dan mengambilkan koper kita. Biasanya mereka tidur kalo pada jam yang nggak wajar, jadi kalo tampang mereka jutek ya harap maklum he..he...he.. Jangan lupa tunjukkan nota pembayaran yang diberikan kita untuk pengambilannya.


Nah, kalo koper sudah dititipkan di Changi Airport, maka kita bebas berpetualang naik MRT untuk menuju kota. Tapi ingat ya, jam MRT hanya sampai 12 malam, jangan sampai lupa waktu dan harus naik Taksi yang merogoh kocek.


left baggage changi airport 3
Tanda bukti pembayaran