Pertengahan bulan puasa tahun ini saya membuka bisnis keluarga sebuah mie yang lagi kekinian. Semuanya benar-benar dari nol, diawali dari hobi makan, suka nulis di blog tentang makanan dan berakhir dengan membuka kuliner cafe. Bisnis baru tentu dibarengi dengan belajar, nggak hanya tentang konsep makanan, namun juga harus pintar mengelola keuangan bisnis yang disebut akutansi.




Saya sendiri nggak punya "pegangan" dalam belajar akuntansi, hanya bekal mata kuliah akuntasi sewaktu zaman kuliah yang sudah puluhan tahun terpendam. Ternyata nggak semudah nulis blog, karena sistem excel lebih rumit dari yang saya bayangkan. Analisis laporan keuangan itu harus rapi mulai dari penjualan, pembelian atau order barang harus dicatat setiap detailnya agar kita tahu keuntungannya.




Berbekal sering diundang meliput cafe, jadi saya juga sekalian tanya dengan para bisnisman yang sudah sukses tentang mengelola akuntasi. Ternyata mereka kebanyakan menggunakan "Seventhsoft Accounting software akuntansi, murah dan terintegrasi" yang memberikan solusi lengkap dengan 7 fitur premium seperti mudah digunakan, multi database, gudang, satuan, lokasi, pelanggan dan vendor, fasilitas pencarian, sorting data, info transaksi, terintegrasi dan sistem keamanan memadai, fasilitas backup telah di kompresi, ditambah lebih dari 150 laporan 

Paket produk Seventhsoft ini ada banyak, meliputi basic, standart, premium, apotek, kontraktor, printing dan resto. Seperti pilihan Seventhsoft Resto memiliki kelebihan dalam memudahkan menjalankan usaha resto untuk mempermudah dalam masalah laporan keuangan yang dilengkapi dengan Manajemen Reserve atau Manajemen Pemesanan yang terkendali.

Dalam Seventhsoft Resto juga ada manajemen asset dan penyusutan aktiva tetap. Serta laporan neraca standard, neraca ke kanan, neraca saldo, laba/rugi bulanan, laba/rugi tahunan, laba/rugi per item, dan sebagainya. Modal hanya dengan Rp. 4.000.000,- (paket resto) maka kita akan mendapatkan software resto yang sangat menguntungkan dalam mengelola keuangan karena bisa export laporan ke excel secara rapi.

Selain itu Seventhsoft Resto membantu waitres/pelayan dalam mengatur order ke pengunjung, seperti memasukkan order langsung terkirimkan ke bagian dapur. Jadi jangan heran kalo ngelihat waitres di hotel atau restaurant besar pelayanannya cepat tentu dibarengi dengan teknologi yang canggih. Waitres/pelayan juga tidak akan dipusingkan dengan menu yang didiskon karena Seventhsoft Resto juga bisa melihat hanya menu yang didiskon, bisa ditur hari dan jamnya juga member yang berlaku diskon. Bisa juga mengontrol makanan yang belum dimasak, jadi tidak perlu repot waitres melihat ke dapur untuk memastikan pesanan yang telah selesai.

Dalam reservasi juga mengatur reservasi dari pengunjung, setting menu sold out dan top menu, pengaturan menu di meja jika ada reservasi dalam jumlah besar. Stock bahan makanan juga dapat terkontrol sesuai dengan kebutuhan restoran. Juga dapat cek stock dan laporan penjualan secara lengkap. Intinya sih Seventhsoft Resto ini sangat memudahkan dalam membangun dan mengembangkan manajemen restoran.

Untuk laporan keuangan yang lengkap maka bisa ambil seventhsoft accounting premium yang harga 7juta (sehingga bisa sinkron sampai laporan keuangan) untuk masukkan biaya-biaya, laporan hutang, sampai neraca-laba rugi




Selain itu ada juga Seventhsoft Premium Accounting. Seventhsoft Premium bisa digunakan untuk sistem pembukuan distributor dengan sistem surat jalan dan nota dengan lebih fleksibel. Dari satu nota pemesanan Customer, user dapat cetak 1 nota tagihan dari beberapa nota surat jalan. Terdapat management untuk Perakitan, untuk usaha home industri maupun manufaktur standart. Dalam pengontrolan Stok, Hutang-Piutang, Kas-Bank, sampai Laporan Keuangan. Harganya Rp. 7.000.000.

Beberapa keuntungan menggunakan Seventhsoft diantaranya : 
  1. Cepat mengetahui laba dan rugi yang sangat berguna untuk pengambilan keputusan untuk segera menanganinya. 
  2. Mengetahui Kondisi Keuangan Bisnis 
  3. Tiap Saat Mengelola Hutang Piutang Dengan Mudah 
  4. Memudahkan pengelolaan persediaan secara lengkap. 
  5. Tampilan Seventhsoft yang menarik membuat semangat untuk membuat akuntansi keuangan.
Sisten Seventhsoft ini sangat mudah digunakan sesuai dengan mottonya yaitu "seventhsoft make it simple." Tapi jika masih bingung menggunakannya ada pelayanan jasa implementasi seperti konsultasi, pendampingan dan penyesuaian cetakan form. Semua kebutuhannya pun menyesuaikan dengan kebutuhan akuntansi yang kita inginkan, jadi yang masih bingung memilih paket akuntansi bisa konsultasi terlebih dahulu.


Beberapa alasan menggunakan Seventhsoft yang sangat berbeda dengan sistem akuntansi lainnya yaitu User Friendly, pengelompokan produk, sistem keamanan dan integritas data, riset dan inovasi, analisa laporan keuangan, jasa dan layanan, serta testing. Terlihat sederhana namun banyak manfaatnya sesuai dengan Moto Sevensoft Make It Simple.

Nggak perlu khawatir juga tentang layanan purna jualnya karena sangat memuaskan. Seventhsoft ini juga mudah dihubungi melalui Whasapp, Email maupun Telepon pada senin hingga sabtu pada jam kerja.  Kini yang membuka usaha resto seperti saya, nggak perlu pusing memikirkan akuntansi. Progamnya yang sangat mudah digunakan sangat membantu untuk segera mengetahui keuntungan dan kerugian yang dihadapi. Cukup hubungi Seventhsoft di :

Kantor Pusat
Ruko Rungkut Makmur C-30,
JL. Raya Kali Rungkut, Rungkut 
Surabaya 60234 

Menara Standard Chartered, 30th floor
Jl. Prof Dr. Satrio Kav 164
Jakarta Selatan
12930 

Hubungi Kantor Pusat
Phone: +62 31 8781909
Email Address: marketing@seventhsoft.net 

Hubungi Kantor Jakarta
Phone: 021 25555663 

Instagram : @seventhsoft_accounting

Twitter : @seventhsoft

Facebook : seventhsoft