Katanya kalo ingin kuliner yang enak-enak maka mampirlah ke warteg atau kuliner lokal. Nah, kalo pengen OOTD dipajang di instagram dan dianggap gaul maka mampirlah ke kafe ngehits di kota yang dikunjungi. Galau yah antara pengen pajang foto instagram atau pengen kuliner enak, seperti sewaktu saya ke Malang, akhirnya saya memutuskan mencari kulineran lokal aja yang bukan kafe. Targetnya yaitu Sate Gebug, sego sambel cak uut, dan warung lamongan Cak Rie.

Sate Gebug
Kalo gemar mantengin acara kuliner yang ada di TV seperti yang sering saya lakukan, pasti tahu banget sama sate gebug yang ada di Malang. Ini kuliner sering banget dijadikan "jujugan" bagi penggemar kuliner lokal. Iya maklum katanya sejak tahun 1920-an.

sate gebug 2
Sate Gebug Malang
sate gebug malang

Seperti biasa kalo kulineran lokal jangan dibayangin kalo tempatnya mewah, lokasi sate gebug ini berdampingan dengan Mc.D dan didepannya ada traffic light. Rempong kalo yang bawa mobil, kemarin saya parkir mobilnya di Mc.D trus jalan kaki ke Sate Gebug, untung dekat banget jalannya jadi meskipun jalan kaki perut aman nggak lapar lagi.

Ini pertama kalinya saya ke Sate Gebug, saya memesan sate daging dan nasi Rp. 30.000,-, sayur sop Rp. 25.000,-, 2 tempe @Rp. 6.000,- dan minumnya es teh @Rp. 3.000,- Sate daging ini porsinya untuk 1 orang, ukurannya besar dan padat, jadi maklumin kalo harganya pertusuknya Rp. 25.000,- dan ditambah dengan nasi Rp. 5.000,- Daging yang ditusuk adalah daging sapi bukan kambing, dagingnya empuk dan warna hitamnya nggak berasa pahit.

image
Sate Daging pertusuk Rp. 25.000,-
image

Sayur sop sebagai pelengkap dari sate daging ini kaya akan kuah kaldu. Serasa makan sop si mbah saya yang ada di desa. Lalu didepan meja ada tempe goreng yang ukurannya besar banget, mau ambil sempat ragu karena takut sama harganya ^^ Ternyata harganya Rp. 6.000,- masih aman. Rasanya juara banget, dari kacang kedele 100% tanpa tambahan yang aneh-aneh. Kalap banget akhirnya nambah jadi dua, apalagi kalo dicocolin pakai sambal kecap semakin nikmat.

sate gebug 3
Sayur Sop
sate gebug 1
Tempe
Overall sate gebug ini wajib banget didatangin, harganya memang mahal namun sebanding dengan kualitasnya. Saya kemarin berdua habis Rp. 105.000,- kalo anak saya karena melewati Mc D jadi tergiur beli di Mc D, dasar bocah...



Sego Sambel Cak Uut
Sego sambel cak uut ini beberapa kali seliweran di instagram yang diposting sama food blogger Malang. Jadilah sego sambel cak uut menjadi target saya kulineran di Malang. Lokasinya berada di sebuah gang di kawasan Dieng dan tidak jauh dari Malang City Point, kemarin sih saya dibantu GPS jadi selamat nggak nyasar.

Saya memesan penyetan cumi, penyetan cumi petai dan tempe penyet. Kaget banget lihat nasinya yang banyak banget, agak nggak sebanding sih sama cuminya, tapi dengan harga Rp. 20.000,- masih masuk akal dikantong.

image
Nasi Cumi
image
Nasi Cumi Petai
image
Tempe Penyet

Cuminya enak dan nggak amis, saya campur sama nasi panas dan sambalnya jadi satu. Rasa pedasnya benar-benar menggelegar, saya sampai nangis dan keringatan. Pedasnya sampai ingat sama sambal bawang Mbah Djayus yang juga langganan saya kalo lagi di Malang. Overall cukup recommended buat pecinta pedas.



Warung Lamongan Cak Rie
Kalo warung lamongan cak rie ini andalan seafood saya di Malang. Suka banget sama harga dan rasanya. Pas lewat sekitaran daerah Lavalette paling nggak bisa kalo nggak berhenti di warung lamongan cak rie ini, apalagi bukanya tuh sampe malam bikin perut semakin lapar.

image
Gurame Bakar

Pesanan yang saya sukai adalah cumi asam manis sama gurame bakar. Tapi kalo pengen menu lainnya seperti ayam, kakap, kerapu, dorang, mujair, udang, kerang atau kepiting tersedia dengan lengkap. Kemarin saya habisnya sekitar Rp. 60.000,-an kenyang dan puas.

cak rie malang 2
Cumi Asam Manis
Keistimewaan dari Warung Lamongan Cak Rie ini adalah bumbu masakannya meresap banget kedalam semua makanannya, kayak daging ikannya tuh hingga ke dalam nggak hambar. Apalagi dicocolin sama sambalnya bau khas sambal mentah enak banget. Sayangnya di sini sambalnya pelit banget ngasihnya, nggak sebanding sama ukuran pisangnya dan tempat sambal yang bukan di cobek sedikit mengurangi nikmatnya makan yang serba lalapan.


cak rie malang
Sambal mentah