Awal cerita saya menginap di Westin Nusa Dua, Bali, ini karena saya mendapatkan hadiah dari AirAsia untuk menginap selama 2 malam. Ya lah nggak mungkin saya menginap pakai uang sendiri karena harga permalamnya bisa mencapai 5 juta. Wajar sih harga segitu karena Westin merupakan jaringan internasional, begitu pula dengan standarisasi yang diterapkan seperti pelayanannya.

BeautyPlus_20180422171515086_save-01

Saya cukup kesulitan untuk menentukan tanggal check inn karena di hari weekend hampir semua kamar di Westin Nusa Dua selalu terisi penuh. Belum lagi ketika saya telepon harus memakai operator dulu lalu baru bisa disambungkan ke bagian booking khusus online, ditambah lagi mereka harus lapor manager dulu untuk kepastiannya. Sekitar dua minggu saya mencocokkan jadwal dengan mereka, akhirnya kami sekeluarga bisa menginap di Westin Nusa Dua, Bali.

Transportasi ke Westin Nusa Dua, Bali
Transportasi sangat mudah dengan panduan GPS, saya lancar menuju Westin Nusa Dua dengan menggunakan mobil sewaan lepas kunci. Untuk ke Westin Nusa Dua, Bali harus melewati tol mandara yang biayanya 11,5k. Kesulitannya cuma saat mengisi e-toll, ternyata Alfamart atau Indomaret di Bali hanya menerima toll card dengan jaringan flazz. Padahal saya punya e-money dari Mandiri dan Brizzi dari BRI, untung saya sadar kalo kartu kredit BCA saya bisa di top up untuk Flazz.

Kawasan Nusa Dua ini banyak deretan hotel kelas mewah, pemeriksaan pun berlapis-lapis sebelum masuk ke Nusa Dua. Itu belum masuk hotel loh, hanya masuk kawasan hotel bintang lima seperti Grand Hyat, Sofitel, Melia dan hotel lainnya yang rata-rata memiliki view pantai sendiri. Jadi masuk kawasan Nusa Dua ini kami “melongo” karena takjub. Untuk Grab Uber dilarang masuk ke kawasan Nusa Dua, amannya naik taksi resmi atau sewa mobil seperti kami.

Check Inn
Semua kendaraan di Westin Nusa Dua, Bali diwajibkan valet parking. Setelah itu wajib x-ray semua barang bawaan saat masuk. Meskipun bawa kresek belanjaanpun wajib diperiksa. Setelah itu menuju counter check inn. Seperti biasa akan ada welcome drink dan handuk basak untuk mengusap wajah. Lalu setiap anak-anak mendapatkan botol minuman dan jadwal kids club yang ada di Westin Nusa Dua.

Check inn nya sih cepat banget, dan setiap tamu otomatis menjadi member SPG yang apabila menginap akan mendapatkan poin yang jika dikumpulkan akan mendapatkan gratis menginap. Kalo saya sih pesimis mengumpulkan poin, karena menginapnya juga karena dapat hadiah wekekeke... Setelah check inn selesai, lalu mendapatkan nomor kunci. Kami diantarkan menuju kamar yang berada di lantai 2.

Deluxe Garden Include Breakfast
Saat menuju ke kamar, di koridor Westin saya melihat ada kesan kuno, maklum hotel ini dibangun pada tahun 1991 lalu ada renovasi pada tahun 2011. Kesan kuno cuma ada di koridor, sedangkan lobby nya tetap mewah.

Di Westin Nusa Dua saya mendapatkan kamar dengan pemandangan taman. Di koridor depan suasananya taman, begitu pula di balkon terlihat taman. Ada beberapa pemandangan kamar yaitu garden, poll, dan ada juga yang premium. Harganya mungkin bisa dicek langsung di online, karena harganya akan berbeda di weekday dan weekend. Seperti kamar yang saya tempati harga termurah bisa 2,7 juta, tapi jika tanggal merah atau lagi liburan sekolah bisa melonjak hingga 5 juta.

2018-04-22 12.44.30 1-01

2018-04-22 12.44.29 1-01

Fasilitas di kamar mandi ada bathup yang lengkap dengan toileteriesnya. Di kamar ada sofa untuk bersantai, kulkas, mini closet, heater untuk membuat kopi dan teh. Ada 4 botol air minum. TV yang lengkap dengan channel internasional. Tentunya tempat tidur dengan standarisasi hotel bintang lima. Kamarnya pun kedap suara, tidak akan terdengar suara dari luar maupun derap kaki melangkah.

2018-04-22 12.44.28 1-01

2018-04-22 12.44.26 1-01

2018-04-22 12.44.27 1-01

Kids Club
Anak saya langsung antusias ketika mendapatkan jadwal kegiatan yang ada di Westin Nusa Dua. Jadi kids club ini merupakan fasilitas gratis karena Westin Nusa Dua berkonsep family. Pantes aja waktu di Westin Nusa Dua tuh banyak wisatawan asing yang mengajak anak-anaknya untuk menginap di hotel ini.

Untuk masuk ke Kids Club ada jadwalnya mulai dari jam 9 pagi hingga 5 sore, tapi di hari tertentu bisa sampai jam 9 malam karena ada agenda stargazing. Masuk ke Kids Club ini wajib registrasi dulu yang tujuannya untuk mencatat no telepon orang tua. Anak-anak bisa ditinggal di Kids Club sementara bapak emaknya bisa berjemur di pantai. Tapi anak saya nggak mau ditinggal jadi ya saya nunggu.

Kegiatan di hari itu adalah membuat clay, yaitu pigora kertas karton daur ulang yang diwarnai kemudian ditempeli dengan kerang. Teman-temannya rata-rata anak-anak bule, untung Nay nggak kesulitan berkomunikasi karena sejak umur 3 tahun dia sudah belajar bahasa Inggris. Malah dia semangat mengikuti Kids Club karena dia memang suka melatih bahasa Inggrisnya.

Selain jawal kegiatan yang sudah ditentukan, ketika ada anak yang nggak mau kegiatan sesuai jadwal mereka tetap bisa bermain sesuai dengan keinginan mereka. Ada yang bermain kartu, menyusun balok, bahkan ada mini playground di dalam ruangan. Semua stafnya ramah banget sama anak-anak. Beberapa malah ada yang sudah kenal akrab sama stafnya, mungkin mereka tiap hari bermain di Kids Club.

Pool
Sebagai hotel bintang lima, pasti tidak akan terlepas dari kolam renangnya yang harus mewah. Kolam renang di Westin ini dibuka pagi sekitar jam 6 lalu ditutup jam 6 sore. Ketika malam sudah tidak diperbolehkan lagi berenang.

Selain kolam renang khusus dewasa, kolam anak-anak ini luas banget dengan segala fasilitasnya. Ada perosotan dan juga ada pancuran. Mulai dari bayi sampai anak setengah gede bisa memilih kolam renang dengan kedalaman yang dikehendaki. Lalu untuk handuk dan plastik baju kotor juga disediakan

Di sekitaran kolam renang ada banyak tupai dan burung-burung. Bahkan saya melihat burung merak yang asik bermain di sekitar kolam renang. Sepertinya hewan-hewan ini sengaja dipelihara agar taman Westin terlihat asri. Oia, sewaktu saya masuk di halaman hotel, saya juga sempat melihat monyet yang berada di halaman yang berlarian.

Breakfast
Paling semangat tuh ngomongin menu breakfast ya, sampai saya semalam sudah kepikiran besok harus makan apa aja wekekeke…. Menu di Westin Nusa Dua ini banyak pilihannya, mulai dari Japanese semacam sushi, Eropa yang lengkap dengan roti serta selai dan margarine-nya, Indonesia dengan nasi campur, lawar maupun krupuk, ada juga mie semacam tom yam dan ramen.

Dessert pun lengkap ada creepe, ice cream, roti, cake dan aneka juice maupun yogurt yang dicampur-campur seperti smoothie. Tak ketinggalan buah beraneka ragam. Pilihan menu telur ada boiled egg, Scamble Egg, Fried Egg, Omelette, Poached Egg, dan Egg Benedict. Kalo bingung tentang bentuk telur di atas, silahkan googling. Tapi karena saya pecinta omelette ya saya pesan omelette. Duh omelette di Westin luar biasa enaknya, benar-benar terasa susu dan keju mozzarella di dalam telur. Ada isian seperti sosis, jamur, tomat dan lainnya. Saya malah habis dua omelette wekekeke karena saking enaknya. Kalo gini saya bakalan kangen Westin karena omelette nya.

Oia, di Westin untuk anak-anak ada charge-nya sekitar 125rb untuk biaya sarapan. Harga kamar hanya berlaku untuk makan pagi 2 orang saja :)

Fasilitas di Westin Nusa Dua
Di Westin Nusa Dua, Bali ini memang banyak banget fasilitasnya, saking luasnya saya sampai seharian menikmati fasilitas yang ada. Mulai dari makan pagi, berenang, kids club dan nongkrong di pantai yang letaknya di belakang Westin. Laut Nusa Dua tuh tenang banget, jadi banyak para orang tua yang berendam bersama anak-anaknya ditepi pantai.

BeautyPlus_20180422171303717_save

Bahkan ada yang bermain pasir tanpa takut terkena ombak. Kursi pantai juga banyak disediakan tanpa harus pesan makanan, kecuali yang bed seperti tempat tidur itu harus pesan makanan. Kalo malam ada live dj di sekitaran pantai, yang tentunya gratis.

Restoran di Westin Nusa Dua ini juga banyak banget, ada the lobby bar and lounge, ikan beachfront restaurang and abar, Prego Italian Restaurant, Hamabe Japanese Restaurant, Velada Tapas Bar and Kitchen, Seasonal Tastes, By The Water. Ada juga konsep all you can eat dengan menu seafood yang viewnya bisa lihat kolam renang dan pantai dengan nama “Full Moon BBQ Dinner” yang harganya mencapai 450k/orang. Tinggal pantengin aja website Westin Nusa Dua, disitu lengkap banget nama restoran beserta harganya.

Nah saya makan malam di mana? Saya cuma nongkrong di pantai sambil makan kacang Bali terus lihat bulan bikin saya kenyang.

Overall saya cukup puas menginap di Westin Nusa Dua, Bali mulai dari kebersihan, fasilitas kamar, fasilitas hotel, kids club, pantai sepertinya tidak ada yang salah sedikitpun. Staf nya pun ramah banget selalu tersenyum dan nyapa, bahkan saya kalo makan juga harus senyum-senyum karena setiap mereka lewat meja saya selalu tersenyum. Ya, ada harga yang dibayarkan sesuai dengan keramahan dan pelayanan yang kita dapatkan.