Malam itu ketika sudah sampai di hotel, perut saya bergemuruh lapar, padahal jam sudah menunjukkan pukul 20.00. Pengennya sih kulineran yang anti mainstream dan seafood. Kalau denger seafood pasti mikirnya mahal, apalagi di luar negeri. Eh, tapi setelah browsing langsung ketemu sama kuliner seafood murah di kuala lumpur (Portuguese Grilled Fish)

Portuguese Grilled Fish berada di kawasan petaling a.k.a Chinatown di Kuala Lumpur. Buka mulai jam 18.00 s.d 01.00 (midnight) cocok banget untuk pecinta kuliner malam yang nggak takut gemuk hehehe..



How To Get There:
Waktu itu saya naik grab dari kawasan hotel di daerah Bukit Bintang, biayanya sekitar 6 Ringgit. Tapi kalau mau pakai transportasi kereta, maka rutenya : Turun di stasiun Pasar Seni station lalu jalan ke Petaling Street atau kalau mau naik bus gratis rutenya naik Go KL turun di Petaling Street. Waktu pulangnya ke hotel kawasan Bukit Bintang saya naik Go KL gratis :)

Kalau sudah sampai di Kawasan Petaling Street maka masuk aja ke daerah pasar kaki lima yang menjual aneka makanan dan aksesoris. Mulailah pakai GPS lalu tulis " Hong Leong Bank, Petaling Street", Portuguese Grilled Fish ini berada di etalase depan Hong Leong Bank.

Portuguese Grilled Fish ini hampir tidak terlihat kalau dari jalan utama karena berada dibalik penjual Es Air Mata Kucing dan para penjual lainnya. Patokannya cuma Hong Leong Bank. Oia, ada dua sisi penjual seafood yang berbeda yang sama-sama di kawasan Hong Leong Bank. Perhatikan gambar yang sesuai dengan foto saya dan penjualnya supaya tidak bingung atau salah :)

IMG_2284-01

Menu di Portuguese Grilled Fish:
Karena warung seafood maka menunya juga seafood seperti ikan sotong, ikan pari, udang, dan kerang. Kalau di Malaysia kerang itu di sebut juga lala :)

Dalam satu menu terdiri dari mixed seafood bisa sampai 2, 3, dan 4 macam seafood yang dibungkus kertas alumunium. Saya memilih yang sotong + udang dan sotong + lala yang berukuran small. Kalau yang small harga rata-rata 11-14 Ringgit. Nggak jauh beda harganya sama di Indonesia.


IMG_2267-01
Harga menunya

Untuk minumnya ada es air mata kucing yang bisa dipesan di penjual sebelah kedai ini.


Puas Makan di Portuguese Grilled Fish
Seperti biasa jiwa blogger langsung keluar kalau lagi kulineran, melipirlah saya melihat penjualnya meracik setiap seafood yang dibungkus kertas alumunium foil ini.


IMG_2270-01
Diracik dulu
IMG_2269-01
Kerang sebelum dibakar

Di depan si paman penjual itu sudah ada kayak bumbu-bumbu yang sudah diblender, jadi seafood yang diletakkan di kertas alumunium foil ini bagian tengahnya ada lembar daun pisang, lalu dituang kuah bumbu. Setelah itu dipanggang di tungku dengan bara api. Sepertinya waktu kulineran kami beruntung karena suasananya tidak ramai, karena saya beberapa kali membaca beberapa blog biasanya harus antri hingga satu jam.

IMG_2272-01
IMG_2274-01
Dibakar sekitar 15 menit

Ketika alumunium foil saya buka, aroma dan uapnya langsung mengepul menyeruak. Bumbu sausnya kental dan rempahnya kuat. Katanya sih di Portuguese Grilled Fish ini terkenal sama rasanya yang pedas, tapi menurutnya saya pedasnya masih normal dibandingkan penyetan di Surabaya.

Untuk rasa ada manis, pedas dan gurih. Setiap menu rasa bumbunya sama, yang membedakan adalah isinya saja. Isinya juga tidak pelit kalau mau hemat yang ukuran small bisa untuk dua orang.


IMG_2283-01
Bumbunya :)

Rasa seafood dengan bumbunya menyatu..nggak ada bau amis sama sekali. Paling suka sama ikan sotong sama kerang yang rasanya kenyal-kenyal. Bestlah pokoknya seafood di sini.

IMG_2277-02
IMG_2278-01



Satu lagi yang menjadi ciri khas di warung ini yaitu ada bahan sayur yang tidak kami ketahui. Iseng saya main tebak-tebakan dengan teman dan suami saya. Penasaran akhirnya tanya sama penjualnya ternyata si sayur itu adalah lady finger kalau di Indonesia namanya okra. Klau di Indonesia okra jarang di masak untuk tambahan makanan, tapi katanya di Malaysia menjadi sayuran favorit.

IMG_2280-01
Wujud si Lady Fingers

Okra memang mendominasi di dalam alumunium foil sehingga membuat kami penasaran, karena kalau dicampur sama bumbu seafood nya rasa asli sayur tidak keluar karena berpadu dengan manis asinnya si bumbu. Overall kalau kalian ke Kuala Lumpur, jangan lupa untuk "Kuliner seafood murah di kuala lumpur (Portuguese Grilled Fish)" dijamin kantong akan tetap aman :)

Portuguese Grilled Fish
by Hong Leong Bank, Petaling Street
50000 Kuala Lumpur
(landmark – Hong Leong Bank)
Operating Hours:
6pm – 1am

Pakai panduan GPS ini supaya tidak nyasar: