Banyak yang bilang kalau enak banget punya kulit wajah kayak saya yang nggak perlu sering touch up tapi make up awet banget. Saya juga jarang banget jerawatan. Jenis kulit saya memang kering, ini yang membuat wajah saya jarang berkeringat dan jarang berjerawat. Padahal dalam hati saya iri loh sama kulit wajah yang normal atau berminyak karena katanya bikin awet muda.

Sebenarnya kulit kering di wajah saya sering bermasalah, ditambah dengan gaya hidup saya mandi pakai air panas dan sering kena AC. Kulit semakin kering dan sensitif ketika saya bertambah usia di atas 30-an. Kulit saya lebih kasar, apabila terkena udara dingin sedikit bersisik seperti ketat dan terkadang gatal (atopik).

Perawatan Kulit Kering
Jenis kulit memang tidak bisa diubah karena faktor genetik atau takdir hehehehe... Nah, solusinya yaitu mencari permasalahan kulit dan memecahkan solusinya. Sayapun mulai merawat kulit kering  menjadi kulit sehat dengan :
  1. Menggunakan air biasa ketika mandi atau membasuh muka
    Sudah kebiasaan saya suka banget mandi air panas. Ternyata air panas membuat kondisi kulit semakin kering. Lalu saya menggantinya dengan air suam-suam kuku karena saya belum bisa mandi 100% dengan air dingin.
  2. Mengurangi Penggunaan AC
    Seharian pakai AC itu memang nikmat banget. Selain diruangan menggunakan AC, ketika di dalam mobil saya langsung mengarahkan ke mobil jadi wajah terasa seger banget. Ternyata pengaruhnya bikin kulit semakin kering. Sekarang sih saya mulai mengurangi AC mobil yang langsung mengenai wajah.
  3. Minum Air Putih yang Banyak
    Supaya kulit lembab saya perbanyak minum air putih. Meskipun resikonya kalau ibu-ibu sering minum bakalan bikin rajin ke kamar mandi saya rela.
  4. Tidak Menggunakan Sabun Mandi Untuk Cuci Muka
    Biasanya saya suka sekalian mencuci muka dengan sabun mandi di wajah ketika mandi. Kandungan di sabun mandi itu berbeda untuk wajah, sehingga jika digunakan untuk wajah akan membuat kulit kering. Solusinya yaitu menggunakan Erhalogy Skin Barrier Facial Wash untuk cuci muka yang kandungan dan ph nya memang khusus untuk wajah.
  5. Menggunakan Face Moisturizer
    Menggunakan produk perawatan yang tepat untuk kulit kering sangat penting. Saya menggunakan Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer untuk mengatasi permasalahan kulit kering yang berfungsi untuk melembabkan.

2019-04-11_08-46-41

Erhalogy Skin Barrier Series
Merawat kulit kering memang gampang-gampang susah, saya harus selektif banget terhadap pemilihan produk yang tepat. Nah waktu saya lagi jalan-jalan ke mall nih lihat ada Erha Apothecary.

BeautyPlus_20190411204226655_save-01

Ketika saya datang saya langsung didatangi sama mbak-mbak yang ada di Erha Apothecary. Lalu saya cerita kalau kulit saya kering, sedikit bersisik dan atopik kalau lagi kering banget. Saya disarankan menggunakan Erhalogy Skin Barrier Series untuk perawatan kulit kering dan sensitif dengan produk Skin Barrier Facial Wash (Rp. 79.000,-/60 gram) dan Skin Barrier Face Moisturizer (Rp. 79.000,-/30 gram) yang di formulasikan khusus untuk kulit kering, sensitif dan atopik.

BeautyPlus_20190411204126060_save-02


Erhalogy Skin Barrier Facial Wash
Keistimewaan dari Erhalogy Skin Barrier Facial Wash ini tanpa paraben (tanpa bahan pengawet yang biasanya ada di kosmetik) & SLS (tanpa surfaktan yaitu bahan yang ada di pembersih lantai dsb). Erhalogy Skin Barrier Facial Wash diformulasikan khusus untuk kulit sangat kering, sensitif hingga atopi.

Kandungan Skin Barrier Facial Wash yaitu :

  1. Mild Surfactant, membersihkan wajah dari kotoran dan aman untuk kulit sensitive.
  2. Moisturizing Agent yang merupakan bagian dari NMF (Natural Moisturizing Factor), melembapkan dan menjaga / mempertahankan fungsi barrier kulit.
  3. Antiinflammatory Agent, untuk menenangkan dan merawat kulit yang teriritasi ringan.


  4. Mengandung aquaxyl, PHA (Gluconolactone), zinc PCA dan D-Panthenol sebagai moisturizing agent. Dilengkapi aloe vera extract dan dipotassium glycyrrhizinate sebagai anti inflamasi

Jadi cara pakainya yaitu saya mengaplikasikan ketika wajah saya sudah dibasahi. Lalu saya pijat selama 1 menit, dibilas lalu dikeringkan. Saya menggunakannya ketika pagi hari, sore dan malam sebelum tidur. Intinya sih sesuai kebutuhan atau dirasa wajah lagi kotor.

1970-01-01 07.00.00 1

Setelah menggunakan Erhalogy Skin Barrier Facial Wash ini wajah terasa lembab, dan tidak terasa ketat. Kalau lagi senyum saya merasa tidak ketarik wajahnya hehehehe....

Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer
Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer merupakan Pelembap kulit kering dan sensitif untuk wajah yang mengandung ceramide complex & soothing agent, paling efektif dalam memperbaiki & memperkuat fungsi barrier kulit sehingga sangat sesuai untuk kulit sangat kering, sensitif & atopi. Efeknya untuk mengurangi kemerahan, kulit kering dan iritasi ringan pada kulit. Selan itu tidak mengandung Paraben, perwarna, dan parfum.

Selain itu dilengkapi dengan bahan-bahan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit menjadi lembab.


  • Ceramide Complex, PHA, Zinc PCA, dan bahan moisturizer yang merupakan bagian dari NMF (Natural Moisturizing Factor) untuk melembapkan, mengembalikan dan memperkuat fungsi barrier kulit.
  • Niacinamide, Allantoin, dan DPG sebagai bahan anti-inflamasi untuk mencegah dan mengurangi iritasi yang dialami oleh kulit kering dan sensitif, serta memberikan efek soothing.
  • Vitamin E sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas, meningkatkan elastisitas dan membuat kulit menjadi halus.


  • Saya menggunakan Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer setelah wajah saya bersihkan. Saya oleskan tipis dan merata di seluruh wajah. Setelah dua minggu terasa banget setelah menggunakan Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer yaitu kulit kering saya menjadi lembab, tidak bersisik apalagi gatal. Ketika dicubit atau dipegang terasa lebih kenyal atau lembab.


    1970-01-01 07.00.00 2-01

    Erha Apothecary Ada di Mall
    Saya mendapatkan serangkaian produk OTC (over the counter) Erhalogy Skin Barrier Face Moisturizer dan Erhalogy Skin Barrier Facial Wash sewaktu saya di mall. Produk di Erha Apothecary ini bisa dibeli tanpa resep dokter. Tapi kalau kulit kering kalian mempunyai masalah yang lebih serius mengenai kulit atau rambut bisa langsung datang ke ERHA Clinic dan Erha21 terdekat untuk konsultasi dengan dokter.



    ERHA saat ini 95 cabang di seluruh Indonesia, sebagai Erha DermaCernter, Erha Clinic, Erha Apothecary, dan Erha Skin. Perawatannya yaitu ErhaSkin, Hair & Laser Expert
    Website: www.erha.co.id
    IG: @erha.dermatology




    5