Wisata paket tour ke Eropa sudah pasti menjadi incaran para traveler yang ingin menjelajahi Eropa. Untuk ke Eropa, berkunjung ke Negara Schengen dan UK biasanya dibutuhkan waktu lebih dari seminggu, atau minimal 15 hari. Persiapannya harus matang agar selama perjalanan tetap nyaman dan aman. Sebaiknya ambil paket tour ke eropa agar perjalanan menjadi terencana dengan baik.


Nah apa saja sih Persiapan Wisata ke Eropa?

  • Tentukan Negara Eropa yang Harus di Kunjungi
Negara Schengen itu ada 26 Negara yaitu meliputi Belgia, Denmark, Jerman, Finlandia, Prancis, Yunani, Italia, Luxemburg, Austria, Portugal, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia, Islandia, Malta, Estonia, Hungaria, Latvia, Lithuania, Polandia, Slovenia,Slowakia, Ceko, Swiss dan Liechtenstein (sumber kawasan Schengen Eropa dari Wikipedia). Pengennya sih pasti menjelajahi 26 Negara di Eropa, tapi kalau kalian nggak punya waktu maka harus rela untuk mengeliminasi beberapa Negara Schengen untuk menjadi tujuan wisata yang harus dikunjungi.


Biasanya Negara Eropa yang wajib dikunjungi yaitu Prancis ke Paris untuk mengunjungi Menara Eifel, Spanyol ke Madrid, Italia berkunjung ke Venice, Jerman berkunjung ke Berlin, Republik Ceko ke Praha, Belanda ke Amsterdam dan Athena di Yunani. Jika memungkinkan persiapkan juga ke Inggris meskipun tidak termasuk dalam Negara Schengen.
  • Mengurus Visa
Jika perjalanan kalian ke Negara Schengen dan Inggris maka harus mengurus visa berbeda. Visa Schengen paling mudah mengurusnya via VFS Global yang cabangnya ada di Jakarta, Surabaya dan Bali. Begitupula dengan visa Inggris (UK) bisa diurus melalui VFS Global. 

Biaya untuk pengurusan Visa Schengen sekitar 63 Euro dan Visa Inggris USD 128. Visa Schengen berlaku selama 90 hari dan Visa Inggris berlaku 6 bulan. Untuk syarat lengkapnya bisa langsung cek di VFS Global ya. 
  • Jangan Lupa Cek Musim 
Pasti sudah tahukan kalau Negara Eropa itu memiliki 4 musim. Musim dingin pada bulan Desember hingga Pertengahan Maret, Musim Semi Pertengahan Maret-Juni, Musim panas Pada bulan Juli - Agustus, dan musim gugur pada September hingga Desember. 

Biasanya saya sering cek kondisi musim ketika liburan dengan aplikasi Accuweather yang cukup akurat. Tujuan untuk mengecek musim suatu negara supaya kita tidak salah kostum dan bisa mempersiapkan barang-barang sesuai dengan musim yang berlangsung.
  • Menyusun Itinerary ke Eropa
Rencananya tahun depan saya akan ke Eropa. Pengennya sih memang satu bulan bisa menjelajahi semua tempat wisata di Eropa, namun tidak memungkinkan karena saya hanya punya waktu dua minggu saja. Itinerary dan Negara yang akan saya kunjungi berikut rinciannya: 


Hari 1
Perjalanan dari Surabaya ke Amsterdam 

Hari 2
Tiba di Schiphol Airport Amsterdam
Meletakkan koper dan check inn sore hari
Museum Square, Rijksmuseum (Museum Square), Van Gough Museum dan Vondelpark
Bloemenmart (floating flower market) 
 
Hari 3
Zaanse Schans (kincir angin)
Bloemenmart (floating flower market)
Cari Kafe instagramable di Amsterdam

Hari 4
Berangkat ke Paris naik bus dari Stolerdijk Museum
Check inn Hotel
Louvre Museum
Place De La Concorde

Hari 5
Melanjutkan Explore Paris ke Siene river cruise, eiffel, arch de triump, camp de ellyses, Notre Dame.

Hari 6
Ke Brussel dengan Flixbus.
Jalan-jalan ke manekin piss, atonium, dan grandpalace.

Hari 7
Day Trip Menuju Mt Titlis. Swiss untuk melihat salju.

Hari 8
Menuju Milan dengan bus.
Explore Milan ke Katedral Milan, Galeri Vittoro Emanuele II, La Scala, Sforza Castle, dan National Museum of Science and Technology Leonardo da Vinci. Lalu jalan-jalan sekitar kota Milan.

Hari 9
Menuju Venice dengan bus.
Keliling Venice dengan taksi perahu

Hari 10
Explore Venice Piazza San Marco, Basilica, Palazo Ducale, Correr Museum, dan ke Rialto Market.

Hari 11
Naik pesawat dari Venice ke Inggris
Check Inn Hotel
Explore sekitar hotel Camden Town



Hari 12

London Eye, Tower Bridge, Big Ben, Buckingham Palace, Westminister Abbey, Portobello Road Market.

Hari 13
Itinerary ke Harry Potter: Alnwick Castle, Leadenhall Market, King Cross dan Warner Bros Studio Tour.

Hari 14

Perjalanan dari Inggris ke Surabaya


  • Mempelajari Sistem Transportasi
Sudah pasti saya harus mempelajari sistem transportasi yang ada di Eropa di itinerary yang sudah saya tulis. Itinerary meliputi Tram, Bus, Kereta dan juga pesawat. Seperti di London ada dua transportasi umum yaitu Tube (kereta bawah tanah) dan DLR (Kereta atas tanah). Di Amsterdam ada Bus, Trem dan Metro. Biasanya saya juga download aplikasi transportasi untuk memudahkan perjalanan saya.




Wah nggak sabar rasanya segera berkeliling wisata ke Eropa. Negara Roma dan Yunani belum saya masukkan dalam itinerary ini karena waktu yang terbatas. Negara Eropa Amsterdam, Paris, Brussel, Venice, Swiss dan Inggris semoga bisa mewakili negara-negara Eropa yang belum saya kunjungi.