Tulisan ini saya buat karena banyak banget yang minta dibuatkan itinerary wisata dan kuliner ke Johor Bahru. Kebetulan saya sering banget ke Johor Bahru karena AirAsia sering mengadakan promo tukar point. Biaya hidup di Johor Bahru hampir sama dengan Surabaya jadi ke Johor Bahru nggak bikin kantong bolong, kecuali kalau mau masuk semua theme park -nya.

Destinasi wisata Johor Bahru cocok banget untuk keluarga karena banyak theme park. Pun yang dewasa juga banyak wisata belanja dan kuliner. Untuk ke Johor Bahru 4 hari 3 malam atau 3 hari 2 malam rasanya cukup untuk menghabiskan semua wisata dan kulinernya.



Hari ke-1

Senai Airport - JB Sentral
Kalau dari Surabaya penerbangan AirAsia ke Johor Bahru enak banget jamnya, karena berangkat pukul 06.45 - 10.20. Setelah melalui proses imigrasi, untuk ke kota naik AA1 ke JB Sentral. Pembelian tiketnya tidak bisa langsung bayar ke driver tapi ke counter di Ground Floor nggak jauh dari pintu keluar bandara. Bus-nya ada setiap satu jam sekali dan harga tiketnya RM 8.

Kalau dulu busnya CWA sekarang AA1


JB Sentral - Citrus 
Hotel Perjalanan ke JB Sentral sekitar satu jam. Selanjutnya saya beli DIGI Sim card harganya RM 20 dapat 9GB untuk 7 hari.

Untuk hotel saya suka menginap di kawasan sekitar Johor Bahru City Square yang lokasinya persis di dekitaran JB Sentral. Menurut saya kalau sekitar JB Sentral akan mudah transportasi naik bus keliling Johor Bahru dan dekat ke Hispter Street kawasan kuliner.

Saya menginapnya di Citrus Hotel, dari JB Sentral tinggal jalan kaki aja. Nanti kalau mau keluar dari JB Sentral pilih pintu keluar yang menuju ke JB City Square Mall, karena pintu keluar masuk JB Sentral ada banyak kalau salah keluar maka akan bikin bingung.

Getting There Citrus Hotel :
  • Dari JB Sentral ambil exit ke Tun Abdul Razak
  • Turun dari eskalator lalu belok kiri, nanti anda melihat johor bahru city square mall.


  • Dari situ beloklah kekiri sampai terlihat jembatan penyeberangan dan terlihat Central Hotel.

  • Jika sudah terlihat Central Hotel maka menyeberanglah. Menyeberangnya ngga perlu naik jembatan penyeberangan karena banyak kok yang menyeberang langsung. Ikuti saja orang-orang menyeberang.

  • Setelah Jembatan nanti langsung terlihat Citrus Hotel, lokasinya dibelakang Central Hotel


Referensi Hotel di sekitaran JB Sentral yaitu 
  • Citrus Hotel (lokasi 300 meter dari City Square Mall, rate 500 ribuan) 
  • Bagus City Hotel (lokasi 300 meter dari City Square Mall, rate 450 ribuan) 
  • Bello Hotel (lokasi 400 meter dari JB City Sqaure mall, rate 400 ribuan, dekat pusat kuliner Jalan Wong Afok). 
  • Double Tree by Hilton Johor Bahru (lokasi 700 meter dari JB City Square, rate 1 juta)
  • Meldrum Hotel (lokasi 300 meter dari JB City Square mall, rate 300 ribuan, dekat pusat kuliner).



Hipster Street
Check inn hotel itu rata-rata jam 3 sore, jadi saya belum bisa check inn maka lanjut jalan-jalan ke Hipster Street untuk cari makan siang. Rute mudah ke Hispter Street dari Citrus Hotel sekitar 500 meter yaitu:


Getting There Hipster Street Johor Bahru (Titik Awal dari Citrus Hotel):
Citrus Hotel

  • Menyeberanglah menuju restoran tersebut dengan melewati jembatan kecil. Karena sedang ada renovasi maka jalannya rusak.

  • Setelah melewati jembatan tadi, maka beloklah ke kiri melewati kedai makanan seperti food court.
fotonya ngeblur

  • Nah karena sedang ada pembangunan, dari food court tersebut jalannya akan menciut dengan melewati jalan kecil dan tempat sampah hehehe Jalan saja melewati jalan tersebut sambil mengikuti orang-orang hingga bertemu dengan kuil.

  • Jika sudah bertemu dengan kuil maka beloklah ke kanan.

  • Setelah belok berjalan lurus sampai bertemu dengan perempatan mall Galleria yang berwarna merah.

  • Jika terlihat mall maka beloklah ke kiri dan berjalan lurus lagi sekitar 400 meter.


  • Berjalanlah sampai dengan bertemu "Hua Mui Restaurant" yang terletak di sudut jalan
  • Nah, Jalan Dhobby jika dari Hua Mui Restaurant itu belok kanan. Disitu merupakan kawasan Hipster Street
  • Sedangkan jika Eh Hee Cafe dari bangunan Hua Mui Restaurant masih berjalan lurus lagi dan bertemu di Jalan Trus.

Kawasan hipster street merupakan kawasan cafe atau tempat nongkrong anak muda Johor Bahru. Selain kafe, tempatnya juga cantik karena sekelilingnya terdapat mural yang bisa buat foto-foto.







Kalau ke Hispter Street saya selalu kangen sama kuliner lokal di It Roo Cafe yaitu menu utamanya Chicken Chops. Chicken Chops merupakan dada ayam di fillet lalu dikasih tepung lalu disiram sama mushroom sauce, pakai kentang dan minumnya teh tarik uuuh lezat.




Siapin aja pengeluaran makan dan minum sekitar RM 20. Di Hispter Street ini pokoknya area terfavorit saya kalau lagi di Johor Bahru, selain makan berat saya juga ngopi dan nyemil di kafe-kafe-nya. Area Hispter Street ini semakin sore hingga malam semakin ramai.



Selanjutnya saya kembali ke Citrus Hotel. 

Ke Johor Premium Outlet 
Kalau hari pertama traveling saya selalu memasukkan itinerary yang tidak terlalu padat karena sering banget jetlag. Jadi di hari pertama saya memutuskan ke Johor Premium Outlet. 

Saya naik bus JPO1 (RM4.5) yang jam 17.00 sore dari JB Sentral. Sampai lokasi sekitar 1.5 jam perjalan, memang lokasinya jauh dari pusat kota dan melewati perkebunan kelapa sawit yang panjang. 

Di Johor Premium Outlet saya selalu menemukan diskon murah berbagai merek, kayak VNC, Guess, Cotton On, Levis dan merek branded lainnya. Untuk makan malam saya sekalian makan di Food Court Johor Premium Outlet.





Resikonya kalau ke Johor Premium Outlet jam 5, maka cuma ada waktu jalan-jalan cuma dua 2 jam karena bus terakhir jam 20.50. Lewat dari jam itu transportasi semacam taksi bakalan mahal. Ulasan Johor Premium Outlet bisa di cek link-nya ya...



Sampai di JB Sentral saya langsung kembali ke Citrus Hotel. Tapi saya mampir dulu ke supermarket untuk beli snack. Sekitaran Citrus Hotel kalau malam itu seperti area prostitusi jadi banyak banget cewek-cewek India yang pakai baju mini berdiri di pinggir jalan. Menurut saya sih nggak perlu khawatir karena masih aman kok.



Hari ke-2 

Sarapan di Restoran Kacang Pool Haji 
Kalau mengikuti blog saya kalau kulineran selalu ribet cari yang ngehits atau kuliner wajibnya. Untuk sarapan saya pengen ke "Kacang Pool Haji" yang terkenal banget di Johor Bahru. Transportasi menuju ke Kacang Pool Haji paling mudah sih naik grab, kalau dari Citrus Hotel karena cuma berjarak 5 km.




Menu di Restoran Kacang Pool Haji ada banyak, kalau pengen kenyang ya ada nasi tapi kalau yang nggak berat pilih aja yang Kacang Pool kambing atau daging. Kalau kita dari Indonesia pasti bingung atau sulit membayangkan rasa kacang pool karena tidak ada di Indonesia. Ternyata kacang Pool yaitu bumbu kacang dengan daging lalu dicolek pake roti dan ada telornya.



Open:
07.00 -23.00

Dari Restoran Kacang Pool Haji saya naik grab lagi lalu kembali ke JB Sentral karena mau ke Hello Kity Town.

Hello Kitty Town 
Dari JB Sentral ke Hello Kitty Town naik bus LM1 seharga RM 5.40. Nah kalau ke Legoland juga bisa naik LM1 ini. Tapi saya cuma ke Hello Kity Town nggak ke Legoland. Perjalanannya 45 menit dari JB Sentral.

Sebenarnya lokasi Hello Kity Town itu berada di sebuah mall outdoor dan themeparknya sendiri kecil. Cocoknya sih kalau ke Hello Kity Town memang bawa anak cewek dan kalau cowok ke Thomas Town yang lokasinya satu area namun beda lantai aja. Ulasan lengkap tentang Hello Kity Town sudah saya tulis ya...







Open:
10.00 - 18.00

Dari Hello Kitty Town saya naik LM1 menuju ke JB Sentral.

Spring Labs Iskandar Johor Bahru
Setelah seharian nemenin anak di Hello Kity Town sampai jam lalu lanjut ke Spring Labs. Dari JB Sentral, lokasi Spring Labs sekitar 16km atau 30 menit perjalanan. Kalau naik Grab perkiraan sekali jalan yaitu RM 20 atau kalau Pulang Pergi siapkan aja sekitar Rp. 150.000,-an untuk ke Spring Labs Iskandar Johor Bahru.




Spring Labs merupakan area kafe-kafe, dan tempat foto yang baru buka pada April 2018. Kalau belum berkesempatan ke Chocolate Ville Bangkok, mampir dulu pemanasan di Spring Labs. Ya, meskipun nggak seluas dan serame Chocolate Ville. Bagusnya untuk ke Spring Labs ini sore sampai malam hari, karena kalau siang panas banget khas Johor Bahru.

SPRING LABS
Jalan Ekoflora1, Taman Ekoflora, 81100 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Open:
10.00 -22.00

Dari Spring Labs langsung balik hotel...



Hari ke-3 

Sarapan di Warung Pokok Ceri 
Warung Pokok Ceri salah satu kedai yang menjual nasi lemak di Johor Bahru. Menunya ada nasi kerabu, nasi lemak, laksa, grilled fish dan lontong. Seperti biasa untuk transportasi saya start naik grab dari hotel atai JB Sentral. Jaraknya dari JB Sentral cuma 3km aja ke Warung Pokok Ceri.



Untuk harga makanannya sekitar RM4-RM7. Kalau ke sini wajib khilaf pesan nasi kerabu, nasi lemak dan grilled fishnya hehehehe...

Open:
07.30 - 14.30

Dari Warung Pokok Ceri kembali lagi ke JB Sentral mau naik bus ke Legoland..

Legoland 
Ke Legoland sepertinya yang menjadi salah satu alasan orang ke Johor Bahru, karena dulu sebelum ada Legoland, Johor Bahru sangat sepi.



Dari JB Sentral saya naik LM 1 ke Legoland. Busnya sama dengan sewaktu saya kemarin ke Hello Kitty land, jadi setelah hello kitty pemberhentian selanjutnya yaitu Legoland. 

Untuk ticket Legoland 2019 yaitu 
  • Theme Park : RM 231 
  • Sea Life : RM 95 
  • Waterpark : RM 157 

Kalau ke Legoland sebaiknya sampai sore biar nggak rugi bayar tiketnya yang mahal. Namun perhatikan untuk bus LM 1, bus terakhir pukul 20.00

Makan Malam di Medan Selara Meldrum Walk
Selain Hipster yang terkenal akan kulinernya, di Medan Selera Meldrum Walk juga banyak jajanan kuliner yang buka sampai jam 12.00 malam. Mirip-mirip sama Jalan Alor namun lebih sempit. Lokasi Medan Selera Walk ini di belakang Bello Hotel, atau dari Citrus Hotel bisa jalan kaki cuma 150 meter, jangan lupa setting GPS karena lokasi di gang kecil.

Jadi dari Legoland lelah seharian langsung makan di Medan Selera Meldrum Walk. Makanan di Meldrum Walk yang paling terkenala alah Oyster Omelette seharga RM 12. Nggak ada logo halal ya, skip aja kalau ragu. Kalau ada logo halal Noordiana Nasi Campur (nasi lemak dan curry) atau roti john) dan masih banyak lagi.



Rasa dari Oyester Omelette ini kenyal, gurih dan manis. Perpaduan dari kerang, seafoo dan telur, pokoknya wajib banget pesan kalau ada di Meldrum Walk.


Hari ke-4 

Sarapan di Roti Canai Bukit Cagar 
Roti Canai di Bukit Cagar ini salah satu roti canai terenak di Johor Bahru. Selain roti canai ada juga nasi lemak dan teh tarik. Untuk transportasi paling mudah naik grab, lokasinya 3 km dari Citrus Hotel dan dekat dengan JB Custom. 

Roti Canai Bukit Pagar jadi andalan warga untuk sarapan pagi. Siap-siap aja ramai karena banyak banget penduduk lokalnya. Untuk rasanya memang enak enak karena kaya mentega dan juga lembut.




Selanjutnya Grab langsung ke Hotel karena saya harus ambil koper untuk check out.

394, Jalan Tengku Azizah, Bukit Chagar, 80300 Johor Bahru, Johor, Malaysia

Open: 
07.00 - 11.00 

Ke Senai Airport 
Untuk bus ke Senai Airport saya naik AA1 dan selanjutnya kembali ke Surabaya.

...

Tempat Wisata di Johor Bahru
Sebagai panduan wisata di Johor Bahru maka pahami dulu transportasinya, saya sudah pernah menulisnya di artikel : Pahami rute bus Johor Bahru

atau panduan foto ini bisa menjelaskan:

Klik untuk memperbesar

Beberapa wisata di Johor Bahru yang belum saya kunjungi yaitu:
Angry Bird Park
Lokasi ANgry Bird Park berada di Komtar yang lokasinya sekitaran JB Sentral. Kalau dari Citrus Hotel bisa jalan kaki 350 meter. Untuk harga ticket RM 75

Desaru Cost 
Desaru Cost merupakan wisata baru di Johor Bahru dengan tema Theme Park atau resort mewah seperti hard rock dan westin. Untuk ke Desaru Cost ada bus langsung dari Senai Airport, namun kalau dari JB Sentral masih belum ada. Alternatifnya memang ambil paket bus + ticket Desaru Cost dari Senai Airport seharga RM 164.



Desaru Cost ini waterpark yang luas banget jadi rencanakan seharian atau sekalian menginap di hotel mewahnya yang dibanderol 3 jutaan.

IKEA Tebrau
Dulu ke IKEA di Tebrau Johor Bahru itu mudah karena ada shuttle bus, tapi sekarang harus naik lbus local. 


The Mall Mid Valley South Key
Wisata mall di Johor Bahru juga ada banyak, salah satunya yang baru buka adalah The Mall Mid Valley South Key. Untuk ke mall tersebut rutenya yaitu: naik bus MV 2 biayanya cuma RM 1.

Sea Life Legoland (Open April 2019)
Kalau yang lagi hangat-hangatnya yaitu Sea Life Legoland yang baru buka April 2019. Sea Life ini aquarium raksasa seperti yang ada di Singapore dan Indonesia, tapi tentunya beda konsep. Harga tiketnya RM 95. Lokasinya berada di satu area Legoland jadi naik bus LM1.

...

Wah kayaknya review saya sudah lengkap banget tentang Itinerary Wisata dan Kuliner Johor Bahru (4 hari 3 malam). Kalau masih bingung bisa tanya langsung di kolom komentar di bawah ya.... Selamat Liburan.