Setelah berhasil mencari tiket pesawat murah ke KL, agenda selanjutnya mempersiapkan akomodasi. Agenda kami setelah ke KL, lalu lanjut ke Melaka. Saya membawa grup rombongan keluarga dan beberapa teman dalam trip kali ini. Di Melaka, kami menginap semalam di Jonker Inn Hotel.


Pemilihan hotel di Jonker Inn Hotel Melaka ini melalui perdebatan yang panjang dengan teman-teman saya. Kalau grup keluarga sih "ngikut" yang maunya tinggal bayar patungan aja hehehehe... Kami sekitar semingguan keluar masuk bookingan online untuk mencari penginapan di Melaka yang murah dan strategis. Namun saya tetap keukeh memilih Jonker Inn Hotel.

Waktu itu teman saya merekomendasikan Hallmark Hotel Leisure karena takut dengan bangunan hotel Jonker Inn yang kuno. Di Tripadvisor review hotel Hallmark Hotel Leisure bagus, dan harganya juga hampir sama dengan Jonker Inn. Namun saya kurang "sreg" karena harus berjalan kaki ke Jonker Walk dan Red Square 850 meter. Sempat memutuskan kalau hotelnya terpisah aja, namun akhirnya teman-teman saya ikut menginap di Jonker Inn Hotel bareng saya bhuahahahak

Di internet penampilan Jonker Inn Hotel ini terlihat menyeramkan. Bangunannya memang kuno ala heritage yang sudah puluhan tahun. Kalau mau yang lebih bagus ada Jonker Inn Boutique yang masih satu manajemen dengan Jonker Inn Hotel. Lokasi kedua hotel ini juga bersebelahan, hanya saja kalau weekend harganya sekitar 1 jutaan. Mending saya pilih Jonker Inn Hotel.

Review yang saya baca di tripadvisor, ulasan di traveloka dan tiket.com selalu bagus. Nilai plusnya juga di depan hotel ada Jonker Walk, tinggal jalan selangkah aja sudah sampai deretan makanan.

Transportasi dan Rute ke Jonker Inn Hotel
Menuju ke Jonker Inn Hotel ini sangatlah mudah, titik koordinatnya sesuai dengan GPS. Sopir Taksi menurunkan kami tepat di depan pintu hotel. Grup kedua, yaitu teman-teman saya, naik bus dari KL pun tak kesulitan terkait transportasi ke Jonker Inn Hotel. Rutenya dari Melaka Sentral, turun di Red Square (bangunan merah Melaka), lalu menyeberang jalan ke area Jonker Walk, setelah itu susuri Jonker Walk sekitar 600 meter. Hotel nanti ada di sisi kanan.

jonker inn 5

Jalan kaki 600 meter itu terasa dekat, kok! Sepanjang jalan yang kita susuri, adalah sisi kiri dan kanannya berupa toko-toko yang menjual makanan dan cindera mata. Kalau siang memang sepi, tapi kalau malam jalan di sekitar Jonker Walk itu ramai banget wisatawan.

Review Kamar di Jonker Inn Hotel
Penampilan bangunan Jonker Inn Hotel ini layaknya bangunan bersejarah yang ada di Surabaya. Namun Jonker Inn sangat terawat, baik catnya yang putih bersih dan lantainya yang kuno sangat bersih. Masuk ke receptionist pun kami disambut ramah dengan ruangan ber-AC-nya.

Proses check inn nya cepat. Kami bisa langsung masuk ke dalam kamar. Ya, kamar kami terletak di lantai tiga. Nggak perlu khawatir capek naik tangga karena ada lift. Sampai di lantai tiga, kami berjalan di lorong yang sisi kanannya berderet kamar-kamar untuk tamu hotel. Cuma kalau menginap sendirian kayaknya mikir deh wkwkwkwkk karena jadi ingat bangunannya yang kuno pasti mikirnya aneh-aneh.


jonker inn 4
Ruang Makan Jonker Inn
jonker inn 10
Lorong Jonker Inn

Masuk ke kamar, terlihat sprei putih bersih, ada TV flat dan kamar mandinya juga sudah modern. Poin pentingnya tidak ada aroma apek atau pengap sama sekali. Ya, semuanya normal. Saya sangat merkomendasikan hotel ini jika kalian ke Melaka. Jonker Inn Hotel ini murah dibandingkan dengan hotel lainnya yang ada di kawasan Jonker Walk.

jonker inn hotel
jonker inn 3

Suasana Sekitar Jonker Inn Hotel
Seperti yang saya ceritakan sebelumnya di atas, Jonker Inn Hotel ini depannya adalah Jonker Walk. Jonker Walk merupakan pasar malam dengan pedagang kaki lima yang menjual makanan dan aneka ba

jonker inn 9
Jonker Walk

Jonker Inn Hotel ini terletak di depan gapura pintu masuk Jonker Walk yang ada panggung hiburannya. Jadi Jonker Walk itu ada dua sisi gapura masuk, sisi sebelah barat yang area Jonker Inn Hotel, kalau sisi kiri itu gapura Jonker Walk dekat dengan Red Square, H&M dan kedai kopi Chungwah yang legendaris.

Sebelah hotel ada minimarket, lalu jalan sedikit aja ada gang khusus area Jonker Walk yang berjualan makanan halal. Bibik Cendol pun cuma jalan kaki 100 meter aja.

jonker inn 6
Supermarket sebelah Jonker Inn

Okay, selamat liburan di Melaka ya!!! 
jonker inn 7