Seringkali saya merayu suami saya untuk resign dari pekerjaan kantorannya yang berangkat pagi dan pulang malam untuk mengadu nasib di negeri orang. Saya selalu berharap suami untuk bekerja di Luar Negeri supaya saya bisa dibawa untuk hidup di Luar Negeri sambil bisa traveling hahahaha... Tapi kok nggak pernah terpikir untuk buka usaha bareng suami dengan mulai berbisnis sendiri.

IMG-20191215-WA0001

Dalam acara talkshow yang diselenggarakan oleh Home Credit Indonesia dengan tema: CEO in The Making: Financial Tips to Transform Your Hobby Into a Business saya tersentil oleh kisah-kisah inspiratif dari narasumber Dipa Andika, Financial Planner and Co-Founder of Hahaha Corp dan Christie Erin, Co-Founder Basha Market & Of Sorts dengan moderator Arditya Erwandha saya merasa banyak tersentil dan terinspirasi dengan cerita-cerita mereka.

Financial Goals dan Financial Planning
Setelah registrasi kami diberikan kertas kecil untuk menulis whislist yang ingin dicapai untuk masa yang akan datang. Cita-cita masa depan saya sih simpel yaitu "Kaya Sebelum Tua." Nggak tahu sih ini cita-cita atau apalah ya..karena saya kurang mendetail tentang apa yang harus saya lakukan untuk mencapainya.

20191214140503_IMG_9054-01

Menurut Dipa Andhika sebelum memutuskan untuk resign kantoran untuk memulai usaha sendiri harus sudah ada planning bagaimana memulai usaha dan modalnya. Jangan langsung resign lalu bilang nggak tahu kerja apa nanti hanya gara-gara bosan dengan suasana kantor.

Seperti contoh saya di atas juga salah ya menyuruh suami untuk resign dan mengadu nasib ke luar negeri hahahhaha... Tapi belum jelas kerja apa meskipun Qatar katanya sedang membuka lapangan kerjaan besar-besaran.

Cerita Dipa Andhika dan Christie Erin Memulai Usaha Dari Hobi
Dipa Andhika dan Christie Erin awalnya pekerja kantoran swasta yang resign dan memulai usaha dari nol di usia mudanya. Mereka berani keluar dari zona aman yang berpenghasilan pasti bulanan dan memulai usaha yang belum tahu laba yang akan diraih. Dengan catatan mereka sudah punya perencanaan usaha sebelum resign ya.

IMG_20191214_191519_412

Christie Erin sukses dengan Basha Market-nya. Awal memulai usaha dia dianggap pesimis oleh orang disekitarnya tentang tujuannya memajukan industri kreatif yang ada di Surabaya. Lima tahun lalu, industri kreatif banyak yang mati suri di Surabaya atau masih tak kasat mata, ada tapi tidak terlihat. Christie Erin sukses menemukan talent kreatif dari local brand yang ada di Surabaya dengan meyakinkan mereka masuk ke event Basha Market.

Sekarang pasti kalian tahu kalau Basha Market ini event yang dilengkapi both-both aneka produk makanan maupun fashion yang dikemas milenial. Nah kalau ada Basha Market pasti deh kaum milenial ramai banget datang. Ya, Christie Erin kini sukses mengembangkan industri kreatif.

FUNancial Mulai Sekarang
Selain membagikan tips untuk memulai usaha, Dipa Andhika juga memberikan tips #FUNancial yang seringkali kita anggap "receh" tapi kalau dihitung ternyata lumayan banget untuk ditabung.

Ubah Gaya Hidup dengan mengurangi jajan kopi atau minuman bobba dari promo beli satu gratis satu atau potongan diskon memang saya akui itu susah banget. Bagaimana coba, ngemall ada kopi promo mampir atau lagi di rumah leyeh-leyeh promo ojek online eh beli juga. Padahal kalau dihitung kasar nih ada Rp. 900.000,-an jajan-jajan nggak jelas dalam sebulan.

IMG_20191214_191519_408

Miliki dana darurat mulai sekarang. Dana Darurat adalah pengeluaran yang dipersiapkan untuk menjaga pengeluaran yang tidak terduga. Saya sendiri mengalami bagaimana pentingnya dana darurat sewaktu tidak terduga operasi caesar persalinan padahal niatnya lahir normal. Eh setelah lahiran normal, seminggu kemudian anak saya lahir kuning di mana harus opname. Nggak punya dana darurat tapi untungnya dibayarin semua sama mertua...eeeealah...

Jadi besaran dana darurat harus disesuaikan dengan banyaknya jiwa. Contohnya single atau masih belum punya anak tapi sudah berkeluarha maka hitungannya 3 kali pengeluaran tiap bulan. Jika berkeluarga dengan 2 anak dihitung kali pengeluaran tiap bulan dan keluarga dengan 3 anak hitungannya yaitu 9-12 bulan pengeluaran tiap bulan.

Catat Pengeluaranmu mulai hal kecil. Ah ini sebenarnya agak sulit karena saya sendiri terkadang lupa dengan apa yang sudah saya keluarkan kemarin. Tapi dengan mencatat pengeluaran maka kita akan mengetahui berapa pengeluaran kita dalam sebulan dan dosa-dosa jajan yang nggak penting.

...

Dalam acara FUNancial #YangKamuMau ini diselenggarakan oleh Home Credit dan Indonesian Female Bloggers Home Credit adalah perusahaan multi-financing pembiayaan multiguna semua keperluan rumah baik secara offline dan online yang pusatnya ada di Ceko. Home Credit Indonesia sejak tahun 2013 dan kini sudah mengembangkan sayapnya di berbagai kota besar Indonesia. Selain itu Home Credit  Indonesia menyediakan pembiayaan di toko (pembiayaan non tunai langsung di tempat) untuk konsumen yang ingin membeli produk-produk alat rumah tangga, elektronik, handphone dan furniture.