Apa sih makanan yang kalian incar ketika berada di Jogja? Ya pasti pengen banget makan gudeg. Tapi trip kali ini saya berbeda, saya lagi nggak pengen menikmati gudeg, pengennya nasi campur ala-ala Bali. Atas rekomendasi driver, kami mampir ke Warung Bu Ageng di kawasan Tirtodipuran Jogja.




Warung Bu Ageng berada di kawasan kota Jogja, lokasinya tak jauh dari alun-alun Selatan Jogja. Awalnya saya berpikir kalau nasi campurnya seperti di Bali, namun warung Bu Ageng merupakan masakan omahan khas Jawa. Pemiliknya yaitu Butet Kertaradjasa. Warungnya cukup terkenal dikalangan wisatawan lokal, selain itu banyak juga bule yang sedang menikmati makan malam.

menu warung bu ageng

Kami memesan nasi campur ketumbar, nasi campur ketumbar kambing dan yang agak antimainstream teman saya memesan nasi pecel + ayam nyekit. Ada juga camilan bakwan atau dadar jagung. Menu spesial di Warung Bu Ageng ini adalah nasi campurnya yang ayam bakar suwiran. Kalau mau menu berat bisa pesan gulai kepala ikan dan bacem kambing.

Sambil menunggu makanan terhidang, kami menikmati suasana Warung Bu Ageng yang full dengan konsep joglo jawa. Ada juga sumur tua di depan meja kami. Suasananya memang khas sekali dengan Jogja tempo doloe. Sayangnya saya datang malam hari jadi tidak mengabadikan foto suasana restorannya karena pencahayaannya memang redup.




Tak lama pesanan kami diantar. Pelayanan di Warung Bu Ageng cepat karena banyak sekali waitresnya.

warung bu ageng jogja
Sayang banget foto saya ngeblur karena kurang fokus.

Dari segi porsi menurut saya cukup, baik dari nasi dan lauknya. Seporsi nasi campur paru ketumbar terdiri dari nasi, paru dipotong kecil dan digoreng kering, keripik kentang manis, teri, tumis kacang panjang dengan sambal, dan kerupuk.


warung bu ageng 2

warung bu ageng jogja 3

Kebetulan saya suka dengan nasi campur kayak yang di Warung Bu Ageng ini, jadi saya menikmati sekali rasanya. Ada bumbu rendang daging di atas nasinya, dicampur aja makannya dengan lauk lainnya. Untuk pesanan bakwan, rasanya ala dadar jagung lainnya, tidak ada yang spesial.

Pesanan lainnya punya teman saya, jadi saya tidak mencicipinya. Tapi yang pasti semua recommended buat dicoba di Jogja, kalau kalian lagi males makan gudeg, sate klatak atau rica-rica. Okay, selamat traveling ke Jogja.

Warung Bu Ageng
Jl. Tirtodipuran No.13, 
Yogyakarta 

Jam Buka:
11.00 - 23.00