Review makanan Jogja lagi? Hahahha... Iya nih lagi sering banget jalan-jalan ke Jogja meskipun waktunya kilat banget cuma dua harian. Selama di Jogja ini lagi suka banget ke tempat makan yang konsepnya Jawa dengan rumah joglo-nya. Kalau minggu lalu sempat gagal ke Kopi Klotok karena ramai, lalu lanjut ke Kopi Bukan Luwak. Lalu lanjut lagi ke Wedang Kopi Prambanan.

kopi prambanan  (2)

Dari namanya Wedang Kopi Prambanan, langsung bisa menebak kalau lokasinya nggak jauh-jauh dari Prambanan. Aktual lokasinya sebenarnya masuk Klaten tapi tetep orang nyebutnya Wedang Kopi Prambanan di Jogja.

kopi prambanan (1)
kopi prambanan (2)
kopi prambanan (3)

Begitu masuk warungnya, kami disambut sama pramusajinya yang berdandan jawa dan kami dipersilahkan untuk masuk ke area makan prasamanan. Area prasmanan berada di tengah-tengah warung setelah melewati kolam ikan.

kopi prambanan
kopi prambanan  (1)

Ya sistem makanan di Wedang Kopi Prambanan ini bisa ambil bebas lalu bayar belakangan. Sayangnya saya lupa untuk foto daftar menunya. Saya cuma nanya dan dikasih tahu kalau sayurnya bisa ambil 3 macam harganya sama yaitu Rp. 13.000,- jadi kalau ambil satu jadinya rugi. Lalu sempat nanya juga kalau pindang sebiji harganya Rp. 8.000,- ayam Rp. 12.000,- dan nasi Rp. 4.000,- selain itu saya nggak tahu harganya. Mahal nggak? Bisa jadi perorang habisnya sekitar Rp. 50.000,- sama minumnya.


kopi prambanan

Makanan ada apa saja? Kalau deretan sayur ada daun pepaya, jantung pisang, botokan, garang asam, tempe garit, jadah, telur crispy, soun, pindang, ayam sereh, usus, telor puyuh dan masih banyak lagi. Setelah itu tunjukin ke kasir untuk ditotal harganya dan bayarnya nanti karena kita belum pesan minum.

Setelah kita menuju tempat duduk yang bisa pilih bebas mau indoor atau outdoor, kita dikasih buku menu. Nah di buku menu nih kita bisa pilih minuman dan camilannya seperti mendeoan, pisang goreng dan sebagainya. Lalu minumnya kita pengennya pesan kopi karena katanya nih wedang kopi prambanan katanya enak banget.

Lucunya, waktu itu kami tidak bisa memesan wedang kopi karena mesin kopinya rusak. Padahal niatnya habis makan mau nongkrong sambil ngopi nikmatin pemandangan sekitar Wedang Kopi Prambanan yang kanan kirinya adalah sawah. Pesan kopi yang diaduk juga nggak ada, karena mereka hanya jual kopi mesin.

Di Wedang Kopi Prambanan tuh memang yang dijual suasana tradisionalnya, kalau makanan sih menurut saya biasa-biasa aja. Tapi saya yakin kalau sekali aja pernah ke Wedang Kopi Prambanan ini pasti pengen balik karena Jogjanya dapat banget.

Wedang Kopi Prambanan
Jalan Prambanan - Manisrenggo KM 1,
Bugisan, Klaten, Jawa Tengah

Jam Buka: 
10.00 - 22.00