Sewaktu ada tiket promo ke Rusia, sebelum booking tiket pesawatnya saya browsing dulu tentang cara membuat dan syarat visa Rusia. Eh ternyata mudah kok visa Rusia, nggak sesulit visa Schengen yang wajib menggunakan buku tabungan. Akhirnya saya booking-lah tiket pesawat ke Rusia...yeay!!!

 
Disclaimer:
Per 1 Oktober 2019 untuk Warga Indonesia, visa ke St Petersburgh dan Leningrad bisa mengajukan secara gratis melalui visa online ( cek di sini).  Sayangnya visa ini nggak termasuk wilayah lain di Rusia seperti di Moscow.

Tiga bulan sebelum keberangkatan saya sudah mencari travel agent yang akan membantu pembuatan visa. Saya yang domisili di Surabaya, mau nggak mau harus menggunakan travel agent karena kedubes Rusia hanya ada di Jakarta. Kalau nekat mengurus sendiri pastinya berat diongkos karena harus berangkat naik pesawat ke Jakarta.

Saya lalu menghubungi travel agent di Surabaya, bahkan travel agent di Jakarta untuk memberikan syarat pengajuan visa. Ada satu syarat yang membuat saya "mak jleb" yaitu wajib melampirkan buku tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir. Paling sakit sih saya nanya salah satu agent berapa minimal saldonya, yaitu 80 juta. Kalau berangkat sama suami saya harus nyiapin 160 juta..duh meringis.

Tentang syarat buku tabungan atau rekening koran, jelas-jelas tidak ada dalam website resmi Kedutaan Rusia di Jakarta (baca di sini). Travel Agent saya nego tanpa rekening koran juga nggak mau..mereka semua tetap keukeuh wajib.

Hampir saja saya frustasi mikir tiket pesawat Rusia sia-sia, karena jelas di tabungan nggak ada uang sebanyak itu. Lalu saya iseng browsing jasa perorangan pembuat segala macam visa ke berbagai negara di mana salah satunya ada Rusia. Namanya mas bima saya menemukannya pas dia ngiklan di Tokopedia, lalu saya WA dia (bukan sponsored post).

Saya nanya syarat visa Rusia dan biayanya. Mas Bima nih awalnya sama kayak travel agent lain yang pakai tabungan, trus saya nego dia..mas di website kedutaan nggak ada syarat buku tabungan...tolong dibantu mas tanpa buku tabungan karena syaratnya memang nggak ada. Akhirnya mas bima setuju...duh rasanya mau nangis.

Syarat visa Rusia yaitu:
1. Paspor Asli
2. Foto Copy KTP, KK dan Surat Nikah (jika sudah menikah)
3. Keterangan Kerja/SIUP jika ada usaha
4. Tiket dan Hotel harus sudah issued (Lampirkan bukti pembayaran hotel dan lembar konfirmasi hotel untuk kedutaan Rusia
5. Invitation Letter
6. Foto 3.5 x4.5 background putih

Syarat Tiket Pesawat dan Hotel harus issued
Mempersiapkan syarat visa Rusia bisa dibilang gampang-gampang susah. Pada point no 4 yang agak berbeda dari visa lainnya yaitu Tiket dan Hotel harus sudah issued. Tiket pesawat yang sudah issued tentu bukan masalah karena saya sudah beli tiket pesawat. Nah yang hotel dengan issued harusnya mudah kan? Tinggal pesen aja booking online dibayar lunas lalu dapat invoice lewat email, bereskan? Ternyata syaratnya bukan begitu saudara-saudara...

Note:
Sebagai catatan issued hotel adalah berupa invoice dari hotel dalam bahasa Rusia yang telah dibayarkan lunas. Meskipun sudah lunas dari pembayaran ONline travel tetap nggak bisa dijadikan syarat visa Rusia karena kedutaan Rusia maunya jaminan hotel yang ditinggali.

Waktu itu sebelum saya memesan hotel di Traveloka dan Tiket.com (bukan iklan) saya mengirimkan email terlebih dahulu ke hotel yang ada di Rusia. Isi emailnya sih gini kalau saya sudah membayar full bookingan hotel saya meminta invoice dalam bahasa Rusia apakah bisa?

Beberapa hotel ada yang menjawab dan ada pula yang salah tangkap saya meminta invitation letter. Bahkan ada hotel cuma jawab dengan bahasa Inggris ala kadarnya "Invoice We do not". Untuk memudahkan komunikasi dengan petugas hostel, saya mengirimkan capture contoh invoice..intinya mereka jadi faham apa yang saya maksud karena mungkin nih setiap kedutaan Rusia di setiap negara bisa jadi syaratnya beda.

Dari beberapa hotel yang bersedia memberikan invoice dalam bahasa Rusia yaitu Good Mood Hostel (Moscow), Baby Lemonade Hostel (St Petersburgh) dan Jolly Hostel (Moscow). Tiga hotel tersebut yang menjadi tempat tinggal saya selama di Rusia. Tempat tinggal yang saya pilih semuanya adalah hostel, namun saya ambil yang private room bukan yang dorm.

Saya lalu memesan hotel yang Good Mood Hostel di Tiket, dan Jolly Hostel Moscow di Tiket, sedangkan yang Baby Lemonade Hostel (st petersburgh) di Traveloka. Semua pemesanan hotel ini saya bayar full dimuka tanpa pemesanan yang bayar belakangan atau terdebet yang biasanya seminggu sebelum keberangkatan.

Okay..lega banget saya sudah dapat receive hotel di email. Lalu besoknya saya email hotel untuk meminta invoice dalam bahasa Rusia sambil menunjukkan invoice dari traveloka dan tiket.com.

Pertama saya email yang Good Mood Hostel. Lalu mereka menjawab mereka belum menerima pembayaran dari Tiket.com. Hah saya mulai lemas nih kalau ingat saya sudah bayar full tapi hotel belum menerima duitnya. Intinya sih mereka sudah menerima tanggal booking hotel saya, tapi belum dibayar. Jadi mereka nggak mau ngasih invoice.

Setelah itu udah panas nih otak saya lalu chat di WA tiket.com. Intinya sih marah-marah kalau saya sudah bayar tapi kok hotel belum menerima duitnya. Tiket juga ngotot hotel saya sudah terpesan dan mereka (tiket) juga sudah reservasi ke pihak hostel. Pokoknya saya pengen nangis deh chatnya panjang banget.

Nah saya kembali mengirim email ke Good Mood Hostel sambil menjelaskan panjang lebar. Intinya mereka tetap belum menerima pembayaran hostel saya. Usut punya usut #halah kenapa kok belum dibayarkan ke hostel langsung, ternyata saya baru tahu kalau semua Online Travel Agent (semacam traveloka, tiket, agoda, booking.com) menggunakan sistem pembayaran pakai expedia. Jadi uang kita diendapkan di expedia dulu, baru kalau kita menginap si pihak hotel baru bisa mencairkan uangnya. Pantes saya ngotot pun ke Traveloka dan Tiket sistem SOP memang demikian.

Akhirnya dari Good Mood Hostel, mungkin karena kasihan sama saya emailnya yang pakai memohon dan jurus rayuan maut...yang awalnya jelas-jelas mereka nggak mau ngasih invoice full payment tiba-tiba email saya berbunyi centing ada sebuah invoice dari Good Mood Hostel.

20200214_222524

Okay..satu masalah selesai, masih ada dua hotel yang belum saya selesaikan masalah invoice. Baby Lemonade Hostel (St petersburgh) yang pesannya pakai Traveloka juga belum menerima pembayaran. Di Traveloka saya bahkan meminta id wikipedia yang nantinya bisa dicairkan mereka, namun pihak hotel tetap nggak mau ngasih invoice karena mereka tidak bisa mencairkan sehari sebelum kedatangan saya.

Intinya Baby Lemonade Hostel pakai jurus rayuan maut tetap nggak mau ngasih. Akhirnya saya chat lagi nih Traveloka saya minta solusi untuk dibuatkan invoice spesial dalam bahasa Rusia. Di Invoice juga ada keterangan nomor id wikipedia yang bisa dicairkan dan pernyataan saya sudah pesan "beneran." Intinya saya salut banget sama Traveloka yang membantu saya, bahkan saya yang marah-marah sudah di ubun-ubun akhirnya terselesaikan.

20200214_222040

Ah jadi inget pesanan hotel saya selanjutnya yaitu Jolly Hostel. Sama juga dengan yang lainnya, di Jolly Hostel yang saya pesan di Tiket juga nggak mau mengirimkan invoice karena mereka juga belum menerima pembayaran saya. Setelah bernegosiasi dengan alot akhirnya pihak hotel ngasih invoice tanpa stempel dan juga tanda tangan. 

Proses mengurus invoice dan negosiasi via email dengan pihak hotel ini hampir 10 harian. Ribetnya juga karena saya pindah-pindah kota yang membuat saya harus pindah hotel jadi invoice harus ngurus banyak.

Note:
Alternatif kalau nggak mau ribet dapat invoice bisa langsung pesan hotel melalui website resmi hotel, tapi ya harganya lumayan selisihnya antara sejutaan dibandingkan pesan di pemesanan online. Saya pernah membaca kalau Status akomodasi tidak mesti paid, tapi harus dapat verifikasi dari pihak hotel bahwa kita akan menginap di sana sesuai dengan tanggal di invitation letter! Menurut saya agak susah kalau hotel memberikan invoice tanpa kita booking dulu... Lah wong udah jelas-jelas bayar aja sulit apalagi belum :)

Syarat Invitation Letter
Syarat unik lainnya visa Rusia yaitu harus melampirkan invitation letter, tapi bukan dari pererongan Rusia yang menjamin kita di sana, melainkan dari Pemerintah Rusia (mengurusnya kalau gretongan dijamin super ribet). Namun invitation letter bisa berbayar mengurusnya di website Bronevik. Langsung buka saja website Bronevik. Lalu masukkan jenis visa, data diri dan tanggal kedatangan dan kepulangan beserta nama hotel kita. Jika kita berpindah-pindah hotel dan kota juga sebutkan di pengisian data.

2020-02-14_10-29-45

Harusnya biaya cuma US 24 tapi kata bronevik negara kita masuk dalam Negara yang berbahaya maka ada tambahan charge US 15.47. Totalnya menjadi USD 39.47 sekitar Rp. 550.000 duh kalau ingat mahalnya memang bikin meringis. Setelah melakukan pembayaran melalui kartu kredit, nggak sampai sehari langsung terkirim di email.

Note: 
Usahakan pesan invitation letter ketika sudah pasti dapat pemesanan hotel karena di isian data wajib mengisi nama hotel. Jangan sampai ganti-ganti hotel karena takutnya akan bermasalah nanti di imigrasi karena invitation letter ini yang menjamin kita selama di Rusia.

Mengirim Persyaratan Visa Rusia ke Jakarta
Syarat lain seperti Paspor Asli, Foto Copy KTP, KK dan Surat Nikah (jika sudah menikah), dan Foto 3.5 x4.5 background putih mudah banget jadi nggak ada kendala. Lalu mengisi form aplikasi visa Rusia.

Seluruh syarat pengajuan visa saya kirimkan ke Mas Bima di Jakarta. Mengirimkan ke orang yang belum saya kenal sebelumnya berat banget. Kita cuma chat di WA dan hanya dasar kepercayaan saja. Cek IG nya di @bima_152, kalau di reviewnya sih orang ini memang banyak yang percaya bahkan paspor diplomatik juga.

Saya kirimkan via JNE. Dua hari kemudian mas bima mengonfirmasi bahwa dokumen sudah diterima. Semua dokumen yang saya kirimkan sudah lengkap (iya gimana nggak lengkap nyusun syarat visa Rusia ini aja hampir sebulan stresnya). Tiga hari kemudian katanya visa saya sudah diantar ke Kedubes Rusia. Setelah itu mas bima minta ditransfer pembayaran visa Rp. 1.500.000,- kalau ngurus sendiri $80. Lumayan labanya dia 500 ribu per visa hahhaah..tapi rata-rata travel agent matok agar segitu. Andai tinggal di Jakarta saya pasti mengurus sendiri.

Proses pengurusan visa 20 hari kerja..dan pas banget visa Rusia saya jadi 20 hari kemudian. Hyaaaa lega banget visa Rusia saya jadi beneran tertempel di paspor dengan foto saya. Oia, kedutaan Rusia itu memang pelit ngasih visa, jadi mereka menyesuaikan tanggal visa persis sesuai kedantangan dan kepulangan saya selama di Rusia.

Pertanyaaan terakhir apakah mengurus visa itu sulit? Menurut saya mudah kalau kalian tinggal di Jakarta atau mudah kalau kalian tinggal di luar Jakarta tapi punya rekening koran yang ada tabungannya yang minimal 80 juta padahal di syarat ga ada harus pakai tabungan. Tapi jujur sih kendala cuma ada di invoice harus dari pihak hotel Rusia.

Eniwei..setelah pulang dari Rusia saya pengen balik ke sana karena Negara nya indah banget. Okay selamat berburu visa Rusia.
st peters