Foto: Jakarta Globe 

Meski harga rumah murah sudah cukup terjangkau bagi sebagian orang, tidak semua orang memiliki jumlah uang yang besar dan bisa membelinya secara cash atau kontan. Itulah mengapa fasilitas KPR atau Kredit Pemilikan Rumah khususnya KPR subsidi sangat bermanfaat di sini. 

Anda bisa membeli rumah murah bersubsidi dengan jalur kredit alias cicilan setiap bulan. Tapi, apa sebenarnya perbedaan KPR subsidi dengan KPR biasa? KPR non subsidi atau KPR biasa merupakan program kredit yang diperuntukan bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Ketentuan KPR non subsidi ditetapkan oleh bank, sedangkan KPR subsidi diatur oleh pemerintah. KPR subsidi ini merupakan program pembiayaan kredit rumah murah yang sasarannya adalah masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah. 

Tujuannya? Tentu saja memberikan fasilitas beli rumah murah yang terjangkau. KPR subsidi sendiri dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, subsidi untuk mengurangi kredit dimana pemerintah akan membantu pemohon untuk membayar jumlah angsuran yang seharusnya dibayar. 

Yang kedua adalah pemerintah akan membantu dana pembangunan ataupun perbaikan rumah pemohon sehingga tidak perlu menanggung keseluruhan biaya perbaikan. Nah, agar program rumah murah ini tepat sasaran, tentunya ada beberapa aturan KPR subsidi yang harus dipenuhi. 

Perbedaan Rumah Subsidi dan Non Subsidi

Foto: The Conversation 

Sebelum mencari rumah murah bersubsidi, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui perbedaan rumah subsidi dan non subsidi. Dengan adanya perbedaan harga yang signifikan, tentu saja rumah murah bersubsidi tidak akan semewah rumah pada umumnya. 

Berikut beberapa perbedaan rumah murah bersubsidi dan rumah non subsidi: 
  • Suku bunga rumah murah subsidi
    Perbedaan paling mencolok tentu saja harga rumah murah yang dibawah rumah non subsidi. Hal ini karena suku bunga rumah non subsidi lebih tinggi. Artinya, jika Anda beli rumah KPR non subsidi, harganya akan lebih tinggi karena suku bunganya juga lebih tinggi. 

    Rumah KPR subsidi berbeda karena sebagian bunga kredit akan ditanggung oleh pemerintah. Dengan demikian, angsuran atau cicilan rumah murah akan flat ketika masa kredit berlangsung. 
  • Fasilitas rumah murah rata-rata
    Seperti pepatah, ada harga, ada kualitas. Program rumah murah bersubdisi dirancang dengan standar kelayakan yang baik, namun tentu saja tidak akan sebaik rumah non subsidi pada umumnya. Dengan harga dan suku bunga yang lebih tinggi, rumah non subsidi punya bangunan yang lebih besar. 

    Rumah murah bersubsidi biasanya berisi ruangan kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu. Sedangkan dapur, biasa dibangun di teras belakang rumah dengan biaya tambahan. Hal yang sama berlaku jika Anda ingin menambah kanopi atau teras. 

    Untuk fasilitas perumahan seperti jalan, jalanan di perumahan non subsidi umumnya berupa cor, aspal, atau konblok. Sedangkan jalan rumah murah subsidi pada umumnya adalah pengerasan atau jalan tanah. 
  • Tipe dan spesifikasi rumah murah
    Untuk rumah non subsidi, spesifikasi rumah pastilah jauh berada di atas standar perumahan bersubsidi. Untuk jenis spesifikasinya, setiap pengembang perumahan pasti menawarkan jenis yang berbeda-beda sesuai dengan harga dari perumahan itu sendiri. 

    Sedangkan untuk rumah subsidi, spesifikasi rumah murah mengikuti standar dari pemerintah untuk dapat masuk dalam kategori rumah layak huni. Beberapa standar tersebut yakni pondasi batako, rangka atap kayu, plafon, lantai semen, kloset jongkok, carport tanah, daun pintu double triplek, kusen pintu dan jendela kayu, juga cat yang hanya di bagian depan rumah. 

    Ketentuan tersebut adalah standar minimal pemerintah. Namun, setiap pengembang perumahan subsidi biasanya memberi peningkatan spesifikasi rumah di bagian yang berbeda-beda. Rumah murah bersubsidi ini maksimal adalah tipe 36, meski untuk beberapa kasus dapat dimaksimalkan menjadi tipe 72. 
  • Lokasi perumahan subsidi
    Rumah non subsidi seringkali terletak di lokasi-lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan tidak sejauh perumahan bersubsidi. Kenyataannya, perumahan bersubsidi sangat sedikit yang berlokasi di tengah kota. 

    Rumah murah bersubsidi ini biasanya terletak di pinggiran kota (kawasan industri) atau di daerah yang belum atau sedang berkembang di mana harga tanah di daerah tersebut masih murah. 
  •  Renovasi dan harga jual kembali
    Bagi Anda yang memiliki rumah non subsidi, biasanya boleh melakukan renovasi sesuka hati dan harga jual nya akan lebih bervariasi. Sedangkan, untuk rumah murah bersubsidi, biasanya tidak diperbolehkan untuk melakukan renovasi bangunan selama 2 tahun pertama. 

    Mengapa demikian? Aabila rumah murah tersebut akan dijual namun kredit belum lunas atau ingin over kredit rumah KPR, maka, harga jual harus mengikuti harga rumah bersubsidi lainnya yang sedang berlaku di daerah tersebut. Daftar Perumahan Murah di Kota-kota Besar


Foto: The Jakarta Post 

Nah, dimana kah Anda bisa mendapat rumah murah bersubsidi ini? Apakah mungkin mendapat rumah murah subsidi di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya? Untuk hunian sendiri trennya mulai bergeser ke kota-kota sekitar Jakarta. Apalagi, dengan tingginya harga rumah di Jakarta saat ini. Namun, Anda masih bisa dengan mudah menemukan rumah murah di kota-kota sekitar Jakarta. Contohnya saja, di Bekasi, Depok, Bandung, dan kota-kota besar lainnya. Anda bisa juga memanfaatkan situs properti seperti 99.co Indonesia untuk mencari rumah murah di seluruh kota di Indonesia. 

Berikut beberapa daftar perumahan murah di kota-kota besar Indonesia: 
  • Perumahan Murah Depok 
  • The Green Pasir Putih • Sawangan Permai 
  • Villa Bungur 
  • Garuda Residence Perumahan Murah Bandung 
  • Graha Rancaemas Residence 
  • Permata Sompok Asri 
  • Sadang Sari Asri 
  • Taman Tanjung Asri 
  • Grand Cibadak Asri 
  • Lembah Mekar Perumahan Murah Bogor 
  • Savana Alam Serpong 
  • Kelapa Nunggal Cileungsi 
  • Cluster Tsurayya 
  • Cikeas Residence Perumahan Murah Bekasi 
  • Taman Puri Cendana 
  • Anastra Village 
  • Muktiwari Residence 
  • Taman Firdaus Residence 
  • Pesona Mutiara Tambun 


Itu dia informasi mengenai rumah murah bersubsidi yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Semoga lekas mendapatkam rumah yang sesuai, ya!