Sistem kuliah online menjadi salah satu sistem kuliah yang cukup menghemat pengeluaran, karena dengan sistem kuliah ini mahasiswa tidak harus mengeluarkan biaya transportasi atau uang makan berlebih di cafe terdekat kampus setiap harinya. Kita juga tidak perlu repot membeli buku materi kuliah, karena umumnya jenis kuliah ini sudah menyediakan materi yang bisa di download di situs online yang disediakan.

DSCF9286

Memilih sistem kuliah ini, ternyata ada banyak tips lainnya untuk kamu yang berstatus sebagai mahasiswa jika ingin menghemat pengeluaran seperti:

Atur Perencanaan Budget
Jika kamu menyadari memiliki sifat boros alias tidak memiliki perhitungan saat membelanjakan uang, sebaiknya mulai sekarang cobalah untuk menghitung pengeluaran sekecil apapun dan catatlah di buku khusus. Jika perlu, kamu bisa membatasi seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan per harinya untuk biaya transportasi, makan, atau kebutuhan mendadak. Jika pengeluaran melebihi batas yang ditentukan, ambillah satu hari lain untuk 'menombok' kelebihan biaya tersebut sehingga pembatasan biaya yang harus dikeluarkan tetap berjalan dengan baik.

Bagi yang kuliah sambil kerja, meski telah memiliki penghasilan namun kamu juga bisa menggunakan trik ini untuk menghemat pengeluaran. Jangan karena merasa memiliki pemasukan tetap, kemudian ada menghabiskan uang tanpa melalui perencanaan yang baik karena sewaktu-waktu kamu juga mungkin bertemu dengan situasi dadakan yang memaksa kamu untuk mengeluarkan budget lebih dari biasanya (bisa karena sakit, study tour, penelitian ke sebuah tempat, atau lainnya).


Manfaatkan Beasiswa yang Ada
Biasanya kampus negeri maupun swasta memberikan kesempatan untuk mahasiswa dengan syarat dan ketentuan berlaku untuk mendapatkan beasiswa, peluang yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran selama kuliah. Beasiswa menjadi alternatif paling baik untuk menghemat pengeluaran, meski terkadang jenis beasiswa yang didapatkan tidak seluruhnya mencukupi kebutuhan biaya yang diperlukan, namun setidaknya pengeluaran bisa sedikit terbantu dengan adanya beasiswa tersebut.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai jenis beasiswa yang ada, entah itu jenis beasiswa untuk mengurangi biaya kuliah, membayar penuh biaya kuliah, atau akan lebih baik jika kamu juga bisa mendapatkan jenis beasiswa full (untuk membayar biaya kuliah serta menanggung biaya hidup selama menjadi mahasiswa).

Jangan Lapar Mata
Ada satu masalah yang sering dihadapi oleh mahasiswa dengan sistem konvensional atau sistem kuliah online sekalipun, ketika merasa bosan atau sedang stress untuk mengerjakan sesuatu biasanya untuk menghilangkan stress mereka pergi ke cafe atau mall. Hal ini tidak dilarang, namun kegiatan ini sangat berpotensi untuk menguras pengeluaran yang tidak sedikit. Sah-sah saja pergi ke mall untuk menghilangkan stres, namun jangan sampai lapar mata (melihat barang bagus sedikit, langsung sikat) karena ini akan sangat menguras kantong dan diakhiri dengan penyesalan yang sia-sia.

Kamu boleh bermain di mall atau cafe, namun jangan lupa untuk selalu menahan diri agar tidak membeli barang yang tidak diperlukan. Agar lebih aman, menghilangkan stres bisa dilakukan dengan cara mengunjungi berbagai taman wisata gratis yang ada di wilayah kampus atau bisa juga memanfaatkan fasilitas taman kampus yang tidak kalah menyegarkan.

Akali Pembelian Buku Kuliah
Mahasiswa tentunya membutuhkan buku ajar terbaik untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang dilangsungkannya, umumnya harga buku tersebut cukup mahal (biasanya harga buku memang sangat mahal, terlebih jika buku yang dibutuhkan merupakan buku dari luar negeri yang harganya bisa ratusan ribu).

Bagi mahasiswa yang kuliah sambil kerja mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah besar, namun berbeda dengan susu pada umumnya yang sekecil apapun pengeluaran akan sangat berpengaruh terhadap keuangan di masa depan.

Membeli buku kuliah bekas atau KW menjadi alternatif menghemat pengeluaran saat menjadi mahasiswa, saat ini ada banyak lokasi atau tempat yang menyediakan jenis buku yang satu ini salah satunya di pasar Senen yang banyak diburu oleh mahasiswa (kualitas bukunya juga tidak kalah bagus). Atau bisa juga dengan alternatif mengcopy buku kuliah yang asli dalam bentuk buku, ada banyak tempat fotocopy yang memiliki kualitas bagus yang hasilnya bahkan hampir menyerupai buku aslinya.

Manfaatkan Status Mahasiswa
Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi orang yang berstatus sebagai mahasiswa, biasanya banyak cafe, tempat wisata, diskon buku, tempat makan, atau tempat tertentu yang menyediakan diskon khusus untuk mahasiswa. Jangan sampai melewatkan promo yang banyak ditawarkan ini, karena hal ini dapat dijadikan sebagai alternatif penghematan biaya selama kuliah.

Tips-tips di atas hanyalah sebagian kecil dari tips menghemat pengeluaran saat menjadi mahasiswa, tentunya setiap orang memiliki tips dan trik tersendiri untuk menghemat biaya atau pengeluaran saat menjadi mahasiswa. Bagi yang memanfaatkan kuliah online untuk sistem kuliah yang dipilihnya, sebagian dari tips diatas juga bisa dimanfaatkan jika sesuai dengan kebutuhan.