Menjadi seorang writer memang tidak mudah. Diperlukan ide yang terus mengalir untuk menyusun bati per bati, kata per kata. Namun tidak jarang penulis menghadapi writer's block atau kebuntuan dalam menulis. Perasaan tidak tahu lagi apa yang harus ditulis memang terkadang membuat para penulis merasa ragu akan kemampuannya sendiri. Untuk itu, para penulis sering mencari inspirasi dengan melakukan berbagai kegiatan, termasuk traveling. Bagi Anda para penulis atau ingin menjadi penulis, berikut ini beberapa kota yang tepat untuk mencari inspirasi.

Ubud, Bali
Ubud dengan keindahan alam dan kekentalan nuansa tradisi rasanya sangat tepat bagi para penulis untuk mendapatkan inspirasi. Para warganya yang ramah pun membuat waktu tinggal Anda terasa lebih nyaman. Cara menuju Ubud pun sangat mudah dijangkau pada sekarang ini, dengan mencari tiket ke bali murah, Anda sudah bisa menuju pulau dewata dengan harga yang bersahabat.



Lalu pergi dari Bandara Ngurah Rai menuju Ubud untuk berinteraksi dengan warga sekitar sembari menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan. Siapa tahu kebaikan para warganya bisa Anda tuangkan menjadi karakter-karakter dalam buku Anda.

Bandung, Jawa Barat
Bandung adalah kota yang penuh dengan nuansa kreatif. Anak muda Bandung yang selalu melahirkan ide-ide kreatif baru membuat kota ini terasa begitu dinamis. Selain itu, keluhuran budaya sunda yang masih kental terasa pun membuat Bandung masih memiliki rasa tradisionalis spiritualis.

Pertemuan antara kreativitas yang progresif dengan budaya yang tradisionalis pun dapat melahirkan pandangan baru untuk mengerti kehidupan. Sesuatu yang sangat berharga bagi para penulis.

Sabang, Aceh
Mungkin yang Anda tahu dari sabang sebagai pulau terluar di Indonesia. Namun sejatinya Sabang menyimpan kehidupan yang sangat menenangkan. Para warganya yang lebih santai dapat membuat Anda merasa lebih rileks. Sehingga ide-ide dapat lebih deras mengalir. Selain itu, Anda juga bisa berbincang dengan para turis internasional untuk menggali perspektif lain dalam memandang kehidupan.

Sleman, Yogyakarta
Tidak seramai pusat kota membuat Sleman menjadi tempat yang pas bagi Anda yang mencari ketenangan, namun tidak ingin terlalu jauh dari pusat modernitas. Sleman yang masih asri dengan deretan persawahan yang hijau pun dapat memberikan rasa tenang kepada Anda. Sehingga tidak banyak distraksi yang dapat merusak konsentrasi Anda selam menulis.



Ambon, Maluku
Ambon menyimpan keindahan alam yang sangat menarik untuk dieksplorasi. Hal ini yan kembuay Ambon terasa pas bagi Anda yang ingin menulis tentang traveling.

Lautannya yang jernih kebiruan pun semakin mampu membuat pikiran Anda lebih bebas dari distraksi perkotaan. Pergi ke Ambon juga semakin mudah sejak adanya penerbangan dengan pemesanan secara online.

Dari lima kota-kota di atas dapat dilihat bahwa dalam mencari inspirasi menulis Anda tidak butuh untuk pergi menyepi di luar negeri. Sebab Indonesia sendiri masih punya nilai-nilai yang patut digali, dan dituangkan dalam tulisan.