Sebagai mantu wong Cepu, saya sudah khatam kuliner legendaris di Cepu ini. Apalagi pecel Cepu, saya malah sudah mencoba satu persatu. Mulai modelan pecel tengah malam, dini hari ataupun yang blusuk-blusuk saya sudah pernah mencobanya. Mudik kali ini saya berpikir keras, kira-kira apa sih kuliner di Cepu yang belum saya coba. Nggak usah tanya ke mas suami yang hidupnya dari dulu nomaden, pasti dia nggak tahu wong dia aja nggak jelas orang Cepu atau nggak wkwkwkwkwk...

Seperti biasa, saya mulai browsing dari twitter, instagram bahkan tiktok..rata-rata kulinernya sudah saya coba. Lalu...ada kuliner yang membuat saya tertarik yaitu "Ayam Gepuk Ketapang". Kulinernya bukan ayam gepuk atau geprek yang model kekinian sekarang tapi ada ciri khas tersendiri...oke fix ini jadi incaran saya.


Untitled


Lokasi Ayam Gepuk Ketapang

Kalau dari lokasi ayam gepuk Ketapang berada di Jl Ronggolawe No: 9 tepat di pinggir jalan raya, sebelahan sama Hits Chicken. Lokasinya sendiri sering banget saya lewatin, tapi nggak pernah "ngeh" kalau ada kuliner enak. Lalu tepat berhenti di depan warungnya, saya sudah melihat antrian para ibu-ibu. Padahal baru jam 08.30, antrian ibu-ibu sampai menutupi warungnya hahahahahha.... Rata-rata pembelinya dibungkus, dibandingkan yang makan diwarungnya.


Untitled
Untitled


Menu Ayam Gepuk Ketapang

Menu di sini ada ayam bakar gepuk sambal matang atau sambal mentah, nasi campur, Nasi lele dan Nasi Telur. Saya memesan ayam bakar menggunakan sambal mentah. Bedanya sambal matang tuh nggak terlalu pedas, sedangkan sambel mentah itu pedas pakai kemangi. Hmmm udah ketebakkan pedas dan aromanya?


Untitled


Ayam Gepuk Ketapang Sambal Mentah

Nggak lama pesanan saya ayam gepuk ketapang sambal mentah datang. Seporsinya ada nasi putih dan ayam dengan pilihan saya dada. Ayam bakarnya digepukin maksudnya dipenyet gitu ya lalu "diteplokin" sama sambalnya. Ada aroma kemangi yang kuat dan aroma khas sambal mentah.


Untitled

Okay, nyicipin ayamnya dulu. Ayamnya dibakar, tapi saya merasakan seperti ayam kecap dengan rasa manisnya pas banget. Daging ayamnya merasuk banget bumbu-bumbunya, nggak hambarlah sama sekali. Lalu sambalnya hmmmmm josss pedasnya sempurna...untuk ukuran saya sih pedasnya sih masih manusiawi....ya meskipun menurut mas suami ini pedas hahahahha...

Yang saya suka dari sambalnya ini segar banget... bawang putihnya nggak terlalu nampol jadi pas banget sama saya yang katanya teman-teman keturunan vampir karena nggak suka segala sesuatu aroma bawang putih yang terlalu kuat. Lalu kemanginya yang digeprek bersama sambal inilah yang bikin unik.


Untitled

...

Kalau ke Cepu lagi pasti saya akan kembali lagi ke Ayam Gepuk Ketapang. Pengen banget nyobain Nasi Campur + nambah ayam gepuknya pakai sambal mentahnya. Seporsinya cuma Rp. 16.000 masih amanlah untuk ukuran Cepu yang harga makanannya serba mahal. Kasih referensi donk kuliner Cepu yang belum saya coba? 


Ayam Gepuk Ketapang

Jl Ronggolawe No : 9, Cepu - Jawa Tengah

Jam Buka :

08.00 - 17.00