Susahnya Buku Tabungan dan ATM Hilang

Dasar apes, dompet plus BB saya lenyap dicuri PRT..bikin nyut-nyut kepala. Tega2nya pembantu yang sdh diberi kepercayaan malah jd maling.

Sempat berharap meski uang tdk dikembalikan tapi dompet dikembalikan karna berisi surat-surat penting.

Tapi setelah seminggu penantian sia-sia, jd saya memutuskan langkah pertama adalah :
melapor ke kantor polres untuk membuat surat laporan kehilangan barang (LKB).

Ada 13 surat kehilangan yang saya laporkan
- KTP
- SIM C dan SIM A
- Buku Tabungan BCA dengan ATM BCA
- Buku Tabungan MANDIRI dan ATM
- Kartu ATM BNI
- Kartu ATM Bank JATIM
- Kartu NPWP
- Kartu Pegawai
- Kartu Mega Carrrefour n kartu Silver Mega

Masalah tentu saja belum selesai sampai disini, saya harus mengurus atm dan buku tabungan satu persatu.

saya memutuskan ke BCA terlebih dahulu.

Kemudian saya ke Customer Service memberitahukan buku tabungan dan atm hilang. Si mbaknya bilang syarat kalo hilang adalah LKB asli dan f.copy KTP.

Setelah mengisi pernyataan kehilangan dan coret ttd sana sini dan biaya untuk materai 6rb. Butuh wktu sekitar 1,5 jam untuk mendapatkan Buku tabungan n atm. Karna si mbaknya harus mengecek data arsip saya di gudang penyimpanan dokumen hiks..

Setelah menunggu dengan harap-harap cemas akhirnya buku tabungan n atm siap digunakan.

Kemudian setelah urusan dengan bank BCA beres, saya ke bank MANDIRI

Setelah antri berjam2 saya akhirnya dilayani CS, si mbak bilang kalo kehilangan harus menyerahkan surat LKB dari polres asli tdk boleh f.copy dan KTP pun harus asli tidak boleh f.copy. Celakanya LKB asli sdh saya berikan BCA dan KTP saya hilang jd tinggal f.copyan saja.

Saya pun pulang dengan tangan hampa. Arggghhhhhhh

Bsknya saya membuat KTP dengan melengkapi arsip surat keterangan RT, RW dan kelurahan. Kemudian saya ke kantor kecamatan. Dan 2 hari kemudian KTP saya pun jd.

Setelah KTP dan surat laporan kehilangan telah lengkap saya kembali ke kantor bank MANDIRI.

Setelah menyampaikan uneg-uneg ke mbaknya bahwa bla...bla...bla. Si mbaknya menerangkan kalo buku tabungan dan atm hilang harus membuat rekening baru dengan biaya penutupan rekening 50rb dan ada tambahan biaya materai 6rb.

Saya tidak bisa menolak karna sistem bank beda2, sayamengiyakan dengan ikhlas untuk dipotong tabungan sebesar 50 rb. Dan tak menunggu lama buku tabungan dan atm baru saya bisa digunakan satu jam kedepan.

Besoknya saya ke Bank BNI untuk mengurus atm

Berbeda dengan bank lainnya di BNI tidak terlalu ribet dan Csnya pun ramah banget nanya-nanya kenapa bisa dompet hilang.

Untuk persyaratannya Surat Laporan kehilangan dan f.copy KTP dan biaya administrasi 15 rb untuk penggantian kartunya. Dan atm pun langsung bisa digunakan tanpa menunggu satu jam kedepan.

Kemudian untuk kartu mega carrefour, saya menghubungi call center untuk blokir kartu dan minta penggantian kartu. Dan kartu baru dikirimkan maksimal 2 minggu kedepan dengan biaya penggantian 50rb dibebankan pada tagihan bulanan.

Mudah-mudahan pengalaman ini membuat saya lebih berhati-hati.

You Might Also Like

28 komentar

  1. thx mbak infonya.. soalnya sy skrg lg ngalamin kehilangan buku tabungan dan atm sy baru aja tertelan. jadi ada pencerahan nih, kirain bakalan seribet apa gitu. hehe..

    ReplyDelete
  2. mbak mau tanya klo khusus untuk mandiri apa harus ke tempat asal rekening itu nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus ke tempat pembuatan, bisa ke cabang mandiri terdekat karena sistemnya online. Asal syaratnya lengkap gak masalah ngurusnya di cabang mandiri mana saja.

      Delete
  3. mbak mau tanya untuk mandiri apa tidak bisa menggunakan nomer rekening yang lama (harus ganti baru)? lalu syaratnya apa cukup surat kehilangan dan KTP? kasus saya seperti mbak masalahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syaratnya cuma 2 aja ktp dan surat kehilangan asli bukan f.copy, dan harus buat rekening baru dengan biaya penutupan sedangkan rekening lama tidak boleh dipakai lagi.

      Delete
  4. Mbak klo atm bca sma buku tabunganny ilang . syarat2ny ap aj . ap bisa kita make no.rek atm bca yg hilang.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. syaratnya ktp n surat kehilangan asli bkn f.copy, kalau BCA no rek BCA akan sama seperti sebelumnya.

      Delete
  5. OIya mbakkk.....kalo buat rekening baru...Uang yang direkening lama hangus kagak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggaklah...data kita dan jumlah tabungan tersimpan aman di komputer bank tersebut.

      Delete
  6. dari dulu gak suka banget sama MANDIRI. ribet, gak ramah dan materialistis!
    knapa harus tutup buku dan ganti rekening baru bayar 50.000 pula ??. kebijakan yang tidak membantu nasabah.
    rating 0 untuk Bank Mandiri

    ReplyDelete
  7. Untuk mengurus surat kehilangan ribet ga? Apakah ada jangka waktu pelaporan sejak kehilangan? Saya sedang mengalami hal yg sama :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok tinggal minta ke kepolisian terdekat. Gak ada jangka waktu pelaporan kok. Moga masalahnya segera kelar ya :)

      Delete
  8. Saya juga mengalami hal yang sama.kartu atm bca saya dan tabungan hilang .sgak tibet harus kekantor dimana kita bikin tabunggannya.tidak bisa dicabang pembantu..saya skrng tinggal dijkarta.dlu bikinnya di jawa.jadi mau gak mau harus balik ke jawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul memang ribet, harus dicabang sewaktu kita buat rekening, karena mereka juga ambil arsip kita di gudang penyimpanan data untuk mencocokkan data.

      Delete
  9. Iya..btw thanks share infonya.saya besok coba kekantor bca dimana saya buka.semoga masi ada arsipnya.saga bikin 7 thn yang lalu soalnya..heheh

    ReplyDelete
  10. saya kehilangan buku tabungan dan atm bri, masalahnya saya tak ingat nomer rekening say bisa diurus gak mbak mohon bantuanya

    ReplyDelete
  11. saya kehilangan buku tabungan dan atm bri, masalahnya saya tak ingat nomer rekening say bisa diurus gak mbak mohon bantuanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, asalkan ke kantor bank sewaktu buka rekening. Sistem datanya online jadi bisa terlihat nomor rekening kita.

      Delete
  12. Ribet memang kalau udah kehilangan gitu apalagi KTP :(
    Mudah2an ga sampe ngalamin, cukup atm diblokir & ketelen mesin aja deh :)

    ReplyDelete
  13. mbak kalo atm bank jatim bgaimana pengurusanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampur sama sih semua bank, harus siap surat kehilangan dari polisi, f.c ktp dan materai, aslinyabjangan lupa dibawa semua. Atau tanyakan call centernya dulu biar nggak bolak balik kalo ada yg kurang.

      Delete
  14. Kalo smua surat2 penting ddompet hilangnya diluar jawa smentara domisili dan pmbuatan rekening nya dijawa gimana Ya mba? Sementara ini msih blum bsa ke jawa karna pekerjaan, gimana ya mba?

    ReplyDelete
  15. Apa di polsek tidak bisa untuk membuat surat kehilangan?,apa harus ke polres?

    ReplyDelete
  16. mba mau nanya kartu atm sama buku tabungan bni syariah saya kan hilang kebetulan saldo uang di dalamnya masih ada, sdgkan saya buat kartu bni syariah nya di tempat asal saya . apa bisa saya mengambil uang saya di rekening dan mengurus kartu atm dan buku tabungan di luar domisili . fast respon ya mbak . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya ngurusnya di Bni, dan sistemnya online ngga harus ditempat pembuatannya. Nah untuk bni syariah saya kurang tahu pasti, coba hubungi call centrenya dulu ya

      Delete
  17. Mba itu penalty biayanya itu bayar tunai atau potong saldi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Potong saldo dear kalo BCA, bank lainnya bisa tunai

      Delete