Lengkapnya Wisata di Kota Batu dan Malang

Tahu Disneyland? Atau Universal Studio? Jawabannya pasti pada tahu kan ya, kalau Museum Angkut? Batu Secret Zoo? Atau Eco Green Park? Ah, pasti menggelengkan kepala dan mengernyitkan dahi, padahal nih beberapa wisata tersebut ada di kota Batu, Kab. Malang di Jawa Timur loh.

Kota Batu yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini, mungkin masih asing ditelinga sebagian orang Indonesia, saat ini kota Batu - Malang memiliki potensi wisata yang luar biasa lengkap mulai dari wisata keluarga, wisata sejarah, wisata alam maupun wisata kuliner.

Untuk akses transportasi menuju kota batu sangatlah mudah, beberapa maskapai sudah membuka rute Jakarta – Malang dengan durasi hanya 1 jam 30 menit, sedangkan untuk berkeliling menuju tempat wisata menyewalah mobil dengan tarif cukup murah. Nah, kalau saya termasuk orang yang beruntung karena tinggal di Surabaya untuk ke kota Batu – Malang cukup naik kendaraan pribadi yang bisa ditempuh hanya 2 jam saja perjalanan darat.

Inilah beberapa wisata yang biasanya saya kunjungi ketika di Kota Batu – Malang :

Wisata keluarga

Jatim Park I, Batu Secret Zoo (Jatim Park II) dan Eco Green Park (EGP)

Jatim Park, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park adalah theme park andalan Jatim Park Group di Jawa Timur, ketiga theme park tersebut memiliki konsep yang berbeda, untuk Jatim Park I berkonsep taman belajar dan rekreasi yang lengkap dengan wisata air, Jatim Park II berkonsep kebun binatang modern dan museum satwa, sedangkan EGP berkonsep fun and study menggunakan bahan daur ulang dari limbah lingkungan yang bertaraf internasional.
Jatim Park I


Hiasan daur ulang di EGP


EGP

Biasanya ketika di Kota Batu dalam sehari saya cukup memilih 2 theme park saja, seperti Jatim Park II dan EGP dalam satu hari, kedua tempat ini lokasinya cukup berdekatan, untuk menghubungkan kedua wisata ini, oleh pengelola disediakan kereta kelinci secara gratis, dan juga tersedia beberapa paket wisata terusan seperti Jatim Park II dan EGP hanya seharga Rp. 120.000,- yang bebas menaiki wahana sepuasnya.


Jawa Timur Park I
Jl Kartika 2, Kota Wisata Batu - Jawa Timur
Jam Buka : 08.30 – 16.30
HTM : Senin – Kamis Rp. 55.000,-, Jum’at – Sabtu Rp. 75.000,-

Jawa Timur Park II / Batu Secret Zoo
Jl. Oro-oro Ombo No. 9, Kota wisata batu- Jawa Timur
Jam Buka : 10.00 – 18.00
HTM : Senin – Kamis Rp. 70.000,-, Jum’at – Sabtu Rp. 100.000,-

Eco Green Park
Jl. Oro-oro Ombo No. 9A, Batu – Jatim
Jam buka : 10.00 – 18.00
HTM : Senin – Kamis Rp. 40.000, Jum’at – Minggu Rp. 60.000,-


Museum Angkut
Museum angkut sebuah tempat wisata di kota Batu – Malang yang baru dibuka tahun 2014 ini, berkonsep sejarah dunia angkutan, dan juga dilengkapi dengan Movie Star yang dihadirkan dengan latar belakang kota-kota dan bangunan yang dibagi beberapa zona yaitu zona edukasi, zona Sunda kelapa dan Batavia, Zona Gangster dan Broadway, Zona Uni Eropa, Zona Inggris, Zona Las Vegas, Zona Inggris dan pasar apung.
Zona Batavia


Zona Gangster



Saya sangat menikmati ketika berkeliling di berbagai zona museum angkut, sensasinya seperti terlempar di mesin waktu, dalam sehari saya bisa mengunjungi berbagai Negara dan di setiap zonanya banyak spot foto yang unik membuat saya semakin betah untuk narsis dan selfie, jadi ketika di museum angkut siapkan saja memori foto dalam jumlah besar. Oh ya, ada charge untuk membawa kamera sebesar Rp. 30.000,- perkamera, setiap masuk museum angkut kamera tersebut akan diberi tanda khusus.


Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 , Batu - Jatim
Jam Buka : 12.00 – 20.00
HTM : Senin – Kamis Rp 50.000,-, Jum’at – Sabtu Rp. 75.000,-


Batu Night Spectacular (BNS)
Batu Night Spectacular atau disebut BNS ini adalah alternatif wisata malam di Kota Batu, di area ini kita bisa menikmati aneka permainan yang menguji andrenalin seperti Go Kart, sepeda terbang, lalu yang berbeda dengan theme park lain di Kota Batu adalah terdapat area lampion garden dengan hiasan lampu-lampu yang sangat menarik dan juga terdapat Art trick yang merupakan lukisan foto 4 Dimensi layaknya seperti di luar negeri.


Jl. Raya Oro-oro Ombo, Kota Wisata Batu – Jatim
HTM : Weekday Rp. 20.000,- Weekend Rp. 25.000,-


Wisata Sejarah
Museum Bentoel
Kalau di Surabaya terkenal dengan museum rokok House Of Sampoerna, di Malang pun juga terdapat museum rokok yaitu Museum bentoel, memang museum ini masih terdengar awam karena baru dibuka kembali pada akhir tahun 2013 yang lalu. Bangunan museum ini merupakan rumah pemilik dari pendiri rokok bentoel yaitu Ong Hok Liong, bangunannya memang sudah dipugar kembali namun bangunannya masih mempertahankan keasliannya.

Didalam museum terdapat sejarah rokok bentoel dari awal berdiri hingga perkembangannya, yang dilengkapi dengan barang-barang sejarah dan galeri foto. Ketika berkeliling kita akan puas menjelajahi sejarah masa lalu dari rokok kretek dari tahun 1930 hingga kini yang diakui di mancanegara.


Jl. Wiromargo 32, Malang – Jatim
Jam buka : Selasa – Minggu, 08.00 -15.00
HTM : Gratis


Museum Malang Tempo Doloe
Image dari mengunjungi museum biasanya membosankan, namun ketika mengunjungi Museum Malang Tempo Doloe yang dibuka pada tahun 2012 ini, kita takkan merasa bosan karena museum ini dikonsep sangat menarik dan modern. Memasuki museum kita akan didampingi oleh seorang guide yang beratribut pakaian batik, yang akan memandu kita berkeliling didalam museum. Didalam museum terdapat benda-benda prasejarah, kerajaan, kolonial Belanda dan Jepang, dan Malang Tempo Doloe.


Jl Gajah Mada, Malang – Jatim
Jam buka : Senin – Minggu, 08.00 – 17.00
HTM : Umum Rp. 25.000, Pelajar Rp. 15.000,-


Wisata Alam

Kusuma Agrowisata
Wisata alam salah satu daya tarik wisata di Kota Batu, iklimnya yang sejuk dan dingin membuat wisatawan betah untuk menikmati kegiatan alam atau outdoor. Salah satu wisata alam yang menarik bagi saya di Kota Batu adalah Kusuma Agrowisata. Kusuma Agrowisata ini menawarkan sebuah wisata petik apel, jambu biji dan strawberry dalam sebuah lahan yang luas lengkap dengan villa maupun kegiatan outdoor seperti mengendarai ATV maupun motor trail.
Petik Apel

Saya sangat menyukai konsep yang ditawarkan oleh Kusuma Agrowisata ini, dengan membayar biaya masuk sebesar Rp. 60.000,- s.d Rp. 70.000,- Saya bisa berkeliling agrowisata yang ditemani oleh seorang guide ke kebun Jambu biji dan apel, untuk petik strawberry merupakan musiman tidak setiap hari ada, dan selesai berkeliling dari kebun-kebun tersebut kita bisa menikmati roti bakar dan jus jambu merah.



Jl Abdul Gani Atas, Batu – Jatim
HTM : Rp. 60.000 (wisata petik apel, jambu biji dan strawberry 2 buah + roti bakar & jus), Rp. 70.000 (wisata petik apel, jabu biji dan strawberry masing-masing 2 buah + nasi goreng / mie goreng)


Taman Bunga Selecta
Bosan dengan suasana perkotaan dan theme park, segarkan mata di area taman bunga Selecta, di lokasi ini sejauh mata memandang kita akan disuguhkan aneka ragam bunga dan pepohonan yang terdiri dari berbagai jenis, untuk berkeliling di hamparan bunga dan pepohononan pengunjung disediakan track khusus untuk berjalan agar tidak tersesat. Selesai berkeliling dari taman bunga, kita bisa mencicipi aneka kuliner khas Malang seperti sate kelinci.


Jl Raya Selecta, Kota Wisata Batu
Jam Buka: 09.00 – 16.00
HTM: Weekday Rp. 15.000, Weekend Rp. 20.000,-

Ya, kota Batu - Malang adalah destinasi wisata favorit saya, saya merasa di kota ini wisatanya sangat beragam, lengkap dan harganya sangat ramah di kantong. Setelah menikmati beragam wisata, sayapun tak lupa mencicipi aneka kuliner khas Malang seperti sate kelinci, rumah sosis Bandung, bakso bakar Malang, ketan alun-alun Batu maupun menikmati jajajan khas tempo doloe di Toko Oen.

Selesai urusan transportasi dan tempat wisata, satu lagi yang harus diperhatikan adalah tempat menginap, bookinglah penginapan secara online untuk menghindari kamar penuh pada saat weekend atau long holiday. Biar tidak kehabisan kamar, bookinglah hotel melalui klikhotel.com, dan menariknya kita akan mendapatkan diskon khusus dari tarif normal, jadi murah banget deh.

Cara bookingnya sangat mudah yaitu :

Salah satu andalan hotel ketika di Kota Batu - Malang adalah Hotel Pohon Inn yang letaknya di area Jatim Park II/Batu Secret zoo, sensasinya kita seperti menginap didalam hutan, lalu ada juga Klub Bunga Butik resort dengan fasilitasnya yang sangat lengkap dan semuanya bisa di booking melalui klikhotel.com sangat mudah.


"Tulisan ini disertakan dalam Lomba Menulis Artikel KlikHotel : Indonesia Kebanggaanku"

You Might Also Like

3 komentar

  1. Hallo mba, kalau dari batu secret zoo ke museum angkut apakah ada transportasi umum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya ngga ada, coba pakai gojek. Sekarang udah masuk Malang.

      Delete