Colmar Tropicale, Desa Perancisnya Kuala Lumpur

Pagi ini, kami berencana untuk mengunjungi Colmar Tropicale, sebuah resort yang akhir-akhir ini ngehits di kalangan wisatawan Indonesia. Lokasinya berada Berjaya Hill Resort di Pahang - Bukit Tinggi - Kuala Lumpur. Colmar Tropicale dapat ditempuh dengan satu jam perjalanan dari pusat kota Kuala Lumpur.

Transportasi untuk ke colmar tropicale hanya ada dua cara, yaitu menggunakan shuttle bus dari Colmar Tropicale, pick up poinnya di Berjaya Time Square Mall. Shuttle bus ini hanya ada 4 kali sehari, mulai pukul 09.30 - 20.30. Setiap shuttle busnya hanya mampu menampung 15 orang, padahal peminat wisatawan yang ingin ke Colmar Tropicale sangat banyak dan banyak pula yang mengeluh sulitnya membeli tiket shuttle Colmar Tropicale, karena letaknya yang berada di lantai 8 Berjaya Times Square Mall.



Saya sempat mengirim email, untuk memesan shuttle bus, namun saya kurang cocok dengan jam yang diberikan. Jadi, karena sudah full penumpang saya tidak bisa memilih jam yang saya inginkan, jam keberangkatan yang tersedia adalah hari Minggu pukul 12.00 dan pulang pada pukul 20.30, padahal di hari Minggu tersebut, kami pulang ke Surabaya pukul 21.00.

Alternatif kedua adalah naik taksi yang menjadi pilihan saya. Karena takut kena palak taksi di Kuala Lumpur, saya kemudian meminta tolong resepsionist hotel untuk memesankan taksi yang muat untuk 5 dewasa dan satu anak. Pilihannya adalah taksi merah putih dengan  mobil proton. Menurut resepsionist, tak banyak sopir taksi yang tahu tentang Colmar Tropicale. Kami dimohon bersabar untuk menunggu si resepsionis untuk mendapatkan driver taksi.

Setelah menemukan taksi yang cocok, dan setelah nego harga, saya dapat harga RM 300 pulang pergi dan si sopir nungguin 3 jam disana. Ini kemudian saya bagi 5 orang dewasa jadi kenanya RM 60. Sedangkan kalo pakai shuttle bus juga kenanya RM 60, kalo nyamannya pasti lebih nyaman taksi kan...

Saya mendapat driver taksi sekitar umur 60 tahunan, mirip-mirip karakter di tokoh film Hongkong yang lengkap dengan kaca mata retro-nya. Si driver ini juga mengubah mindset saya tentang driver taksi di Malaysia, orangnya sabar, dan gaya nyetirnya ngga ugal-ugalan. Padahal nih, sewaktu browsing banyak yang mengeluh pusing atau "jackpot" karena jalan di colmar tropicale ini meliuk-liuk naik keatas, sedangkan kami karena gaya nyetirnya yang kalem sampai ketiduran hihihi...

Sewaktu perjalanan, saya melewati kawasan wisata Genting, tampak pula beberapa bus pariwisata yang memadati tol yang menuju Bukit Tinggi - Pahang ini. Rupanya, Colmar Tropicale berada sekitar 20 menit dari kawasan Genting. Namun, jalan menuju colmar tropicale lebih ekstrim karena menanjak di puncak tertinggi. Bahkan karena mobil kami full penumpang, untuk menanjak Ac mobil dimatikan. Untunglah, suhu dikawasan ini berhawa sejuk dan segar.





Masuk dikawasan Colmar Tropicale kami dikenakan biaya RM 13 (dewasa) dan RM8 (anak-anak), jika naik shuttle bus Colmar Tropicale bebas biaya masuk. Kawasan resort yang bertemakan "A French Themed Resort" sangatlah luas, terdiri dari hotel, golf, japanese village dan botanical garden. Ada juga seperti permainan flying fox, berkuda dan 6D motion advanture, tapi harganya gitu deh...kayaknya mahal...kalo saya sih cari yang gratisan.

Di Colmar Tropicale bisa ngelakuin hal ini, tapi ada biayanya






Weekend di Colmar Tropicale, rupanya penuh dengan wisatawan. Banyak wisatawan mancanegara mendominasi kawasan resort ini. Colmar Tropicale didesain mirip dengan desa Perancis, meski belum pernah ke Perancis tapi saya bisa merasakan hawa seperti di Eropa. Cantik dan indah sekali untuk berfoto, meski hawanya sejuk dengan panas menyengat, tak menghalangi wisatawan untuk mengabadikan momen.

Sewaktu googling banyak yang bilang, kalo ke Tropicale itu ngga perlu lama-lama, cukup 3 jam-an kita pasti sudah merasa bosan. Saya juga merasakan hal yang sama, jadi di Colmar Tropicale itu kami memang ngga bisa ngelakuin apa-apa selain berfoto. Disini hanya ada kawasan deretan restoran dengan harga yang lumayan menguras kantong. Demi duduk sambil menikmati suasana sekitar, saya hanya french fries dan air mineral. Bukan karena irit sih, tapi masih kenyang karena efek sarapan nasi kandar yang porsinya "Gede" banget.





cuma pesan ini hehe


Sarapan saya sebelum ke Colmar Tropicale ---- Nasi Kandar


Beberapa menu di beberapa restoran di colmar tropicale




Biasanya, jika ke Colmar Tropicale itu sekalian ke japanese village yang satu kawasan resort. Untuk mencapai japanese village disediakan shuttle bus terbuka untuk mencapainya. Konon, di japanese village, kita bisa mengelilingi taman ala Tokyo dan sekalian bisa menyewa kimono. Nah, karena adek saya salah baca Japanese Village berbayar kami mengurungkan niat kami. Ternyata setelah saya baca lagi rupanya Japanese Village itu gratis, namun kalo ingin menikmati ceremonial tea akan dikenakan biaya. Yah, miss comm ini yang membuat kami gagal ke Japanese Village.

Tiga jam di Colmar Tropicale, si driver taksi sudah setia menunggu kami didekat lobby. Cinta banget sama si bapak ini, sayang ngga bisa English dan susah diajak ngomong pake bahasa Indonesia. Padahal dia kan juga pake bahasa melayu. Untuk komunikasi, agar paham yang kami maksud. Saya ngomongnya harus, satu kata berhenti satu kata lagi berhenti seperti "Turun di KLCC Mall, Tidak di Hotel Lagi" orangnya senyum-senyum sambil manggut-manggut.



duh, fotografernya siapa sih ini, tiang juga difoto


Jadi benerkan Colmar Tropicale asik buat foto-foto? Jangan lupa pakai fashion kece, seperti stripe blouse kekinian. Happy Traveling!!!

You Might Also Like

27 komentar

  1. nah ini lho mba fotonya banyak,,,hehe. kecee...abisss. kenapa orang jarang kesini ya kalau ke Malaysia. ah..sebagai pecinta vintage classic europe..ini masuk list paling atas

    ReplyDelete
  2. Mirip themed park jadinya, dan sptnya daerah sekitar Berjaya ini mgkn dibuat gaya ke-Eropaan ya? #cmiiw
    Krn Cormal Tropicale deket nih dgn resort yg kek kastil di Eropa gt, The Cahteau Spa

    ReplyDelete
    Replies
    1. The Chateau itu juga bagus, kebun teh bergaya eropa

      Delete
  3. Itu emang suasanya yurop banget yaa, ga berasa kayak di Malaysia keliatannya hihi. Barutau ada tempat ini.. kalau genting sih udah pasti tau. Btw porsi makanan segabruk itu emang bikin bahagia yaaa bwahahaha tooos! *kemudian pecah2in kaca -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal totalan di timbangan badan hahaha

      Delete
  4. Wah tempatnya bagus banget, baru tau ada tempat cantik begini di Malaysia ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip-mirip sama farm house Bandung :) ke Bandung aja lebih dekat

      Delete
  5. Enak ya Mbak kalau ramean bisa sewa taksi... pertama ke KL mau ke sini, udah lari-lari ke lantai 8 Berjaya Times Square eh full. Ketiga kali ke KL, mau ke situ, mau reserve, eh dia minta scan credit card depan belakang... ya kalik :( Atau transfer ke rek dia, yang kalau dari bank Indonesia kan ongkos transfernya lebih mahal dari yang ditransfer :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wots ngeri kalo harus scan KK depan belakang, takut disalahgunakan. Saya baca banyak loh traveler yg gagal berangkat dari berjaya, akhirnya betinisiatif patungan naik taxi. Lumayan kalo dibagi orang banyak :)

      Delete
    2. Mba maaf mau tanya reserve apa ya yg diminta scan cc bolak balik? Kalo mau reserve shuttle Bus ke Colmar ya? Thx in adv

      Delete
    3. Waktu itu sih saya disuruh transfer tapi nggak jadi saya book karena jadwal nggak cocok. Tapi pengalaman UNa disuruh scan CC. Coba langsung email aja, mereka akan segera menjawab.

      Delete
  6. mba vika mau tanya kalau saya mau menginap di colmar tetap harus beli tiket pp dari berjaya timesquare atau ada shuttle bis untuk tamu hotel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya shuttle bus yg di berjaya times square itu untuk tamu hotel ya meskipun ngga gratis, tapi karena peminat turis yang kesana banyak, jadi tamu hotel ngga dapat prioritas. Coba email di reservation@colmartropicale.com.my untuk informasi jelasnya.

      Delete
  7. Dari kapan tau pengen kesini tapi belom kesampean karena tiap ke KL pasti cuma sebentaran aja transit..kira2 bisa naek Uber gak ya kesana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin waktu di Malay pengen nyoba Uber tapi ketika disana ngga kepikiran hehehe

      Delete
  8. Asik banget ih di fotonya sepiiii. Pergi ke sana pas kapan mba?
    Sayang banget tapi ya gak nyobain ke Japanese Villagenya :)

    ReplyDelete
  9. Kebetulan cari tentang colmar dapet lg di blognya dek vika, kalau kita mau ke colmar sm gernting hingland kira2 bs sekali jalan dalam satu hari dengan mobil rental ya dek ?.

    ReplyDelete
  10. Hi mbk... klo ke genting dulu setelah itu langsung ke colmar dlm satu hari enaknya sewa taksi dr KL y? Please infonya mbk soalnya bulan depan sy mau ke KL... rencana dr genting langsung k colmar... ohy tiket colmar bs dibooking online ga?
    Thanks ats jawabannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sewa taksi dari KL ke genting dan colmar sepertinya akan over budget, kecuali kalo budget ngga jadi msalah sih gpp. Soalnya waktu itu aja saya PP KL ke colmar trus kesepakatan sopirnya nungguiin 3 jam itu biaya 300ringgit.

      Saran saja sih sebaiknya gini, naik bus ke Genting trus explore genting. Nah dari genting naik taksi ke colmar trus pulangnya sekalian sopir taksi nungguin dan ngantar ke KL. Atau pulangnya book dulu dengan shuttle bus nya colmar.

      Tiket colmar bisa book by email reservation@colmartropicale.my

      Delete
  11. Mau nanya klo dr bukit bintang mau ke genting bisa naik bus ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Genting ya bukan colmar? Kalo ke Genting memang harus naik bus, startnya bisa dari KL sentral atau terminal Pudu. Coba googling express bus Genting, kalo nggak salah biayanya 78ringgit return dan sebaiknya book online.

      Tapi genting yg outdoor park lagi di renovasi total baru buka lagi awal tahun 2017. So far sih kalo cuma mau jalan2 untuk naik cable car atau indoornya masih bisa :D

      Delete
  12. mbak mau tanya...kalo hari minggu shutle busnya tetap beroperasikah? krn pernah ada yg share kalo hari minggu tempat pembelian tiket yg di berjaya tutup....berarti kalo mau kesana di hari minggu hatus pesan via email ya?trus susahkah mencari taxi di colmar?terima ksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. shuttle bus tetap beroperasi kak, karena waktu itu saya juga dapat schedule yang hari Minggu tapi nggak saya ambil karena jadwalnya mepet dengan kepulangan. Sebaiknya info tiket dan jam buka langsung menghubungi via email saja, mereka fast respond.

      Untuk taxi dari colmar ke KL nggak ada kak, rata-rata yang kesana sudah book taxi pulang pergi seperti saya..jadi disana memang tidak ada taxi yang stand by.

      Saran sih kalo pesan shuttle bus mending hari sebelumnya, jadi hari sebelumnya kita sudah mendapatkan tiketnya dengan datang langsung ke tempat pembeliannya, karena kalau via email diharuskan transfer dan tentu saja ada biaya transfer :D Kalau rame-rame bareng teman atau keluarga saya sarankan naik taksi lebih nyaman :D

      Delete
  13. terima kasih banyak....benar benar terbantu dg blog nya mbak vika bagi saya yg masih newbie dlm urusan ke LN

    ReplyDelete
  14. halo kak salam kenal :) mau tanya waktu itu naik taksinya berapa orang satu taksi? hahaha makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya sengaja pesan yg taksi bukan sedan, tapi yg kayak toyota wish tapi punya proton. 1 mobil kuisi 4 orang dan 1 anak umur 5 tahun :D

      Delete