Mari Ikut Gerakan Indonesia Tangkal Kolesterol Bersama Nutrive Benecol

Setelah sebelumnya sukses hadir di Jakarta dan Bandung, Indonesia Tangkal Kolesterol yang dipersembahkan oleh Nutrive Benecol akhirnya menyapa Surabaya (21/8). Event ini bertujuan untuk mengkampanyekan menjalankan pola hidup sehat TANGKAL Kolesterol tinggi dari sekarang, bersama Kita Turunkan Resiko Stroke dan Penyakit Jantung Koroner. Pun ketika saya mendapatkan undangan via email saya sangat tertarik untuk mengikuti event yang berlangsung di Dyandra Convention Centre ini.

Pukul 07.00 sudah tampak antrian pengunjung memadati bagian registrasi, padahal event ini baru dimulai pada pukul 08.00. Baiknya memang semakin datang pagi maka kita dengan leluasa untuk mendapatkan fasilitas cek kolesterol gratis, cek jantung coroner, dan foto gratis di both yang disediakan tanpa antri. Adapula beberapa both produk Kalbe Nutritionals dan disediakan coffe dan teh secara gratis.

Registrasi peserta




cek kolesterol gratis




cek jantung koroner


beberapa produk kalbe nutritions


foto cetak gratis




A photo posted by Diarysivika (@diarysivika) on


Ketika tepat jam 10.00, acara dibuka dengan pertunjukan tarian, selanjutnya acara dilanjutkan dengan Live Smart Cooking Show bersama dr Penihadi P, MKM (Gz), Aksi senam B-Fit dari Ema Puspa Nirmala dari Instruktur Aerobic Atlas Sport Club, dan Talkshow Interaktif bersama Dr Agus Subagjo, Sp.JP (K) Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari RS RSUD Dr Soetomo.




Live Smart Cooking Show
Salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan mengawasi asupan dan pola makan. Banyak sekali fakta-fakta menarik yang saya dapatkan dari penuturan dr Penihadi seperti : 


  • Makanan enak bagi sebagian orang adalah makanan yang digoreng, dan diberi tambahan bumbu seperti mayonnaise, saus atau yang mengandung campuran seperti nugget. Makanan enak dan sehat seharusnya makanan yang mendekati rasa aslinya, seperti daging ya rasa daging. Makanan tersebut juga haruslah kaya bumbu berkhasiat. 
  • Usahakan untuk mencincang makanan sendiri di rumah seperti daging karena kita bisa mengetahui takarannya. Makanan kemasan berbahaya karena terdapat bahan pengawet dan campuran makanan yang tidak kita ketahui. 
  • Untuk memasak boleh menambahkan minyak goreng sedikit, karena konsep minyak baik tetap dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tetap harus memperhatikan batasannya tidak berlebihan. 
  • Konsep menghangatkan makanan yang berulang-ulang dapat menurunkan kandungan gizi dari makanan tersebut, terutama pada sayuran. Buanglah mitos bahwa menghangatkan makanan berulang-ulang akan semakin enak, contohnya sayur lodeh hingga 3 hari akan semakin nikmat bila dipanaskan setelah dari lemari es. 
  • Untuk mensiasati agar tidak menghangatkan makanan, maka masak sesuai kebutuhan jangan berlebihan. - Makan bebek atau tidak masalah asal tanpa kulitnya. Kalo ini sih berat bagi saya jadi lebih baik tidak makan bebek saja, karena kulit bebek lebih nikmat.
  • Menghindari makanan ikan mentah dari luar seperti salmon karena mengandung zat logam merkuri dari pencemaran laut yang mengakibatkan kanker. 

Berikut menu yang ditampilkan dalam live cooking :



Menu sehar dr Penihadi


Cholesterol and Healthy Talkshow dr Agus Subagjo
Akhir-akhir ini kita melihat berita infotainment bahwa banyak artis muda yang tiba-tiba meninggal karena serangan jantung, kita bisa mengartikan bahwa baik tua dan muda rawan sekali terkena penyakit jantung karena pola hidup yang tidak sehat.



Serangan jantung dan stroke menduduki dua peringkat teratas penyebab kematian di dunia. Di Indonesia, stroke dan penyakit jantung juga menduduki peringkat teratas penyebab kematian menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia, 2014 lalu.



Salah satu upaya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan mencegah faktor utama penyebabnya Diabetes Melitus (penyakit gula atau kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), kebiasaaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol tinggi. Kolesterol merupakan faktor utama resiko penyakit jantung dan stroke, orang dengan kadar kolesterol tinggi, beresiko hingga dua kali lipat menderita penyakit jantung dibandingkan orang dengan kadar kolesterol normal.

Kolesterol sebenarnya penting bagi tubuh anda, karena setiap sel dalam tubuh mengandung kolesterol yang bentuknya seperti lemak, namun tidak bercampur dengan darah, yang merupakan air. Kolesterol sangat penting bagi kesehatan anda, tetapi jika terlalu banyak akan berbahaya. Setiap 1 dari 2 orang dewasa menderita kolesterol tinggi, tak terkecuali apakah muda atau tua, apakah rajin berolah raga atau tidak.

Lima makanan yang wajib dihindari untuk mencegah kadar kolesterol jahat adalah kuning telur, telur ikan, hati, mentega dan udang. Kolesterol tinggi biasanya tanpa gejala, namun biasanya masyarakat Indonesia sering berasumsi lewat tanda seperti pusing pada bagian belakang kepala, pegal pada tengkuk dan pundak, serta nyeri pada bagian dada bagian kiri seperti rusuk.

Gerakan Senam B-Fit Bersama Ema Puspa Nirmala
Dengan rajin berolah raga terntunya dapat menghindari kolesterol, senam B-Fit adalah dapat dilakukan di area kerja, gerakannya sangat sederhana namun sangat bermanfaat bagi tubuh. Ada 4 gerakan dalam B-Fit yaitu Sprint, Elbow to Knee, Jumping Jack Seat dan Seat Knicking.




Untuk menekan kolesterol sebaiknya olahraga dengan membakar 500 kalori dalam sekali aktifitas. Gerakan B-fit apabila dilakukan dengan benar dapat membakar sedikitnya 500 kalori selama 45 menit laihan. Wah olahraga ini sangat mudah dilakukan, saya akan berkomitmen untuk berolahraga setiap hari demi hisup sehat.

Indonesia Tangkal Kolesterol
Tujuan dari event ini adalah Mengajak masyarakat Indonesia mengenal kolesterol, Menurunkan yang terlanjur tinggi, Mendorong rutin mengontrol kadar kolesterol dan Meminimalkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

perwakilan dari kalbe nutritions


Jadi nggak ada kata terlambat buat kita untuk hidup sehat, yuk mulai TANGKAL Kolesterol Tinggi, caranya bisa dimulai dengan :
  • Teratur Periksa Kolesterol
    Seperti dipaparkan diatas bahwa kolesterol tidak memiliki gejala, untuk mengetahuinya maka melakukan pemeriksaan secara teratur. Lakukan pemeriksaan kolesterol 1 bulan sekali untuk memantau kadar HDL, LDL, VLDL dan TGL. Level kolesterol dikatakan tinggi apabila Kolesterol Total di bawah 200mg/dl, kolesterol jahat atau LDL dibawah 100 mg/dl, Kolesterol baik atau HDL di atas 60 mg/dl. 
  •  Awasi Asupan dan Pola Makan 
  • Beberapa jenis makanan yang perlu dibatasi untuk menjaga kolesterol adalah :
    • Lemak Jenuh, contohnya mentega, daging olahan, minyak kelapa sawit dan minyak kelapa. Gantilah dengan minyak zaitun atau minyak jagung. Protein Hewani Batasi protein hewani seperti daging sapi, ayam, kambing, bebek, ikan,kuning telur dan lain-lain sebanyak 140 gram dalam sehari. 
    • Lemak Trans, jenis lemak ini terdapat dalam margarin, krankers, biscuit, keripik, dan lain-lain. 
    • Kudapan, batasi krankers, muffin, cupcake, roti dan beragam jenis kue, karena makanan tersebut dibuat kebanyakan dari lemak jenuh. 
    • Daging Berlemak , ganti dengan daging ayam atau kalkun tanpa kulit, daging sapi bebas lemak (lean beaf), sapi muda atau ikan. 
    • Makanan Cepat Saji, menu makanan di restoran cepat saji umumnya mengandung banyak lemak, terutama lemak jenuh. 
    • Produk susu, batasi susu, krim, keju, es krim, dan krimmer kopi. Karena umumnya memiliki kadar lemak lebih dari 1% Seafood Walau ikan sehat tapi ada jenis makanan laut yang harus dibatasi karena mengandung tinggi lemak, seperti lobster, udang atau cumi-cumi.
  • Nikmati Hidup Tanpa Rokok dan Minuman Berakohol
  • Merokok dan minuman berakohol dapat menyebabkan kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung coroner dan stroke. 
  • Giat Berolahraga Senam B-Fit
  • Kendalikan Berat Badan dan Hindari Stress Kolesterol tinggi banyak diderita oleh orang dengan pola makan berlemak, gaya hidup tidak sehat dan kesibukan bekerja. Janganlah makan berlebihan seperti makanan mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega dan kuning telur.
  • Awasi Tekanan Darah Anda
  • Tekanan darah yang tidak terpantau, baik itu tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah, sama beresiko bahayanya. Tekanan darah tinggi meneningkatkan risiko penyumbatan di pembuluh darah, kolesterol akan mudah menyumbat pembuluh darah jika tekanan darah terlalu tinggi, begitu pula risiko ini sama halnya dengan tekanan darah rendah. 
  • Lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari

Cara Enak turunkan Kolesterol
Ketika saya mengecek kadar kolesterol di event ini, jumlah HDL, LDL, VLDL dan TGL semua dalam batas normal, sedangkan beberapa teman saya yang berat badannya jauh lebih kurus berkilo-kilo dari berat badan saya mengalami kolesterol tinggi. Saya bisa menyimpulkan bahwa bertubuh kurus atau ideal kita tetap memperhatikan asupan dan pola makan serta mengecek secara teratur kadar kolesterol, karena nggak semua yang bertubuh gemuk berkolesterol, meskipun badan gemuk risikonya lebih tinggi.







Tetapi saya mengalami tensi tekanan darah tinggi hingga 150, padahal saya tidak mengalami pusing kepala atau badan lemas. Tekanan darah tinggi ini tidak bisa saya anggap sepele karena akan beresiko terkena penyakit kolesterol tinggi, jantung dan sebagainya.





Menurunkan kolesterol itu ternyata mudah dan enak, Nutrive Benecol 2x sehari, dalam 2 sajian perbotolnya mengandung 3,4 gram Plant Stanol Esther yang mampu untuk menurunkan kolesterol yang setara dengan 6 mangkok oat, setara 30 buah apel dan setara 30 pisang. Rasanya pun saya sangat menyukainya dengan rasa manis, kecut dan menyegarkan.

Mengapa Nutrive Benecol
Nutrive Benecol merupakan produk pangan fungsional keluaran Kalbe Nutritionals. Melalui kandungan unggulannya yaitu Plant Stanol Ester yang terbukti mampu menurunkan kolesterol hingga 7-10% dalam 2-3 minggu serta menurunkan risiko penyakit jantung coroner. Produk ini aman dan bebas efek samping karena berasal dari bahan alami dan Plant Stanol Ester sudah mendapatkan status GRAS (Generally Recognized As Safe) dari FDA (Food and Drug Administration) Amerika.

Plant Stanol Ester memiliki struktur seperti kolesterol dan berperan menangkal penyerapan kolesterol di system pencernaan. Ada 4 rasanya yaitu blackcurrant, strawberry, orange dan lychee dengan campuran smoothie. Favorit saya yang rasa strawberry dan lyche segar banget di tubuh.



Selain itu adapula sereal yang bergizi tinggi serta mengenyangkan. Nutrive Benecol tidak mengandung tambahan gula pasir sehingga aman untuk penderita diabetes dan enak untuk turunkan kolesterol.

Ternyata menurunkan kolesterol itu mudah ya… Andai waktu bisa diputar kembali saya menginginkan mengajak ayah saya untuk hadir di acara ini, namun beliau meninggal dunia satu bulan lalu karena kanker, penyebabnya salah satunya karena kolesterol tinggi. Saya pun mulai berkomitmen untuk hidup sehat mulai hari ini, demi keluarga dan masa depan. #IndonesiaTANGKALKolesterol #NutriveBenecol

Website : www.nutrivebenecol.com
Facebook : http://facebook.com/nutrivebecolindonesia/
Twitter : @NutriveBenecol
Instagram : @NutriveBenecol_id
Youtube : www.youtube.com/NutriveBenecol/
Pembelian tiket online.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Kok Jogja nggak disamperin ya :( Aku pernah iseng cek kolesterol, hasilnya mayan tinggi padahal masih di bawah 30. Jadi pengen ikutan juga ni gerakan ngurangin kolesterolnyaa, tfs ya mba Fika ^^

    ReplyDelete