Biasanya kalau lagi ingin jalan-jalan yang tidak terlalu jauh dengan memanfaatkan liburan akhir pekan, saya pergi ke Singapore. Dengan waktu dua jam saja menggunakan pesawat terbang dari Surabaya saya sudah bisa sampai di Singapore. Apalagi tiket pesawat ke Singapore yang murah dan tanpa visa membuat pengeluaran traveling tidak terlalu membengkak.

Bulan lalu saya baru saja pergi ke Singapore bersama keluarga. Perginya tanpa perencanaan sama sekali karena begitu ada tiket pesawat murah langsung saya booking. Untuk penginapan saya memilih di kawasan Bugis yang merupakan kawasan favorit saya dengan deretan kuliner halal dan tempat belanja yang terjangkau.

Tiga hari di Singapore ini saya pilih hari Jumat, Sabtu dan Minggu yang bertepatan dengan liburan tanggal merah. Itinerary saya buat santai tidak terlalu penuh karena bersama anak.

Itinerary
Jumat:
Saya mengambil penerbangan pagi dari Surabaya pada pukul 09.50 dan sampai Singapore sekitar jam 13.00. Setelah check inn di Hotel Amaris di kawasan Bugis, dan makan siang di Qiji Restaurant di Bugis Junction, lalu saya menuju destinasi pertama di Gardens By The Bay.

Gardens By The Bay adalah sebuah taman kota di kawasan Marina. Luas tamannya sekitar 101 hektar yang terbagi dalam beberapa spot. Ada tiga spot yang menjadi favoritnya wisatawan yaitu Flower Dome, Cloud Forest dan Supertree Grove.

garden by singapore

Sore itu di kawasan Gardens By The Bay sangat ramai wisatawan, maklum kalo lagi liburan panjang tanggal merah biasanya Singapore selalu ramai. Untung saja saya sudah membeli tiket masuk wisata Gardens By The Bay di Traveloka, jadi saya cukup menukarkan tiket di loket khusus pembelian online. Tidak perlu antri seperti membeli tiket langsung yang lumayan panjang antriannya.

Tiket Gardens By The Bay yang saya beli di Traveloka termasuk tiket masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest. Masuk di Flower Dome hawanya sejuk sekali, mirip dengan rumah kaca dengan pendingin ruangan yang sekelilingnya merupakan taman bunga. Puas di Flower Dome kami masuk di Cloud Florest dengan konsep pegunungan yang memiliki air terjun.

garden by
Flower Dome
garden by 3garden by 2

Dari Gardens By The Bay, kami menuju ke Merlion. Di lokasi Merlion ini kami sekedar foto-foto dan menuju makansutra Glutton's Bay untuk makan malam. Glutton's Bay menjadi hawker favorit saya karena banyak makanan halal dan tidak jauh dari patung Merlion. Glutton's Bay merupakan destinasi terakhir saya di hari pertama saya di Singapore, setelah itu saya kembali ke hotel.

merlion
Merlion
glutton bay
Gluttons Bay
Sabtu:
Hari ke dua di Singapore, rencananya saya akan menghabiskan waktu di kawasan Sentosa di Universal Studio dan Trick Eye Museum. Kami berangkat pagi dari hotel menuju Vivo City Mall yang merupakan stasiun MRT terakhir menuju kawasan Sentosa. Dari Vivo City Mall kami melewati Sentosa Broadwalk untuk berjalan kaki ke Sentosa. Kami sengaja tidak mengambil monorail karena ingin menikmati pemandangan laut Sentosa.

Kami melaksanakan ritual wajib dengan berfoto di depan globe Universal Studio yang merupakan spot wajib untuk berfoto. Setelah itu kami menukarkan tiket yang sudah saya beli di Traveloka di loket khusus antrian online. Andaikan saya belum membeli tiket online pasti saya tidak sanggup antri karena waktu itu pengunjungnya luar biasa banyak, bahkan ada beberapa pengunjung yang kecewa karena tiket habis untuk membatasi pengunjung yang masuk ke Universal Studio.

USS Singapore 1

Di Universal Studio kami menikmati semua wahana-wahana yang terbagi dalam beberapa zona seperti transformer, the mummy, jurassic park, hollywood dan beberapa zona lainnya. Untuk permainan saya memilih yang cocok untuk anak saya yang masih balita, dan menonton pertunjukan tokoh-tokoh animasi yang jadwalnya saya ambil di Customer Service.

universal studio 1

Sekitar pukul 17.00 saya keluar dari Universal Studio, lalu menuju ke Trick Eye Museum. Tempat Trick Eye Museum ini tidak terlalu luas, namun peminatnya cukup banyak. Saya melihat antrian pengunjung di depan pintu masuk untuk membeli tiket masuk. Namun karena saya sudah membeli tiket online di Traveloka, jadi kami bisa langsung masuk.

Trick Eye Museum ini berkonsep trik tipuan mata dengan media 4 dimensi berupa lukisan dan patung yang asalnya dari Korea Selatan. Untuk berfoto agar terlihat seperti tipuan mata akan ada contoh-contoh foto yang terpajang di dinding museum. Keluarga kami yang narsis maka betah sekali berada di Trick Eye Museum.

trick eye
Trick Eye Museum
trick eye 2

Setelah dari Trick Eye Museum, kami kembali ke Vivo City Mall dan makan malam di Food Republic. Selanjutnya kembali ke hotel dengan menggunakan MRT.

Minggu
Hari terakhir di Singapore, itinerary saya buat lebih santai dibandingkan dengan hari sebelumnya. Kami pun sengaja bangun siang karena jadwalnya cuma jalan-jalan dan berkuliner di kawasan Bugis, Orchard, Chinatown, dan Little India.

Spot pertama saya berburu foto di Haji Lane di kawasan Bugis yang lokasinya tidak jauh dari hotel kami menginap. Haji Lane merupakan gang sempit namun banyak toko-toko mungil dengan dekorasi yang bagus untuk background foto.

haji lane 1
Haji Lane

chinatown 1
Chinatown

Puas berfoto di Haji Lane,Little India dikawasan Tan Teng Niah House yang penuh dengan mural cantik. Menuju Chinatown kami makan siang di People Park Complex Food Center dan mencari oleh-oleh di kawasan Pagoda Street. Selanjutnya kami melanjutkan jalan-jalan di Orchard. Di Orchard merupakan destinasi terakhir kami di Singapore karena pukul 19.00 kami harus menuju Changi Airport untuk kembali ke Surabaya.

Antrian Lebih Cepat Memesan Tiket Aktivitas dan Rekreasi di Traveloka
Sebelum saya berangkat ke Singapore, saya sudah memesan seluruh tiket wisata di Traveloka. Setelah itinerary selesai, saya sudah merencanakan akan mengunjungi Gardens By The Bay, Universal Studio dan Trick Eye Museum.

Dengan memesan tiket aktivitas dan rekreasi di Traveloka ini sangat menolong saya untuk antrian yang lebih cepat. Apalagi ketika liburan panjang maupun libur akhir pekan, Singapore selalu penuh dengan wisatawan. Seluruh tempat-tempat wisata di Singapore akan penuh dengan pengunjung, kalau saya tidak memesan tiket online di Traveloka, pasti saya sudah lelah antri untuk membeli tiket wisata di loket wisata.

Cara memesan tiketnya cukup mudah, yaitu
  1. Masuk dan login di website traveloka,
  2. Cari attraction & activities wisata yang sesuai
  3. Pilih wisata yang diinginkan dengan memasukkan tanggal kedatangan, dan jumlah pengunjung.
  4. Selanjutnya klik pesan tiket.
  5. Setelah melakukan pembayaran, maka tiket akan dikirimkan di email
  6. Di lokasi wisata, tunjukkan print out pemesanan tiket di loket wisata untuk pemesanan online. Selanjutnya kita dapat masuk wisata tanpa antri.
Pesan Tiket Wisata di Traveloka
Tiket Universal Studio Untuk 2 Dewasa dan 1 Anak

Dengan memesan seluruh tiket wisata di Traveloka, saya bisa menghemat waktu masuk tempat wisata karena perjalanan singkat saya yang hanya tiga hari bersama keluarga di Singapore. Semoga kami bisa mengunjungi Singapore kembali dan memilih aktivitas & rekreasi yang berbeda dari itinerary kali ini.