Itinerary ke Da Nang, Hoi an dan Hanoi Vietnam adalah sebuah perjalanan "angan-angan" atau sebut saja sebuah impian. Entah kenapa di Tahun 2023 ini banyak sekali liburan long weekend tapi hati saya belum tergerak untuk liburan, rencana sih ada tapi belum ada yang mau diajak. Mau ngajak anak katanya nggak suka kalau alamnya sama kayak Indonesia, pengennya sih dia ke Negara K-Pop. Mau solo kok ya lagi males.

Nah, salah satu impian saya di Tahun 2023 ini "mungkin" Vietnam. Kenapa Vietnam? Ya karena saya belum pernah ke sana, dan Vietnam lagi naik daun dikalangan traveler. Ada beberapa kota di Vietnam yang menjadi incaran traveler, sebut saja ada Ho Chi Min City, Hanoi, Sa Pa, Da Nang, Hoi an, Pulau Pu Qoach dan sebagainya. Namun saya lebih tertarik ke 3 kota Vietnam yaitu Da Nang, Hoi An dan Hanoi. Itinerary yang saya buat ini berdasarkan riset jadi nggak asal-asalan. 

Rencananya sih pengen banget libur yang santai 8 hari ketiga kota tersebut. Jadi saya buat Itinerary seperti ini :

Hari ke-1 - Da Nang (Sabtu)

Airasia 05.10 - 08.40 (Surabaya - Kuala Lumpur)

AirAsia 13.35 - 15.15 (Kuala Lumpur - Danang)

Saya memilih tujuan utama saya di Da Nang, perjalanan dari Surabaya dan sampai di Da Nang sore hari. Estimasi sih keluar bandara jam 16.00. Transportasi termudah menuju ke pusat kota dari bandara yaitu naik grab, pun jaraknya cuma 5km jadi nggak terlalu mahal ongkosnya. 

Hotel yang saya pilih kemungkinan ini :

The Now Boutique Hotel

Setelah Check Inn lanjut ke Helio Night Market. Untuk transportasi naik grab dari hotel, jaraknya sekitar 3 km.

Helio Night Market ini pusatnya jajanan dan toko-toko kecil penjual pernak-pernak. Ya mirip-mirip sama yang ada di Bangkok. 

Hari ke-2 - Da Nang (Minggu)

Ba Na Hills dan Golden Bridge

Kalau ke Da Nang maka wajib banget ke Ba Na Hilss dan Golden Bridge. Meskipun harga tiket dan transportasinya bikin mengelus dada, tapi sayang banget kalau dilewatkan. Rencananya sih saya paling gampang ambil paket tour yang di klook saja. Harga per-orang sekitar Rp. 720.000, harganya sudah termasuk bus PP, tiket masuk dan tiket kereta gantung. Trip dimulai jam 08.00 - 17.00. Jadi seharian bakalan di Ba Na Hiils dan Golden Bridge.

Son Tra Night Market dan Golden Bridge

Sama halnya seperti Bangkok, di Vietnam juga banyak night market. Sekalianlah cari makan sama lihat pertunjukan Golden Bridge yang katanya cuma ada setiap weekend.

Hari ke-3 - Da Nang (Senin)

Karena liburannya panjang dan nggak dikejar waktu, maka hari ke-3 masih pengen eksplore Da Nang. Seharian rencananya cuma makan, ngopi dan foto. Transportasinya pakai grab motor aja lebih murah dan nggak ribet.

Makan di Restoran Halal Thia Go 

Ada salah satu restoran halal di Da Nang yaitu Halal Thia Go. Hari ini mau puas-puasin menu khas Vietnam seperti Spring Roll, Pho dan Pancake.

Jalan-Jalan ke Han Market

Kalau dilihat Han Market ini mirip-mirip sama Pasar Atum dan Pasar Turi di Surabaya. Nggak niat belanja sih tapi pengen lihat suasananya aja karena beda Negara pasti beda suasana. Siapa tau asiknya sama kayak Gwajang Market di Korea.

Ngopi di Cong Pa Che

Nggak lengkap kalau belum ngopi, Cong Pa Che ini salah satu kafe yang ramai di Da Nang. Lokasinya juga masih sekitaran Han Market

Makan Seafood di Hai San Moc Quan

Salah satu restoran seafood di Da Nang yaitu Hai San Moc Quan. Pengen nyobain seafood dan bandingin sama yang ada di Indonesia enak mana.

Love Lock Bridge dan Nikmati Pantai

Lokasi Love Lock Bridge itu nggak jauh dari Golden Bridge. Disini pengen ambil foto aja sambil nikmati lautnya. 

Hari ke-4 - Hoi An(Selasa)

Untuk ke Hoi An saya memilih transportasi Shuttle bus yang pesan lewat klook. Saya pilih yang jam 10.00 pagi dan start dari Holiday beach Da Nang Hotel yang jaraknya sekitar 1,5km dari hotel tempat saya menginap. Perjalanan ke Hoi An dari Danang ini sekitar 1,5 jam.

Ada 2 alternatif hotel di Hoi An yang akan saya pilih : Thanh Binh Central Hotel atau Hoi An Ivy Hotel dengan budget hotel 350 ribuan.

Sebelum check inn hotel karena biasanya baru boleh sekitar jam 15.00. Mau kuliner Bahn Mi Phuong dulu. Lanjut Check Inn Hotel.

Explore ke Kota tuanya Hoi An dulu lalu kulineran lagi (hehheehhe...) chicken rice khas Vietnam namanya com ga ba buoi c. Bukanya sekitar jam 17.00 - 20.00.

Malamnya yang wajib kalau ke Hoi An adalah ke Night Market.

Hari ke-5 - Hoi An (Rabu) 

Pagi-pagi mau ngopi khas Vietnam yang egg coffe di Cong Cafe. Lalu lanjut makan di Po Thung yang katanya Po paling enak di Hoi An. 

Eksplore lagi ke kota tuanya Hoi An

Rencananya saya mengambil flight jam 15.00 dari Da Nang ke Hanoi, Tiketnya antara 500 ribu-650 ribuan. Jadi saya harus naik shuttle bus dulu dari Hoi An menuju Da Nang Airport sekitar pukul 10.00. Shuttle bus saya booking dulu di Klook. Untuk lokasi shuttlenya ada di Hoi An Express Office (30 Tran Hung Dao).

Estimasi sampai di Hanoi jam 16.35. Transportasi ke kota saya memilih Grab.

Saya menginap di Hanoi HM Boutique Hotel dengan rate Rp. 500.000,-an yang lokasinya dikawasan favorit turis old quarter.

Hari ke-6 Hanoi (Kamis)

Di Hanoi hari pertama mau full leyeh-leyeh dan kulineran. Rencananya udah ngelist kuliner di Pho Tin, ngopi di Cafe Giang, Kem Trang Thien Truyen, Cha Ca Ta Long.

Ke Train Street Hanoi (wajib), jadwal keretanya yaitu :

Mon-Fri: 6.00 AM, 7.00 PM
Sat-Sun: 6.00 AM, 9.00 AM, 11.20 AM, 3.20 PM, 5.30 PM, 6.00 PM, 7.00 PM, 7.45 PM, 8.30 PM, 9.00 PM, 11.00 PM


Hari -ke7- Hanoi(Jum'at)

Tur Ha Long Bay (estimasi Rp. 650.000). Perjalanan dari Ha Noi ke Ha Long Bai sekitar 3 jam, lumayan jauh. Untuk ikut trip dimulai dari jam 08.00 pagi s.d jam 18.00 sore. Lagi-lagi aku ambil paket di klook saja yang sudah pasti, takut kena tipu kalau pilih travel yang asal-asalan. Penjemputan klook ini di Hanoi Opera House. 

Malamnya kalau belum klenger langsung ke Hanoi Night Market.

Hari - ke 8 (Sabtu)

Seperti biasanya saya memulai hari untuk kuliner lagi. Sarapan pagi di Bahn Mi 25 dan nyobain dessert terkenal di Hanoi yaitu Che Bon Mua Dessert. Udah habis itu lanjut ke airport.

Pesawat Scoot

13.10 - 17.45 Hanoi - Singapore

08.20 - 09.35 Singapore - Surabaya

....

Kalau ditotal pengeluaran ke Vietnam itu banyak banget karena tiket pesawatnya saja dari Surabaya ke Vietnam sudah 3 juta. Belum lagi tiket pesawat antar kota sekitar 500ribu s.d 600ribu. Bisa sih naik bis tapi saya lebih menghemat waktu. Nah paling mahal itu ke Ba Na Hills yang pengeluaran sehari perorang bisa sejuta. Selanjutnya ke Ha Long Bay juga wajib banget yang harga tripnya 500-600ribuan. 

Gimana-gimana pengen ke Vietnam? Saya mau menghitung pengeluarannya dulu baru berangkat heheheh....