Sedikit cerita sebelum saya ingin berbagi informasi tentang "Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang", saya ingin menceritakan bahwa ayah saya meninggal tahun 2016 yang lalu dikarenakan kanker darah atau leukimia. Lima tahun sebelum terkena kanker darah ayah saya sempat terkena kanker kelejar getah bening. Selama satu tahun pengobatan akhirnya dinyatakan sembuh. Siapa sangka lima tahun kemudian terkena kanker darah, mirisnya kanker tersebut baru diketahui dua minggu sebelum meninggal karena sebelumnya hanya dinyatakan sakit limpa. 

Kanker itu bisa sembuh..asal diagnosa dan pengobatannya tepat. Maka pilihlah Rumah Sakit Kanker Terbaik untuk sembuh.

Kanker saat ini menempati urutan ke-3 penyebab kematian di Indonesia. Pada tahun 2020, terdapat hampir 400.000 pasien baru yang didiagnosis menderita kanker. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah selama 5 tahun ke depan.

Untuk pengobatan kanker, selalu penting untuk menemukan rumah sakit yang terdiri dari tim dokter dan fasilitas medis yang sangat terspesialisasi dan mutakhir.

Penang telah menjadi salah satu tujuan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia untuk pengobatan kanker. Pada tahun 2019, sekitar 500.000 orang Indonesia melakukan perjalanan ke Penang untuk perawatan medis. Dan hampir 10% dari mereka melakukan perjalanan ke Penang untuk pengobatan kanker.

Rumah sakit di Penang terkenal dengan dokter-dokternya yang berpengalaman, fasilitas dan perawatan medis yang canggih, serta harga perawatan yang terjangkau berbanding dengan negara lain seperti Singapore.

Tantangan Bepergian ke Penang untuk Pengobatan Kanker Tanpa Bantuan

Banyak pasien dan keluarga mereka telah melakukan perjalanan ke Penang untuk pengobatan kanker sendiri, tanpa mendapatkan bantuan dari fasilitator medis luar negeri.

Merencanakan dan mengatur pengobatan kanker di luar negeri tanpa fasilitator medis luar negeri tidaklah mudah. Tanpa dipungkiri kalau misalnya ada yang sakit kita selalu panik dalam hal menentukan keputusan yang tepat, untuk itu sangatlah diperlukan fasilitator.

Berikut adalah beberapa tantangan yang dihadapi oleh pasien dan keluarga mereka ketika merencanakan dan mengatur pengobatan mereka sendiri di luar negeri:

  • Menghabiskan waktu dan energi

Bepergian sendiri berarti Anda harus merencanakan seluruh perjalanan Anda. Hal ini termasuk mencari tahu siapa dokter dan rumah sakit terbaik, khususnya untuk kondisi medis Anda. 

Anda juga harus mencari tahu berapa lama Anda akan tinggal di Penang, maskapai penerbangan, hotel, dan moda transportasi apa yang akan Anda gunakan saat tiba di Penang. 

Anda kemudian harus membuat janji dengan dokter sendiri dan kemudian memastikan semuanya berjalan lancar.

Semua ini membutuhkan banyak waktu dan energi, yang sangat menantang ketika ada anggota keluarga yang telah didiagnosis menderita kanker.

  • Lebih mahal

Merencanakan perjalanan Anda sendiri, seharusnya dapat menghemat uang Anda, karena Anda tidak perlu membayar biaya layanan kepada orang lain untuk mengatur semuanya. Seharusnya, Anda juga dapat menghemat biaya perawatan, karena tidak ada biaya tambahan.

Namun kabar baiknya adalah, mereka menjamin bahwa layanan mereka100% gratis, dan biaya perawatan juga tetap 100% sama meskipun Anda menggunakan layanan mereka.

Oleh karena itu, jauh lebih bermanfaat untuk menggunakan layanan Health Facile ketika ingin ke rumah sakit Penang untuk pengobatan kanker.

Bahkan, layanan mereka dapat menghemat uang Anda, karena mereka memastikan Anda mendapatkan perawatan dari dokter dan rumah sakit yang tepat. Hal ini akan menghemat biaya konsultasi dan perawatan yang tidak perlu.

Selain itu, mereka membantu memastikan bahwa Anda memulai dengan spesialisasi dokter yang tepat. Penanganan kanker modern melibatkan banyak dokter spesialis dan subspesialis yang berbeda. Tidak lagi ditangani oleh satu dokter saja dari awal hingga akhir.

Sebagai contoh, seorang pasien kanker payudara ditangani bersama oleh ahli bedah payudara dan ahli onkologi. Pada tahap awal tertentu, mungkin hanya melibatkan dokter bedah payudara, tanpa ahli onkologi.

Dengan mengetahui kondisi medis Anda, mereka dapat membantu merekomendasikan Anda kepada dokter yang tepat sejak awal, sehingga Anda dapat menghemat banyak biaya.

  • Hasil perawatan yang tidak maksimal

Sebagian pasien mungkin akan berobat ke rumah sakit yang tidak memiliki spesialisasi dalam pengobatan kanker. Rumah sakit ini biasanya tidak dilengkapi dengan teknologi terbaru dalam pengobatan kanker, yang mengakibatkan hasil pengobatan yang tidak maksimal.

Dalam hal teknologi dalam pengobatan kanker, sebagian besar teknologi yang lebih baru biasanya dapat memberikan diagnosis yang lebih akurat dan pemberian pengobatan yang lebih baik. Hal ini memungkinkan pasien untuk mendapatkan hasil pengobatan yang lebih baik, sekaligus mengurangi efek samping.

Contoh teknologi modern dalam pengobatan kanker termasuk mesin radioterapi terbaru dan mesin PET scan.

Tentang Health Facile

Health Facile (dibaca “Fasil” dari asal kata fasilitator) adalah fasilitator medis luar negeri dan juga perwakilan resmi rumah sakit terkemuka di Malaysia, termasuk rumah sakit Sunway Medical Centre, Island, Gleneagles, Pantai, dan banyak lagi.


Health Facile adalah perusahaan Malaysia yang terletak di Kuala Lumpur (dengan nama Health Facile Sdn Bhd). Health Facile didirikan pada tahun 2017, dan dengan lebih dari 6 tahun pengalaman dalam membantu pasien dari Indonesia untuk mendapatkan pengobatan dari dokter dan rumah sakit yang tepat di Malaysia.

Sebagai hasil dari pengalaman selama bertahun-tahun, tim mereka juga dapat berkomunikasi dengan lancar dalam Bahasa Indonesia.

Tim ini terdiri dari individu-individu yang bersemangat yang memiliki pengalaman selama bertahun-tahun bekerja di bidang kesehatan (healthcare), mencakup industri seperti laboratorium medis, apotek, rumah sakit, dan perusahaan farmasi.

Di Health Facile, memiliki moto sederhana: “Treat others like how we treat family”, perlakukan orang lain seperti kita memperlakukan keluarga kita. Tujuan Health Facile adalah menghubungkan pasien dengan dokter dan rumah sakit yang tepat di Malaysia. Dan mempermudah pengalaman perjalanan medis pasien.

Rumah Sakit Mitra Health Facile di Penang

Berikut adalah daftar rumah sakit mitra resmi Health Facile di Penang:

Gleneagles Penang

Island Hospital Penang

Loh Guan Lye Specialist Centre

 Layanan yang Disediakan

Karena Health Facile merupakan perwakilan resmi rumah sakit di Penang, semua bantuan dari mereka bisa didapatkan secara gratis. Pelayanan yang disediakan oleh Health Facile adalah:

  • Memberikan informasi mengenai prosedur terbaru untuk berobat ke rumah sakit di Penang
  • Merekomendasikan dokter dan rumah sakit sesuai keluhan dan preferensi pasien
  • Memberikan perkiraan biaya berobat di rumah sakit di Penang
  • Mengecek jadwal dokter dan membuat janji dokter
  • Mengatur penjemputan bandara
  • Memberikan rekomendasi untuk penerbangan, transportasi, hotel dan apartemen (tidak ada layanan pemesanan, pasien akan memesan sendiri)
  • Rencanakan perjalanan pasien ke Penang (kapan harus bepergian dan berapa hari untuk stay di Penang)
  • Mengurus kelengkapan dokumen untuk asuransi
  • Membantu pasien selama mereka tinggal di Penang.

Mengapa Health Facile

Dengan banyaknya perwakilan rumah sakit yang ada saat ini, mengapa Anda harus memilih Health Facile?

  • Tim Health Facile Memiliki Keahlian Khusus dalam Memfasilitasi Pengobatan Kanker

Memutuskan dokter dan rumah sakit terbaik lebih dari sekadar merekomendasikan dokter yang paling populer atau yang sedang ngetren.

Memilih dokter dan rumah sakit terbaik adalah proses yang disesuaikan untuk setiap pasien kanker. Tidak ada dua pasien yang sama. Setiap pasien memiliki diagnosis, stadium kanker, usia, kondisi fisik, kondisi keuangan, rencana perjalanan, dan preferensi pribadi yang unik dalam hal dokter dan rumah sakit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari saran dari para profesional yang memiliki pengalaman dalam membantu pasien kanker.

Di Health Facile, tim telah memfasilitasi pasien kanker dari Indonesia ke dokter dan rumah sakit terbaik di Penang selama hampir 4 tahun. Oleh karena itu, mereka dapat merekomendasikan Anda kepada dokter secara akurat berdasarkan kebutuhan medis dan pribadi Anda.

Tim Health Facile juga dapat memandu Anda melalui proses pengobatan kanker di Penang, untuk memberi Anda lebih banyak kepastian.

Health Facile juga dapat membantu Anda memahami berapa banyak uang yang harus dipersiapkan, atau apa yang harus dilakukan jika Anda ingin menggunakan asuransi Anda untuk pengobatan kanker di Penang.

Semua ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan terbaik.

  • Berbasis di Malaysia

Sebagian besar perusahaan perwakilan rumah sakit berbasis di Indonesia. Itu berarti mereka mungkin tidak up-to-date dengan hal yang terbaru di Penang. Health Facile yang adalah perusahaan yang berbasis di Malaysia, Anda dapat yakin bahwa Health Facile selalu up-to-date dengan berita dan kejadian terkini di Malaysia, termasuk pengobatan terbaru yang tersedia dan bahkan dimana kuliner lokal terbaik berada!

Yang terbaik dari semuanya adalah tim di Health Facile dapat berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia, berkat pengalaman mereka selama 6 tahun dalam memfasilitasi orang Indonesia ke rumah sakit di Malaysia.

  • Dukungan selama Anda tinggal di Penang

Sebagian besar perwakilan rumah sakit hanya membantu Anda hingga Anda tiba di Penang. Tetapi dengan Health Facile, Anda dapat merasa yakin dan aman mengetahui bahwa tim mereka akan membantu Anda selama Anda tinggal di Penang.

Anda dapat menghubungi Health Facile melalui WhatsApp kapanpun saat Anda membutuhkan bantuan.

  • Berpengalaman dalam Memfasilitasi Warga Negara Indonesia

Health Facile memiliki pengalaman lebih dari 6 tahun memfasilitasi pasien, sejak 2017. Oleh karena itu, Anda dapat berangkat dengan yakin mengetahui bahwa rekomendasi yang diberikan oleh tim tersebut akurat.

Mereka juga memiliki pengalaman yang mencakup berbagai kondisi medis, termasuk:

Kanker, Bedah Otak, Bedah Umum, Bayi Tabung (IVF) Dan banyak lagi

  • Respon yang Cepat

Tim di Health Facile bekerja penuh-waktu, oleh karenanya mereka dapat memberikan respons yang cepat untuk memastikan Anda mendapatkan pengobatan secepat mungkin.

Jam layanan mereka adalah dari:

Senin - Jumat (7.30 - 16.30 WIB)

  • Layanan Gratis, Biaya Pengobatan Sama

Health Facile menyediakan semua layanan diatas untuk Anda, tanpa tambahan biaya apapun. Yang terbaik dari semuanya adalah biaya pengobatan dan rumah sakit tetap sama, tidak ada perbedaan harga meskipun Anda menggunakan layanan mereka.

Semua pembayaran untuk perawatan di rumah sakit langsung dituju ke rekening bank rumah sakit juga (tanpa perlu membayar melalui Health Facile). Oleh karena itu tidak ada kebingungan dalam proses pembayaran Anda.

  • Bermitra dengan Rumah Sakit Terbaik di Malaysia

Health Facile bermitra dengan rumah sakit ternama di Malaysia, dari hampir semua kota, termasuk Penang, Kuala Lumpur, Malaka, dan Johor.

Beberapa rumah sakit rekanan mereka termasuk:

Sunway Medical Centre, Subang Jaya Medical Centre, Pantai Hospital Kuala Lumpur, Gleneagles Kuala Lumpur, CVSKL, IJN, Alpha IVF, Genesis IVF Penang, Island Hospital Penang, Gleneagles Penang, Pantai Hospital Penang, Pantai Ayer Keroh dan Gleneagles Medini Johor.

Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang

Berikut ini adalah 3 rumah sakit kanker terbaik di Penang:

1. Gleneagles Penang

Gleneagles Penang adalah salah satu rumah sakit kanker terbaik di Penang yang sudah dikenal oleh ribuan orang Indonesia yang berobat kesana setiap tahunnya. Didirikan pada tahun 1973, Gleneagles Penang merupakan rumah sakit swasta pertama di Penang.

Mereka baru-baru ini melakukan perluasan dan rumah sakit ini memiliki kapasitas 360-tempat tidur, serta didukung oleh lebih dari 100 dokter spesialis.



Gleneagles Penang dianugerahi sebagai Medical Tourism Hospital of the Year se-Asia Pasifik Tahun 2023 di Global Health Asia Pacific Awards 2023.

Gleneagles Penang juga telah diakreditasi oleh Joint Commission International (JCI) dan Malaysia Society of Quality in Health (MSQH).

Sebagian besar pasien yang melakukan perjalanan ke Gleneagles Penang adalah untuk pengobatan jenis tipe kanker berikut: kanker serviks, ovarium, usus, hati, pankreas, dan kanker darah seperti limfoma, leukemia dan multiple myeloma.

Beberapa fasilitas dan peralatan pengobatan kanker yang tersedia di Gleneagles Penang meliputi:

Radiotherapy – Elekta Versa HD

Stereotactic Radiosurgery (SRS) dan Stereotactic Radiotherapy (SRT) – Elekta Versa HD

CT scan – Toshiba Aquilion One 640-Slice CT Scanner

MRI scan – 3T Siemens Skyra MRI Scanner

Mammogram 

Alamat Lengkap:

1, Jalan Pangkor, 10050 George Town, Penang, Malaysia.

2. Island Hospital Penang

Island Hospital telah menjadi rumah sakit favorit di Penang di kalangan masyarakat Indonesia selama 20 tahun terakhir. Island telah terkenal dengan pembedahan ortopedi dan tulang belakangnya.

Dengan peluncuran gedung barunya, yang dikenal sebagai “Peel Wing“, Island Hospital sekarang menjadi rumah sakit swasta terbesar di Penang.




Didirikan pada tahun 1996, Island Hospital adalah rumah sakit dengan kapasitas 600 tempat tidur yang memiliki lebih dari 70 dokter spesialis.

Island sekarang dilengkapi dengan pusat pengobatan nuklir dan radioterapi khusus. Hal ini memungkinkan PET scan dilakukan untuk menentukan stadium kanker secara akurat, sementara mesin Varian Trubeam mampu memberikan perawatan radioterapi yang tepat untuk meningkatkan hasil pengobatan pasien.

Beberapa fokus perawatan di Island Hospital meliputi: Kanker hati, kanker pankreas, kanker kolorektal, kanker perut, kanker payudara, dan kanker prostat.

Fasilitas dan peralatan pengobatan kanker modern yang tersedia di Island meliputi:

Radiotherapy – Varian TrueBeam with HyperArc Technology

Stereotactic Radiosurgery (SRS) dan Stereotactic Radiotherapy (SRT) – Varian TrueBeam with HyperArc Technology

Brachytherapy – HDR Saginova Afterloader

PET/CT scan – Siemens Biograph mCT PET/CT Scanner (FDG 18)

CT scan

MRI scan (3 Tesla dan 1,5 Tesla)

Mammogram – Mammomat Revelation 3D mammography

Alamat Lengkap:

308, Jalan Macalister, 10450 George Town, Penang, Malaysia.

3. Loh Guan Lye Specialists Centre

Loh Guan Lye Specialists Centre (LSC) adalah rumah sakit di Penang yang terkenal untuk perawatan kanker. Didirikan pada tahun 1975, Loh Guan Lye adalah rumah sakit dengan kapasitas 276-tempat tidur dan memiliki lebih dari 70 dokter spesialis.

Loh Guan Lye juga telah diakreditasi oleh Malaysia Society of Quality in Health (MSQH).

Beberapa fokus perawatan di Loh Guan Lye meliputi: Kanker payudara.

Beberapa fasilitas dan perawatan pengobatan kanker yang tersedia di Loh Guan Lye Specialist Centre meliputi:

Radiotherapy

Intraoperative Radiation Therapy (IORT)

PET/CT scan (FDG 18)

CT scan

MRI scan (3 Tesla)

Mammogram 

Alamat Lengkap:

238, Jalan Macalister, 10400 George Town, Penang, Malaysia.

Semoga referensi dari Panduan Memilih Rumah Sakit Kanker Terbaik di Penang bisa membantu dalam memilih pengobatan kanker terbaik. Namun semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tidak dalam keadaan sakit, karena sehat itu sangat mahal maka jangan lupa selalu hidup sehat :)