KULINER SINGAPORE

Tiba-tiba pengen banget nulis tentang kuliner di Singapore, mungkin pengen balik kesana lagi hehehe… Ada yang bilang memang kuliner bikin kangen untuk kembali lagi ke Singapore, selain tempat shoppingnya.

Ada beberapa kuliner yang sempet saya cobain disana

Anjappar Restaurant



Anjappar restaurant (bacanya anjipist) didaerah Little India, di samping Mustafa Center. Kalo ke Mustofa Center sempetin kesini, Meski agak mahal bagi kantong saya tapi rasa tak pernah bohong dan yang pasti halal.

Saya pesan menu dua rice bowl dum briyani andalan menu disini. Pelayan restaurant nulis pesanan pake PDA yang langsung nyambung ke bagian dapur. Jadi meski rame pelayanannya cepet banget. Kebetulan saya kesana malam hari, suasananya rame pengunjung rata-rata wisatawan India.

Menu nasi briyani disini ditaruh di mangkok bukan piring, nasinya cukup banyak satu porsi bisa untuk dua orang plus lauknya ayam kare dan telur. Untuk sambalnya ada dua, satu mayonnaise dengan rasa bawang yang kental n satu lagi kayak bumbu sate tapi rada asem. Untuk minumnya free air putih, disetiap meja disediain teko plus gelasnya.



Kuliner nasi Briyani katanya sih masakan khas dari India. Nasinya dimasak pake daging kambing jadi aromanya khas plus rempah yang kuat. Warna nasinya bukan kuning tapi cenderung merah kekuningan kayak nasgor. Terus terang rasanya enak banget, cocok dengan lidah Indonesia hehe..

Getting There:

Turun di MRT Farer Park, trus keluar MRT exit menuju Mustafa Centre. Anjappar terletak di seberang samping Mustafa Center.

Qi ji Restaurant





Kuliner di Qi ji memang sudah terkenal banget di Singapore, Qi Ji Retaurant ada di Deretan Ruko Bugis Street kawasan Bugis Village, dari KFC bugis jalan aja terus nanti pasti akan ngelewatin. Selain di sini banyak juga cabangnya di mall.

Yang favorit disini Nasi lemak dan Laksanya. Karna waktu itu seharian belum makan nasi saya pesan nasi lemak seharga SGD 4. Rata-rata makanan disini SGD 4-5 tergantung lauknya. Untuk minumnya biar hemat saya bawa minum air mineral sendiri.

Nasi lemak itu mirip kayak nasi uduk aromanya wangi. Untuk porsinya pas banget ga kebanyakan dan juga ga terlalu sedikit.



Getting There:

Naik MRT turun Bugis, keluar ke exit menuju Bugis Street.

Hainanese Chicken Rice



Nasi ayam ini yang paling terkenal di daerah Lau Pa Sat, pusat jajanan di Singapore di daerah sekitar Raffles Quay. Tulisan Lau Pa Sat gede banget jadi gampang nyarinya. Masuk Lau Pa Sat mirip seperti food court yang dibagi dalam beberapa stall. Kalo Hainanese Chicken Rice di Stall Chinese food.

Saya kemudian pesan Hainanese Chicken Rice. Satu porsi terdiri dari Nasi, Ayam dan kuah kaldu, rasanya enak banget. Untuk ayamnya ada dua pilihan steam yaitu di kukus dan dipanggang. Saya pesan yang dipanggang ayamnya kecoklatan, kalo steam berwarna putih. Rasanya enak banget nasinya dimasak dengan kaldu ayam, dan ayamnya terasa crispy luarnya dan dalamnya daging terasa lembut. Satu porsi disini sekitar SGD 5.



Getting There:

Naik MRT turun di Raffles, cari exit menuju Lau Pa Sat.

Laksa di Universal Studio Singapore

Satu lagi kuliner yang wajib di cicipi di Singapore adalah Laksa. Karna waktu saya yang sedikit di Singapore saya baru sempat ngerasain laksa di food court Universal Studio Singapore. Padahal banyak juga referensi Laksa yang enak di Singapore.

Laksa ini isinya mie dengan kuah kari yang pedas dan santan yang kental banget. Saya kira saya bisa menghabiskan satu porsi menu ini, setelah makan hampir separo saya menyerah karna terasa eneg santannya yang kental banget, Udah gitu satu porsi laksa dengan telur dan udang yang melimpah ruah dan satu mangkok isi bakso 4 bikin perut saya kekenyangan. Untuk menghilangkan rasa eneg ada bubur kacang ijo yang free bersama satu porsi laksa. Satu porsi Laksa disini harganya SGD 11.

Saya tidak bisa menghabiskan makanan bukan berarti tidak enak tapi mungkin efek santan yang kental jadi eneg tidak cocok di lidah saya. So far, Laksa harus dicoba ketika jalan-jalan di Singapore.

Cara Ke Sini :

Universal Studio Singapore.

Ice Cream Singapore

Ini yang paling wajib..jib untuk dicoba, ice cream khas di Singapore karna murah meriah. Didaerah Orchard Ice Cream Cuma 1 SGD, Ice creamnya unik dimakan dengan roti dengan rasa Coklat, Vanilla, Strawberry banyak pilihannya. Yang terkenal katanya Uncle Ice Cream, tapi menurut saya rasanya semua sama enaknya. Selain di Orchard saya juga ngeliat penjual Ice Cream di Clarke Quay dan Bugis Street.

Saya juga nyobain Turki Ice Cream di Clarke Quay. Rasanya enak, kental tapi rada mahal harganya SGD 3 untuk satu scoop.

Baca juga KULINER SINGAPORE PART 2

You Might Also Like

9 komentar

  1. Ini makannya halal semua ga mba? Lumayan buat referensi pas jalan2 ke sg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyup, halal semua dan enakkkkk^_^ cek juga yg part 2.

      Delete
  2. ternyata di sinapore banyak nasi juga ya..
    suka banget sama reviewnya.. makasiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, banyak kok resto yang menyediakan nasi kecuali gerai fast food :)

      Terima kasih atas kunjungannya^^

      Delete
  3. makasih reviewnya, saya sudah baca semua part nya, jadi ada referensi hehe...mudah2 an pas saya kesana besok gak naik ya harganya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua bulan lalu saya ke Qiji harganya masih sama ^_^

      Sayangnya, Kurs Singapore makin naik, kalau dikurskan ke rupiah harganya jadi berubah.

      Delete
  4. halo kak, tanya dong kalo dr lau pa sat terus mau ke merlion jauh ga? gmn caranya? hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1 km an, rutenya tanya aja orang sekitar karena saya jelasinnya agak susah karena ada beberapa belokan. Tapi lebih enak rutenya dari merlion ke lau pa sat lebih mudah karena ada papan penunjuk di pinggir jalan.

      Delete