Puang Oca, Seafood Khas Makassar di Surabaya

Jika bulan puasa, saya suka banget nyobain restaurant yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, prinsipnya alhamdulilah kalau saya dapat referensi tempat baru dengan rasa enak, namun jika tidak ucapkan “say good bye” gak usah balik lagi.

Restaurant yang saya kunjungi kali ini bersama keluarga adalah Puang Oca, restaurant ini bukanlah sebuah restaurant baru, namun tahun 2014 ini saya baru sempat mencobanya dan jujur saya juga baru mendengar gaungnya beberapa minggu ini. Yang istimewa dari Puang Oca adalah konsep restaurant yang menyajikan masakan khas Makassar, lalu yang berbeda dari restaurant seafood lainnya adalah bahan-bahannya yang didatangkan langsung dari Makassar, dan bersiaplah mendengar nama beberapa ikan yang masih asing di telinga kita seperti kudu-kudu, papakulu, katamba, lacukkang dan masih banyak yang lainnya.
(ikan fresh yang bisa dipilih sendiri)

Sebelumnya untuk mendapatkan tempat duduk saya booking terlebih dahulu melalui telepon, meski booking dadakan saya masih mendapatkan tempat duduk, jadi bisa diartikan jika kita langsung menuju lokasi tanpa booking dahulu kita tak perlu takut untuk tidak kebagian tempat. Pukul 17.00, saya sudah sampai di Puang Oca, meja saya yang bersama 4 keluarga sudah terhidang free takjil es buah.

Untuk suasana restaurant di Puang Oca adalah berkonsep minimalis modern dengan dominan warna putih dan pastel, kebersihan ruangannya cukup oke namun wastafel sedikit kurang bersih. Bagi umat muslim selesai berbuka bisa langsung sholat maghrib karena tesedia musholla di ruang belakang restaurant dan yang cukup oke, mukenanya wangi hihihi


(Interior minimalis)


Ketika membaca buku menu saya sedikit kebingungan untuk menentukan pilihan karena di buku menu untuk masakan seperti ikan-ikanan, kepiting, kerang tidak tercantum harganya, jadi saya khawatir jika harganya akan mahal, alasan mereka tidak mencantumkan harga karena menu-menu tersebut dihitung per-onsnya jadi mahal dan murah tergantung dengan beratnya. Sayapun bertanya tentang harga kepiting asap yang merupakan favorit restaurant ini, harganya per-ons adalah Rp. 42.000,- sedangkan beratnya minimal adalah 6 ons (silahkan hitung sendiri hehehe….). Kali ini saya tidak berniat untuk memesan kepiting, nunggu THR dulu kayaknya hahaha…

Lalu pesanan saya adalah ikan Kaneke yang dimasak bakar, menurut waitres ikan kaneke ini tekstur daging dan rasanya mirip dengan kepiting, cumi saos nanas, kangkung cah polos, kerang tahu, tahu puang oca dan udang sito asap.

Semua pesanan saya terhidang dengan cepat dalam waktu sekitar 15 menit kesemuanya tersedia di meja, salut deh terhadap pelayanan Puang Oca.

Ikan Kaneke bakar
Pesanan saya yang merupakan rekomendasi dari waitres merupakan the best banget deh… rasa dagingnya enak banget mirip dengan kepiting dan tidak amis, ikannya juga merupakan ikan fresh dengan dimasak bakar sangat oke banget.

(Ikan Kaneke Bakar 4,5 ons Rp. 49.500,-)


Udang SIto Asap
Favorit di Puang Oca adalah seafood yang dimasak sito asap, karena saya tidak memesan kepiting sito asap, saya memesan udang asap yang juga merupakan favorit di Puang Oca. Udang sito asap ini dibungkus dengan daun pisang yang dibakar, ketika dihidangkan kemudian daun pisang dibuka wanginya khas sekali dan sedap. Udang yang dimasak adalah jenis udang jombo windu yang berisi 5 buah, bumbu asap ini meresap hingga kedalam daging udang..ahhh sungguh sangat recommended yang harus dan wajib dicoba.

(Udang Sito Asap Rp. 135.000,-)

Kerang Tahu Saos Padang
Awalnya saya pesan kerang tiga rasa yang merupakan favorit restaurant ini, sayangnya kerang tersebut habis dipesan, sebagai gantinya saya pesan kerang tahu yang dimasak saos padang. Kerang tahu ini jenis kerang yang imut-imut, dagingnya tak begitu besar alias mini, untuk rasa saos padangnya cukup oke meresap hingga kedalam kerang.

(Kerang Tahu Saos Padang Rp. 22.000,-)

Cumi Saos Nanas
Untuk rasa cumi asam manis yang saya pesan rasanya biasa saja, mungkin karena bumbu asam manis tidak match dengan masakan lain yang saya pesan jauh lebih nikmat.

(Cumi Saos Nanas Rp. 35.000,-)

Tahu Puang Oca
Favorit selanjutnya yang banyak dipesan adalah tahu puang oca yang merupakan tahu isi berisi udang dan beberapa sayuran. Aroma tahu isi sangat khas, berbeda dengan tahu isi yang dijual di kaki lima karena rasanya enak bingiiiit namun harga juga gak bisa bohong, seporsi berisi 4 tahu harganya Rp. 30.000,- hehehe

(Tahu Puang Oca Rp. 30.000,-)

Cah Kangkung Polos
No spesial biasa aja...
(Cah Kangkung Polos Rp. 18.000,-)



Overall, rasa makanan di Puang Oca ini sangat recommended...suerr deh benar-benar enak, jika makanan habis kuah masakannya dimakan dengan nasi saja terasa sangat enak hingga tetes terakhir hehehe.... Untuk harga sesuailah dengan porsinya, jika punya kartu kredit BNI ada diskon 30%, ANZ 15 % dan Bukopin 50%. Untungnya saya pakai kartu kredit BNI jadi lumayanlah setelah diskon 30% dan jangan lupa ada biaya tambahan pajak 10% dan service 5%.
Total pengeluaran di puang Oca (lumayan diskonnya)


Beberapa menu yang tersedia di Puang Oca :











PUANG OCA SURABAYA
Alamat: Jl. Manyar Kertoardjo no 45, Surabaya
Telepon:(031) 599009 Jam Buka: 10.00–22.00

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ngilerr bangett sama cumi saos nanasnyaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..... Di Jakarta puang oca ini juga ada cabangnya loh mbak :)

      Delete