Cara ke River Safari, Singapore

River Safari


River Safari. Saya suka dengan Singapore yang mengemas wisatanya sangat apik. Sebelum launching wisata baru mereka akan melakukan promosi besar-besaran. Lalu website maupun transportasinyapun sudah disiapkan dengan baik dan sangat informatif. Saya yakin siapapun yang melihat promosinya akan dibuat penasaran, sayapun seringkali tergiur untuk menyambangi beberapa wisata di Singapore. Salah satu wisata di Singapore yang tergolong baru adalah River Safari yang dibuka pada tahun 2013. Kala itu promosi wisatanya sangat gencar sehingga menarik hati ini untuk segera menuju wisata tersebut.

Akses menuju River Safari ini sangat mudah. Jika pernah mengunjungi Singapore Zoo, lokasi kedua wisata ini bersebelahan dalam satu area namun berbeda konsep dan pintu masuk. Cara menuju kesana yaitu dengan menaiki MRT kemudian disambung dengan naik bus. Dimulai dari MRT turun di Ang Mo Kio (line merah) exit C langsung belok kekanan mengikuti jalan, kemudian dilanjutkan dengan naik bus no: 138. Untuk menaiki bus nantinya akan ada pemberhentian bus dan tanda bus no 138. Perjalanan untuk naik bus sekitar 30 menit. Tak perlu khawatir tersasar ketika naik bus, karena bus akan berhenti di Singapore Zoo dan River Safari sebagai pemberhentian terakhir dan banyak sekali orang turun di River Safari. Sebenarnya banyak cara menuju River Safari yang dapat dilihat diwebsitenya, namun cara saya ini adalah paling hemat waktu dan mudah. Info transportasi lain bisa dilihat di riversafari.sg

Oh ya, jika ingin berhemat sebaiknya sarapan dulu atau bungkus makanan di Ananas Cafe. Lokasi Anana Cafe setelah keluar dari Ang Mo Kio exit C, Ananas Cafe ada disisi kiri. Harga makanan di Ananas Cafe ini cukup murah, jadi akan menghemat pengeluaran daripada makan di food court River Safari yang sangat mahal sekitar SGD 10/up sedangkan di Ananas harganya dibawah SGD 5. Kalo dibungkus nanti bisa dimakan diarea food court, lokasi food court didepan pintu masuk jadi bebas membawa makanan dari luar, sedangkan jika sudah masuk diarea River Safari tidak diperbolehkan membawa makanan.

Ananas Cafe




Chicken Rice

Seperti yang saya jelaskan diatas, bus tepat berhenti dihalte River Safari. Saya kemudian berjalan sebentar menuju gate masuk wisata. Karena saya tidak melakukan booking online saya membeli langsung di loketnya, harga tiket adalah SGD 28 untuk dewasa, sedangkan dibawah 12 tahun adalah SGD 18. Ketika saya membeli tiket saya sudah diberikan informasi oleh petugas bahwa boat ride belum operasi, maklumlah waktu itu tahun 2013. Saat ini boat ride sudah beroperasi dan untuk menaiki boat ride akan dikenakan tambahan tiket sebesar SGD 5. Untuk berhemat bisa melakukan booking online karena akan ada diskon 15% dan jangan lupa cek operasi boat ride karena biasanya akan ada maintenance dalam beberapa bulan. Cek di boat ride dan tiket

Tiket River Safari

Setelah mengganjal perut dengan bekal ananas cafe tadi, saya kemudian bersama rombongan memasuki area River Safari. Jangan bingung memasuki gate antara Singapore Zoo dan River Safari, karena didepan gate akan tertulis informasi dengan jelas. Tiket saya berikan petugas dan akan ada pemeriksaan tas, saya kemudian diperbolehkan memasuki area River Safari.









Meski bukan Weekeend, area River Safari ini sangat-sangat ramai. Saya pun mendengar beberapa bahasa dari beberapa Negara, gaung River Safari ini memang sangat heboh. Jika dilihat dari suasananya sangat mirip dengan Batu Secret Zoo yang ada di Malang, kemiripan ini terlihat dari area kebun binatang yang dapat dilihat seperti Aquarium.

Area selanjutnya adalah Giant Panda Forest, Panda tersebut bernama Kai-kai dan Jia-Jia. Pengunjung akan dibawa masuk ke ruangan ber-AC yang sangat dingin, ruangan tersebut disetting seperti hutan yang ditinggali si Panda. Masuk ke area ini pengunjung dilarang bersuara keras dan hp harus silent. Bayangan saya, saya akan melihat tingkah Panda yang lucu, namun tak seperti harapan saya si Panda tertidur pulas dengan background pantatnya yang bahenol dengan jarak yang lumayan jauh. Pengunjungpun berebut mengabadikan pantat si Panda, haduuuh pada lebay…

Foto panda diwebsite







Keluar dari Area Panda, saya melihat danau buatan yang nantinya akan ada boat ride. Meski saya belum mencoba boat ridenya kayaknya bakal biasa banget menaiki kapal ini. Kesan saya sih tentang River Safari ini sangat biasa, sayang banget mengunjungi River Safari ini mending ke Batu Secret Zoo yang ada di Malang yang masuknya cuma Rp. 75.000,- Memang gambar dan promo adakalanya tak sesuai dengan aslinya dan harapan kita. Mungkin ada yang sudah mencoba boat ridenya , bisa share disini.







River Safari

80 Mandai Lake Road, Singapore
Tel: (65) 6269 3411
Getting Here :
MRT Ang Mo Kio exit C, take bus 138
Opening Time: 9.00am
Closing Time: 6.00pm
Admission Fee Adult $28.00 Child $18.00
Amazon River Quest boat ride Adult $5.00 Child $3.00
River Safari Cruise boat ride Adult $5.00 Child $3.00
Website :
www.riversafari.com.sg

You Might Also Like

3 komentar

  1. ngelihat tempat ini jadi betah deh, motretnya kece abiz jadi siip di pandang mata :)

    ReplyDelete
  2. mba, ini letaknya sebelahan sama si singapore zoo?? jadi setelah kesini bisa lgsg ke singapore zoo tanpa harus naik apa2 lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebelahan satu area :) loket tiketnya juga sama.

      Cuma jalan kaki sepuluh langkah hehhehe *justkid

      Delete