Warung Jumbo Surabaya, Favoritnya Menu Arab.

Lagi puasa gini cocoknya ngomongin menu berarorama Arab a.k.a yang serba kambing. Di Surabaya nih, gampang banget nemuin warung-warung yang menyediakan makanan timur tengah. Melipir saja ke kawasan Ampel yang merupakan kampung Arab. Selain untuk ziarah ke Sunan Ampel, di kawasan ini kita bisa belanja perlengkapan muslim dan tentunya berwisata kuliner. Eits, sebelum berwisata kuliner berbahan kambing, cek dulu kadar kolesterolnya hehehe

Kalo ngomongin masalah makanan Arab pastinya kita akan berburu yang namanya nasi kebuli. Yes, nasi yang mengandung kaldu kambing beserta antek-anteknya (baca :kambing) ini banyak sekali ditemui di kawasan Ampel seperti Depot Madinah, Depot Hj Umaiyah dan Depot Yaman. Pecinta kuliner di Surabaya-pun memiliki referensi warung favoritnya. Kali ini yang menjadi “jujugan” saya adalah Warung Jumbo.

Dari segi lokasi, Warung Jumbo ini mudah sekali ditemukan, karena lokasinya tepat berada di Rumah Sakit Al-Irsyad yang terletak di Jl Kh Mas. Mansyur. Dibandingkan dengan warung nasi kebuli lainnya, Warung Jumbo ini terlihat lebih mewah, bersih dan luas. Tempat duduknya pun banyak, bisa menampung pengunjung dalam jumlah banyak apalagi ketika bulan Ramadhan yang pengunjungnya makin membludak.




Berbeda dengan warung lainnya, untuk memesan menu makanan kita langsung order ke bagian kasir, jadi mirip-mirip resto fast food. Minusnya jika pemesanan model begini, karena tampang seperti saya ini mikir menu itu lama banget karena harus menghitung totalnya dulu wekekeke Menunya ada banyak seperti nasi kebuli, nasi briyani, nasi tomat, kambing bakar, kambing oven dan berbagai menu lainnya. Kebetulan kali ini karena kulinernya bawa rombongan banyak jadi pesan menunya pun “maruk” hehehe Oia, kalo ngga suka dengan menu kambing, diwarung jumbo ini juga menyediakan menu arab tersebut disandingkan dengan ayam.



Menu di warung jumbo (klik untuk memperbesar)



Nasi briyani Kambing(35k)


Menu makanan ini adalah menu khas India. Biasanya nasi yang digunakan adalah nasi khusus yaitu beras basmati. Beras basmati itu berbentuk pajang dan kalo dimasak tidak lengket satu sama lain (apa ya istilahnya…hahaha) Sayang di warung jumbo ini nasi yang digunakan adalah nasi biasa dan punel. Untunglah tidak mengurangi rasa, nasi briyani pesanan kami dengan kaldu kambing ini sukses tanpa bau “prengus kambing” dan daging kambingnya pun tak perlu usaha keras untuk mengkoyaknya.


Nasi Kebuli Kambing(35 k)

Nasi ini favoritnya menu di warung Jumbo ini. Nasi briyani yang dimasak menggunakan kuah kaldu kambing dengan tambahan rempah seperti kapulaga dan kayu manis ini, sukses masuk perut saya tanpa bersisa yang dilengkapi dengan daging kambing pula.

Nasi Tomat Kambing(35k)
Ini sih pesanan ibu saya, karena penasaran dengan menu unik nasi tomat. Tentu saja nasinya dicampur dengan tomat dan daging kambing. Rasanya asem-asem dan berorama rempah yang khas. Intinya sih ngga bikin blenger pula. Sayangnya saya lupa untuk mendokumentasikannya :(


Kambing Oven (35k)

Kambing Oven ini merupakan maskotnya menu disini. Banyak yang penasaran dengan daging kambing yang di oven ini, jadi daging kambing tersebut di goreng sebentar kemudian di oven. Enak banget dan empuk sekali, saking empuknya saya suwirnya Cuma menggunakan garpu tanpa sendok pun bisa. Harganya pun murah dibandingkan dengan warung lainnya yang rata-rata Rp. 75.000-an kalo disini hanya Rp 50.000,

Minumnya biar terasa aroma Arab yang kuat saya pesannya jus kurma atau es campur. Warung Jumbo ini tak mengecewakan saya, kambingnya empuk dan ngga prengus. Lokasinya bersih dan adapula musholla-nya. Well, jika ngidam sama Nasi Kebuli kunjungin aja Warung Jumbo, pasti puas.




Warung Jumbo
Jl KH Mas Mansyur 189, Ampel- Surabaya
(Depan masjid AL irsyad)

Jam buka : 09.00 - 22.00
Telp : +62 31 3520307

You Might Also Like

6 komentar

  1. ulalala, iitu nasi Briyani, jadi ingta lomba masak di acara Philips kemarin, grup ku juara 1 hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, aku ngikutin loh ceritanya hehehe

      Delete
  2. Aku suka nasi kebuli waktu di Pekalongan dulu. Suka bau kayumanis & cengkeh di daging kambingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya lupa gak sebut di artikel tentang aroma kayu manis dan cengkehnya :)

      Delete
  3. Wah bikin ngeces nihhh..Hmmmm enaaaaakkk

    ReplyDelete
  4. Dengan begini saya jadi tau tempat-tempat makan yang enak :D. Makasih mbak blog nya bermanfaat sekali, keep update ya.

    ReplyDelete