Wisata Kuliner Halal di Hongkong

Sebelum berangkat ke Hongkong, saya bersemangat membuat itinerary khusus wisata kuliner halal di Hongkong. Andrenalin saya merasa tertantang untuk mencari kuliner halal disebuah Negara minoritas yang rata-rata makanannya mengandung pork. 

Sempat pula saya keluar masuk browsing di blog lain untuk berburu kuliner halal Hongkong, tetapi kok…. Ya, mereka malah banyak berburu wisata kuliner khas Indonesia seperti rawon, gado-gado dan penyetan dengan harga yang sekitar HKD 60, sekitar Rp 100.000,-an. Harga mahal untuk seporsi masakan Indonesia di Hongkong karena bahan-bahan yang digunakan diimpor langsung dari Indonesia.

Sayapun mikir “Duh, masa cepek buat beli rawon sih?”di Indonesia aja harganya cuma Rp 15.000-an sudah dapat daging yang melimpah. Eh, ini bukannya saya sok banget ngga mau kulineran Indonesia loh. Saya juga ngga menyalahkan mereka yang mau berkuliner Indonesia dikawasan Causewaybay seperti Warung Malang atau Sedap Gurih yang lokasinya memang strategis, selain itu konon beberapa orang sulit melupakan "taste" rempah Indonesia yang memang khas.

Beberapa referensi makanan halal di Hongkong mayoritas adalah makanan India dengan rempah yang kuat. Padahal sebenarnya banyak kok makanan halal di Hongkong yang selain masakan India. Biar ngga bosan saya memadu padankan dengan kuliner India, Asia, Hongkong, Turki dan Pakistan, jadi kesannya seperti kuliner di beberapa Negara. Misi selanjutnya adalah cari kuliner halal yang harganya terjangkau dan porsinya banyak hehehe…

Berikut beberapa wisata kuliner halal di Hongkong yang berhasil saya kunjungi :
  1. 1453 Ottoman Mediterranean Turkish Restaurant
Di kawasan Mongkok disekitar Ladies Market, banyak restoran halal bercitarasa India. Namun, saya lebih tertarik dengan salah satu restoran Turkish yang cukup ternama yaitu 1453 Ottoman Mediterranian Turkish Restaurant (namanya panjang banget hehehe).

Masuk kedalam restoran ini, terlihat ruangan yang tak begitu luas yang cukup untuk 40 orang saja. Interiornya khas Turki seperti foto, lukisan dan ada pula tumpukan buku-buku islami yang dipajang didinding restaurant. Yang menarik pengunjungnya tak hanya muslim saja, saya juga melihat banyak warga Hongkong, turis asing bahkan yang berwajah Korea pun ada.


Menu yang paling terkenal di Ottoman adalah kebab turkishnya yang berukuran jumbo. Waktu kesana saya sengaja tidak memesan makanan favorit yang digulung ini karena kangen dengan nasi. Saya memesan Chicken Sach Kebab With Rice (HKD 85) dan Chicken Dinner Kebab Rice (HKD 85), kedua menu ini adalah isi kebab yang dimodikasi dengan nasi yang menjadi pilihan saya.

Chicken Sach Kebab With Rice

Chicken Dinner Kebab With Rice

Chicken Sach Kebab With Rice terdiri dari irisan ayam, tomat, paprika dengan merica yang kuat, rasanya mirip dengan isi kebab, sedangkan Chicken Dinner Kebab terdiri dari irisan ayam yang disuwir-suwir dengan taburan merica.

Saya sih lebih suka dengan rasa Chicken Sach Kebab karena rasanya lebih unik. Untuk pelengkap saosnya, disetiap meja disediakan 4 macam saos yaitu saos tomat, saos sambal, saos mint dan saos bawang putih yang bisa dicocolin sepuasnya.


Saos Khas turki

Menu-menu makanan di Ottoman :



1453 Ottoman Mediterranean Turkish Restaurant
Addres : G/F 19 Tung Choi Street, Mongkok
Open hours : 11.00 – 23.30
Price range: HKD 45 – HKD 145

Getting There :
Mongkok MTR exit E2. Masuk ke Ladies Market disisi sebelah kanan (Ladies Market ada disisi kanan dan kiri). Lalu berjalan lurus ditengan ladies market hingga terlihat jalan raya. Menyeberanglah, ambil sisi paling kanan ladies market melewati toko koper (jangan lewat ladies market yang dibagian tengah lagi). Berjalan lurus hingga bertemu restoran ini disisi kanan dengan nuansa berwarna coklat.


  • The Explore'r Club, Disneyland Hongkong

  • Kalo ke Hongkong pastilah ada agenda wajib mengunjungi Disneyland Hongkong. Dikawasan arena bermain ini tak perlu khawatir kesulitan untuk mencicipi makanan halal. Untuk memudahkan pengunjung, dipeta Disneyland Hongkong tertulis ada dua restoran halal yaitu Tahitian Terrace dengan menu India dan The explorer club dengan menu Asia.


    Pilihan saya tentu saja The explorer club di Zona Mystic Point. Kebetulan tiket saya ada promo sekaligus kupon makan yang bisa pilih makanan dengan harga berapapun. Karena gratis saya pilih yang paling mahal, seharga HKD 138 (termahal bo…).

    Pilihan menu Asia tersedia dari Korea, Indonesia, Jepang, Malaysia dan Singapore. Kebetulan saya kangen dengan makanan Singapore saya milih Hainanse Chicken Rice Combo dan teman saya memilih menu Deep fried Chicken Rice dari Jepang.

    Hainanse Chicken Rice Combo

    Deep Friend Rice

    Hainanse saya tampil dengan porsi yang lumayan banyak, satu porsi nasi lemak, kuah kaldu ayam, dan irisan ayam yang cukup melimpah. Sedangkan Deep Fried Chicken Rice tampil dengan nasi seperti rasa nasi goreng, steak ayam yang dibalur tepung crispy dan saos kental. Rasanya sih standart tetapi yang terpenting adalah mengenyangkan dan halal.

    Menu di The Explorer Club

    Eh, narsis dulu deh...hehe

    The Explore’r Club Zona Mystic Point
    Open Hours : 12.00 – closed
    Price range: HKD 138 – up

    Getting There :
    MTR Sunny Bay dilanjutkan naik MTR Sunny Bay. Di Disneyland Hongkong cari Zona Mystic Point (jangan lupa ambil map Disneyland didekat pintu masuk).


  • Islamic Centre Canteen

  • Siapa sih yang belum mendengar tentang kelezatan dimsum Islamic Centre Canteen? Dimsum-dimsum di Islamic Centre Canteen selalu diburu wisatawan muslim dan non muslim. Untuk memprioritaskan umat muslim, pihak pengelola sengaja mengkhususkan hari Minggu untuk umat muslim saja, sedangkan hari lainnya bebas untuk non muslim.

    Wisatawan Indonesia biasanya selalu mampir di kantin yang terletak dikawasan Causewaybay ini. Letak kantin ini berada di lantai 5 sebuah masjid yang bernama Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick.





    Bergegas saya menaiki lift untuk menuju Islamic Centre Canteen. Saya sengaja datang pagi pukul 10.00 agar dapat leluasa memilih dimsum yang saya sukai, konon setelah jam makan siang setiap harinya banyak dimsum yang habis.

    Ada sekitar 30 dimsum yang terlihat di papan menu yang tertempel didinding. Saya memilih 5 macam dimsum yaitu ceker ayam, aneka gorengan crispy, siomay dan lemper. Rasanya tak mengecewakan dan harganya ramah dikantong. Oia, kalo dimsum dirasa kurang mengenyangkan ada pula menu lebih berat seperti nasi goreng, rice ball beserta menu-menu yang direkomendasikan chef.







    Islamic Centre Canteen
    Addres : 40 Oi Kwan Road, Wan Chai

    Getting There:
    From Kowloon :
    MRT Wanchai Station exit A3. Naik tram ding-ding didepan station MRT yaitu 43E O’brien Road, turun dipemberhentian 47E Tonnocy Road. Setelah turun dari tram ding-ding, menyeberanglah kelapanmgan basket, berjalan disisi kiri susuri tangga hingga terlihat sevel lalu menyeberanglah. Berjalan disebelah sevel, ikuti jalan hingga belok kiri bertemu masjid.

    From Causewaybay :
    Naik tram ding-ding turun di 47E Tonnochy Road, lalu berjalan sesuai petunjuk diatas.


  • Aladin Mess

  • Akhirnya saya menyambangi juga loh makanan India di Hongkong. Bukan saya anti dengan masakan India tetapi karena disetiap liburan ke luar negeri saya selalu mencicipi makanan India, jadi saya tidak terlalu surprise dengan makanan India.

    Ya, rata-rata rasa makanan India rempahnya terlalu kuat dengan santan yang kental. Standart enak makanan India yang saya sukai adalah restoran Zam-Zam Singapore dikawasan Bugis, nasi briyaninya menurut saya paling oke.



    Aladin Mess sangat terkenal di Hongkong dan lokasinya cukup mudah dicapai karena terletak dikawasan Causewaybay. Meski lokasinya strategis, letak restoran ini berada dilantai 2. Harap maklum, konon sewa apartemen maupun kios toko dikawasan Causewaybay sangat mahal.

    Waktu mencari restoran ini sih terasa aneh karena kita harus naik beberapa anak tangga dulu, lalu membuka pintu seperti masuk apartement dan voila ada restoran hehehe… Hijau menjadi warna dominan restoran ini yang dapat menampung sekitar 50 pengunjung. Didalam Aladin Mess ini saya terhibur dengan pemandangan keramaian Causewaybay dari balik jendela.


    Menu favorit pengunjung adalah chicken tikka dan lamb brisket. Namun, saya hanya memesan nasi briyani. Nasi briyani tersaji dengan beras brasmanthi yang berbentuk panjang dan lonjong. Ayamnya diiris tipis yang dicampur dengan bersama nasi. Rasanya cukup enak dan seporsi bisa untuk dua orang. Kalo kesini jangan lupa perhatikan jam bukanya karena ada jam lunch dan dinner.



    Aladin Mess
    2/F, 60 Russel Street Causeway bay
    Operation hours :
    Lunch :12.00 – 15.00
    Dinner : 18.00 – 22.00
    Closed for lunch on weekend

    Getting there :
    Causewaybay MTR exit E. Berjalan melewati Jardine Crescent, berjalan lurus sampai terlihat Times Square Mall dan Bossini. Jika sudah terlihat mall tersebut maka lihatlah toko disebelah kanan. Maka perhatikan Aladin Mess dengan dinding hijau, restoran ada dilantai dua dengan menaiki tangga.


  • Ah Lung Pakistan Halal Food

  • Wisata kuliner halal selanjutnya, saya akan mencicipi makanan khas Pakistan. Lagi-lagi restaurant ini merupakan salah satu wisata kuliner yang banyak direkomendasikan traveler muslim. Tak perlu bingung jika ada dua nama yang hampir mirip yaitu Ah Lung dan Ah Long dengan lokasi yang bersebelahan.

    Restoran Ah lung adalah restoran kari pertama yang berdiri dikawasan ini, selang beberapa tahun salah satu pegawai dari ah lung keluar kemudian mendirikan restoran ah long. Untuk rasanya sih saya tidak tahu lebih enak yang mana, namun karena ah lung lebih banyak direkomendasikan jadi saya lebih memilih restoran ini.



    Di Ah lung Pakistan Halal Food menu tersedia dengan cita rasa serba kari seperti chicken curry, fish curry, beef curry, crab curry dan masih banyak menu kari lainnya. Saya memilih menu chicken curry, seporsi terdapat dua ayam dengan kuah kari yang sangat kental yang cukup untuk dua orang. Ayamnya sangat empuk, disuwir menggunakan sendokpun sangat lunak.

    Seporsi bisa buat berdua




    Menu makanan di ah lung

    Ah Lung Pakistan Halal Food
    Addres : 93 A Woosung Street, Jordan
    Open Hours:
    Price range :HKD 70 – HKD 158 (free mineral water)

    Getting There :
    MTR Jordan Station Exit A. Keluar station belok kanan berjalan lurus sampai bertemu pertigaan Mc D, menyeberanglah dan tetap berjalan lurus. Berjalan hingga melewati toko “in fashion” dan toko kosmetik Sasa dipertigaan jalan, lalu beloklah kekanan. Dari pertigaan tersebut menyeberanglah lalu belok kekanan, berjalan lurus hingga menemukan ah lung setelah restoran ah long.

    Akhirnya semua itenerar kuliner Halal di Hongkong berhasil saya jalankan. Yuk, jika ke Hongkong jangan lupa mampir di wisata kuliner halal yang saya sebutin diatas, dijamin halal deh dan lokasinya mudah dicapai.

    You Might Also Like

    29 komentar

    1. Sebentar...sebentar... ah lung dan ah long.. ah long itu restoran halal juga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Halal donk kak :), nama lengkapnya "ah lung pakistan halal food" logo halal tertulis dibanner restoran dan buku menu juga.

        Delete
    2. Sedap Gurih yang deket Sogo itu ya? Kayaknya aku pernah ke sana... Menurutku asik sih nyobain masakan Indonesia di luar negeri, minggu lalu abis nyobain warung Indonesia di Jepang dan yang punya orang Jepang. Mahal sihhh tapi sekali-sekali nggak apa-apa XD

      Belum pernah nyoba makanan Pakistan euy, jadi pengen...

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya di kawasan Causewaybay. Maksudnya bukan rasanya yang ngga asik loh, tapi harganya itu loh kalo di luar negeri mahil banget. Duh Jepang, pengen banget kesana :(

        Delete
    3. kunjungan pertama nih,salam kenal ya mba....:) emm sy penasaran dgn saus mint,gmn rasanya ya?pedes2 mint gitu kah? ^_^

      ReplyDelete
    4. *langsung save* kali aja nanti bisa main ke hongkong :D

      ReplyDelete
    5. Yg dimsum di islamic canteen itu emang terkenal banget ya. Ah bisa jadi referensi kalau ke HK niih.. Moga2 awal taun depan ada tiket promo biar bisa kesana haha

      ReplyDelete
    6. beuhhh mbak, lengkap banget nih reviewnya, itu wisata kulinernya bikin ngiri tingkat dewa, mbak saya kalo ke luar neger juga tetep cari nasi deh kayanya

      ReplyDelete
    7. Iya yaaaa... orang kita kalau ke luar negeri cenderung cari aman dengan makan di restoran Indonesia. Padahal dengan kulineran keliling begini, kan jadi berasa keliling dunia :D

      ReplyDelete
    8. Yg udah pasti 100% halal adalah rumah makan Warung Malang di causeway bay. Sop buntutnya enak lho. Hampir semua masakannya enak dan lezat. Aku hampir setiap minggu kesana makan siang...

      ReplyDelete
    9. kapan ya bisa ke Hongkong? ah, mupeng

      ReplyDelete
    10. Waaah banyak juga ya pilihannya. Ayam hainan itu kegemaran sekeluarga :)

      ReplyDelete
    11. Wah... thanks infonya . Karena akhir april ini saya dinas di HK.. harus csri referensi makanan halal. Tapi kalo di kowloon tau gak makanan halalnya dimana?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ah lung dan ottoman dekat sama kowlon :D

        Delete
    12. Makasih Mba Vika buat review nya
      saya ada rencana pergi ke Hong Kong Juli 2016 ini
      Akan saya coba beberapa Restoran pilihan Mba :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sukses ya mba :D jangan lupa kasih komentarnya lagi

        Delete
    13. Keren bgt ulasannya. Hrs disave nihh u next trip

      ReplyDelete
    14. kita sama mba... kalo sdg traveling ke luar, aku jg ogah makan masakan Indo di luar ;p. pertama, krn rasanya biasanya g bakal seenak makanan aslinya di indo, dan hrgnya udh pasti mencekik ;p.. ogah jadinya... lagian kalo traveling gt, pastilah aku pgn nya nyobain makanan lokal.. tp kalo memang susah cari yg halal, setidaknya menu masakan lain asalkan bukan indonesian food deh ;p

      aku catet semuanya.. kalo ke HK ga susah lg nyari ;p.. aku tertarik ama yg dimsum di islamic centre canteen itu..

      ReplyDelete
    15. waahhh pas banget nih artikelnya..
      bulan April berencana ke HK pengen cb semua yang di review deh,thanks reviewnya ya kak..
      btw kak buat dapet tiket disneyland promo yang skalian voucher makan itu gimana? harganya lbh mahalkah drpd yang biasa atau gmn?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hi iya ini aku waktu itu dapat pas promo di websitenya disneyland langsung. Atau bisa cek artikelku disneyland, disitu aku udah jelasin lengkap banget

        Delete
    16. Wah referensinya komplit bgt, pas bgt niy awal mei mau kesana..mba, klo mau ke Aladin mess dri Causeway Bay Inn hotel berarti ga terlalu jauh kan ya?kebetulan nginep disana en pengen nyobain dinner disana...jalan kaki bisa kan ya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mba komentarnya terlewatkan nggak kebaca :( maaf ya barus balas.

        Itu dekat mba bisa kok jalan kaki, setting GPS ya biar nggak nyasar

        Delete
    17. Sangat membantu postinganmu ini mba. Akhirnya aku beli tiket k HK jg utk jan awal bsk :p. Pokoknya hrs bs nemuin resto2 halal ini :D

      ReplyDelete