Rawon Pak Pangat, Surabaya

Pagi itu jam masih menunjukkan pukul 07.00 pagi. Entahlah, jam segitu tiba-tiba perut saya kelaparan minta jatah makanan berat, padahal biasanya jika weekend saya agak malas untuk "nyarap". Ngidam pilihan sarapannya pun ngga tanggung-tanggung sangat berat yaitu Rawon.

Mencari rawon di Surabaya sangatlah mudah, apalagi rawon dengan kuah hitamnya dikenal sebagai makanan khas Jawa Timur. Tapi, mencari rawon di pagi hari itu tak banyak referensinya, kecuali di Rawon Pak Pangat. Iyes, ini rawon yang katanya cetar banget di Surabaya.




Di Surabaya, Rawon Pak Pangat ini ada 4 cabang dan hampir semua cabanynya selalu full pengunjung. Namun, yang selalu menjadi favorit saya adalah yang terletak di Ruko Lotus Ketintang Baru, dekat sama samsat Surabaya. Tempatnya pun nyaman, bersih meskipun terletak di ruko yang minimalis.

Rawon Pak Pangat memiliki menu yang sederhana. Ya, selain rawon tentunya, adapula menu Nasi Krengseng dan Nasi Campur yang dibanderol hanya Rp. 19.000,-an. Untuk ukuran Surabaya harga makanan yang mengandung empal, rawon Pak Pangat ini terbilang murah.

Harga Rawon Pak Pangat, April 2016

Kalau menu yang selalu saya pesan adalah rawon, ada 3 pilihan untuk menu rawonnya yaitu rawon suwir, rawon krengseng atau rawon campur. Paling enak sih yang rawon campur, isinya adalah daging suwir, tempe, tahu bali, tahu kecap, kering tempe dan kuah rawon kluwek. Menu ini sangat lezat meskipun saya mencicipinya di pagi hari, saya rasa rawon memang cocok dimakan baik pagi, siang atau malam.

Nasi Rawon Campur Pak Pangat Rp. 19.000,-




Sengaja mencari menu berbeda, saya juga memesan Nasi Campur. Isinya sama saja dengan rawon, hanya minus kuah rawonnya. Jadi ini masakannya kering tanpa kuah. Rasa masakan di Rawon Pak Pangat terasa perpaduan antara manis dan asin yang pas. Intinya sih verry recommended-lah.

Nasi Campur Pak Pangat Rp. 19.000,-

Buat yang malas bangun pagi tak perlu khawatir, karena rawon Pak Pangat buka mulai pukul 06.00 - 21.00. So, agendakan untuk mencicipi kuliner di Rawon Pak Pangat karena ngga bikin kantong bolong.



Rawon Pak Pangat 
Ruko Lotus, Ketintang Baru Selatan I/15 Surabaya 
Jam Buka : 
06.00 - 21.00


Cabang lain : 
Pasar Wonokromo Gedung DTC - LDA Blok C-9, Surabaya 
Pasar Wisata Bandara Juanda J-21, Sidoarjo 
Ruko Delta Niaga Utara No 9 Waru, Sidoarjo

You Might Also Like

3 komentar

  1. Harganya juga merakyat ya mba

    ReplyDelete
  2. Rawonnya nggak item ya mbak? Sepertinyaaa enaaak yaaa

    ReplyDelete
  3. Pengin banget rawon yg asli jatim. Udah lama nggak makan rawon di jatim.

    ReplyDelete