Taean Tulip Festival 2016, Korea Selatan

Salah satu kesulitan saya ketika traveling adalah bangun pagi, ah pasti kalian juga? Hayo ngaku!!! Perbedaan waktu, iklim, sibuk browsing malam hari dan kelelahan berjalan kaki membuat saya sering bangun kesiangan ketika traveling. Biasanya saya keluar penginapan sekitar pukul 09.00 dan seringnya molor hingga pukul 10.00.

Hari itu saya berniat untuk melihat Taean Tulip Festival di kota Taean Provinsi Chungcheongnam-do. Malamnya saya sudah berniat untuk bangun pagi dan harus sampai ke terminal pukul 07.00 untuk menaiki bus sepagi mungkin, namun seperti biasa saya kesiangan dan sampai ke Nambu bus terminal sekitar pukul 09.00. Terminal pun sudah penuh sesak dengan orang-orang yang mengantri tiket dan menunggu bus sesuai jadwal.


antrian di loket Nambu Bus Terminal




Untuk menuju Taean Tulip Festival tidak harus melalui Nambu Bus Terminal, bisa juga dari Gangnam bus terminal atau Dong Seong bus terminal. Saya memilih Nambu bus terminal karena dari Nambu Bus Terminal subway station exit 5 tak perlu jalan jauh menuju terminal, lokasinya tepat di samping pintu keluar

Untuk membeli tiket saya sudah mempersiapkan kertas dan bolpoin, ketika saya bilang "Taean" mereka kesulitan untuk mencernanya dan ketika saya bilang untuk sekalian membeli tiket return pun tidak faham juga, jadi kertas dan bolpoin lah yang menolong saya. Oiya, tiket bus hanya bisa dibeli diterminal kedatangan, tidak melayani tiket return dan pembayaran harus dengan uang won tunai.

Apesnya saya mendapatkan jadwal pukul 11.30, masih kurang dari 2,5 jam keberangkatan. Kebosanan saya menunggu tertolong dengan suasana di Nambu bus terminal ini cukup nyaman, banyak kursi, bersih, tanpa copet, restaurant dan minimarket. Saya bisa sarapan dengan membeli gimbab rasa tuna seharga 1.500 won, dan memanaskannya di microwafe minimarket.

Uang saku mulai menipis 😂 darurat makan gimbab tuna kimchi cuma 1500 won kenyang. #gimbab #seoul

A photo posted by Diarysivika (@diarysivika) on



Jam berjalan sangat lambat, saya iseng untuk mengantri bus di jam keberangkatan pukul 10.20. Awalnya kondektur menyuruh saya untuk mundur terlebih dahulu, jika ada penumpang yang telat masuk bus maka saya diperbolehkan naik. Saya mujur karena penumpang yang ditunggu tersebut belum datang hingga detik-detik keberangkatan, si oppa kondektur pun memanggil saya yang malah asyik merekam video suasana terminal #halah.



Di cariin si Oppa mau ketinggalan bus 😂☺️ #nambuterminal #seoul

A video posted by Diarysivika (@diarysivika) on



Suasana didalam bus seperti bus pariwisata di Indonesia, bedanya hanya memiliki satu pintu saja didepan. Saya memperoleh tempat duduk dibelakang yang nyambung dengan 6 kursi sekaligus dan bersebelahan dengan ahjussi yang sama gendutnya dengan saya. Selama perjalanan saya kurang nyaman karena sulit bergerak, mau gerak sedikit saja pantat ini sudah bersentuhan dan terkadang kulit tangan saya harus bersentuhan, ah sudahlah derita curvy body.


Didalam bus Seoul - Taean


Dua jam perjalanan sudah saya lalui, belum juga ada tanda-tanda bus berhenti. Hingga tepat pukul 02.00 siang bus berhenti di Taean terminal. Kala itu jalan menuju Taean memang ramai dan macet, perjalanan yang seharusnya 2 jam harus memakan waktu 3,5 jam dari Seoul. Setelah saya membeli tiket untuk Taean - Seoul dengan jam 18.30, lalu saya menaiki bus umum yang ada di gate 9, dengan tujuan Gomseom dan turun di Morenon.

Setelah 1 jam perjalanan, driver memberikan kode kepada saya untuk segera turun, saya bergegas menempelkan kartu t-money untuk membayar bus. Alat digital tersebut menunjukkan 2.200 won jumlah uang yang saya bayarkan. Lalu saya berjalan menuju Taean Tulip festival yang katanya nggak sampai 1 km dari halte Morenon. Tetapi saya harus berjalan sekitar 3 km (gempor ini kaki) dengan medan naik turun dengan nafas yang mulai tersengal-sengal kelelahan. Feeling saya bus tidak turun di halte morenon, sepertinya sopir bus tidak sanggup menerjang macet yang didominasi oleh kendaraan pribadi.

Rasa lelah pun terbayar ketika melihat pintu masuk Taean Tulip Festival. Event ini diselenggarakan hanya sekitar 1 bulanan, seperti pada tahun 2016 dimulai pada tanggal 16 April sampai dengan 08 Mei. Biaya masuknya cukup murah yaitu 9.000 won, sedangkan untuk wisatawan dengan menunjukkan paspor akan diberikan diskon menjadi 7.000 won.

Memasuki Taean Tulip Festival saya melihat beberapa keluarga Korea menikmati festival ini dengan membawa pasangan, anak, keluarga dan anjing pudel semacam anjingnya Paris Hilton yang lucu. Suasana didalamnya sangat cantik dengan bentangan bunga Tulip berwarna-warni. Tak hanya itu ada bangunan seperti kincir angin ala Holland dan tempat-tempat khusus yang disediakan untuk narsis.



















Selamat Pagi 😁 #taeantulipfestival #seoul #southkorea #taean #wisatakorea

A photo posted by Diarysivika (@diarysivika) on



Udara di Taean sangat sejuk, saya menikmati semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi romantis, saya membayangkan seperti suasana Keukenhof garden di Belanda (padahal belum pernah kesana). Taean yang terletak di Selatan Korea Selatan ini berada dipinggir laut dengan udara tanpa polusinya. Saya menyudahi mengeksplore Taean Tulip Festival selama 2 jam saja.


Taean Bus terminal


Untuk kembali menaiki bus kota, saya hanya perlu berjalan sekitar 1 km, bus pun datang pada pukul 17.00 untuk menuju Taean Bus Terminal. Sampai di terminal bus, saya menuju Gate 2 untuk perjalanan menuju Seoul. Dalam waktu hanya 1,5 jam bus pun sampai di Nambu bus terminal. Ah lega saya sudah kembali ke Seoul lagi, perjalanan pulang saya kilat, bahkan saya tidak menyadari sudah sampai di Nambu bus terminal lagi.

Mengingat Taean Tulip Festival sebagai must visit yang diakui dunia sebagai festival tulip terbaik, maka tidak ada salahnya memasukkan itinerary Taean Tulip Festival jika traveling anda antara April dan Mei. Jika malas naik bus umum, biasanya akan ada paket wisata dengan bus pariwisata dan sudah include makan yang dikelola oleh Trazy, namun karena waktu itu saya tidak sanggup dengan jadwal bus pukul 07.00 pagi harus sudah sampai di titik point Myeongdong, maka saya lebih memilih bus express yang jadwalnya disesuaikan kita.

Taean Tulip Festival (태안 튤립 축제)
200, Mageompo-gil, Taean-gun, Chungcheongnam-do
충청남도 태안군 남면 마검포길 200 (남면)

Open :
09.00 - 18.00
Ticket Foreigners :
7000 won


Getting There :
  • Jika start dari Nambu bus terminal, naik subway Nambu Bus Terminal exit 3. Lokasi terminal bus persis didekat exit 3.
  • Beli tiket bus menuju Taean 9.000 won, di loket yang disediakan.
  • Sampai di Taean bus terminal, kemudian naik bus di Gate 9 tujuan Gomseom dan turun di Morenon. Langsung saja naik bus dan ketika turun langsung "touch" T-money sekitar 2.200 won di mesin yang disediakan. Jangan lupa bilang ke driver untuk turun di Morenon, estimasi perjalanan dari Taean Terminal adalah 1 jam.
  • Setelah turun di Morenon ikuti wisatawan lainnya menuju Taean tulip Festival, akan banyak polisi yang akan mengarahkan rute jalan kaki kita.
  • Jangan lupa membawa paspor atau foto copy paspor untuk mendapatkan diskon foreigners di pembelian tiket masuk Taean Tulip Festival
  • Untuk pulang ikuti jalan yang sama dan berhenti di halte bus terdekat untuk menuju Taean Terminal Bus.
  • Sampai di Taean Terminal Bus, belilah tiket menuju ke Seoul dengan pilihan terminal bus Gangnam, Dong Seong, atau Nambu dengan harga ticket 9.000 won.
  • Total pengeluaran saya jika dikurskan adalah Rp. 330.000,-/orang

You Might Also Like

8 komentar

  1. Seneng ih liatnya, gimana kalau datang langsung ya >w<

    ReplyDelete
  2. Wah asik ya bisa pergi lebih awal karena ada 'seat yang bisa diisi' hehehe... Kabin busnya nyaman dan kece. Nuansa ungunya keren. Lalu bunga-bunganya juga cantik. Kapan ya aku bisa jalan ke sini? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga suka sama ungunya bus bikin tentram #halah

      Delete
  3. Cantiknya :) jadi pengen kesana juga :D
    Makasih tipsnya mba :)

    ReplyDelete
  4. Dulu saya selalu mikir kalo Tulip hanya ada di Belanda. Hehehehehe. Kayaknya butuh jalan-jalan nih biar tau :P

    Soal bangun siang itu sudah pasti. Biasanya kan malam sebelumnya pulangnya pasti kemaleman. Hihihihi. Tapi untungnya gak pernah bikin kacau itinerary sih :)

    ReplyDelete
  5. aggghhh tulipnya cantiik bangeetttttt ^o^!!! hiks, sayang aku ke korea nanti feb :(. ga bisa liat tulip doong -__-

    ReplyDelete